Menilik Saksi Sejarah Di Benteng Pertahanan Jepang di Sumur Tiga Aceh

Siapa disini yang suka dengan perjalanan wisata sejarah? Selain bisa refreshing, kamu juga bisa sekaligus belajar sejarah. Nah, jika kamu salah satunya maka kamu wajib mengunjungi Benteng Pertahanan Jepang di Sumur Tiga Aceh. Dijamin kamu akan dibuat terkesima deh!

Benteng Pertahanan ini berada di Desa Anoi Itam, Kelurahan Ie Mele, Kecamatan Suka Jaya, Kota sabang, Provinsi Aceh. Dahulu, Jepang menjadikan Pulau Sabang (Pulau Weh) sebagai salah satu basis pertahanan dalam menghadapi musuh yang berasal dari samudera Hindia. Letaknya yang dekat dengan pantai menjadikannya semakin menarik dan wajib untuk dikunjungi.

Yang Menarik Dari Benteng Pertahanan Jepang di Sumur Tiga Aceh

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sebenarnya, tidak hanya Benteng Pertahanan Jepang di Sumur Tiga Aceh saja yang bisa kamu jumpai di Kota Sabang. Sejak dulu, Kota Sabang dikenal dengan 1001 benteng, bahkan mungkin kini sudah ada benteng-benteng baru yang sudah dibangun di Kota ini. Namun, benteng peninggalan Jepang yang ada di Sumur Tiga Aceh ini menjadi salah satu benteng paling unik disini.

Benteng pertahanan ini dibangun di pantai sehingga menjadi lebih spesial dibandingkan dengan benteng lainnya. Selain bisa belajar sejarah tentang peninggalan Jepang ini, kamu juga berkesempatan untuk menikmati keindahan pantai. Paket lengkap bukan?

Benteng ini berada di Pantai Sumur Tiga yang terkenal dengan deburan ombak yang kuat dan hembusan angin kencang dilengkapi dengan hamparan pandangan laut lepas tanpa batas. Pantai ini berada di posisi yang sangat sempurna, berhadapan dengan selat Malaka yang menyebabkan ombaknya sangat besar.

Pantai ini termasuk salah satu pantai yang masih tampak asri dan alami, terlebih lagi ada bangunan Benteng Pertahanan Jepang di Sumur Tiga Aceh yang membuatnya semakin sempurna.

Kembali lagi pada Benteng Pertahanan yang ada di Pantai Sumur Tiga, benteng ini memang terletak di lokasi yang sangat strategis untuk melihat datangnya musuh. Tak heran jika benteng ini dinamakan dengan benteng pertahanan. Berikut ini beberapa hal menarik yang wajib kamu ketahui sebelum akhirnya berkunjung.

  • Merupakan Peninggalan Jepang

Sesuai dengan namanya, benteng ini merupakan peninggalan Jepang pada tahun 1942 – 1945. Benteng ini merupakan benteng pertahanan tentara Jepang pada Perang Dunia II yang digunakan sebagai salah satu basis pertahanan dalam menghadapi musuh yang datang dari Samudera Hindia.

  • Berada di Pantai

Seperti yang sudah diejelaskan diatas, salah satu hal yang membuat benteng ini menarik adalah letaknya yang berada di Pantai. Benteng ini tepatnya berada di bagian timur Pulau Weh dan berdampingan dengan Pantai Anoi Itam.

Setelah puas menikmati dan mengetahui sejarah dari benteng Jepang ini, kamu bisa melanjutkannya dengan bersantai-santai dan menikmati keindahan laut dengan deburan ombak yang sangat merdu.

  • Memiliki Empat Bunker

Namanya saja benteng, jadi tidak heran jika memiliki bunker. Benteng ini memiliki empat bunker dengan ukuran yang berbeda-beda. Pada tangga pertama ada bunker dengan ukuran 2×3 meter, sedangkan tiga bunker lainnya berada di bagian atas. Untuk bisa melihatnya, pengunjung harus menaiki anak tangga. Bunker utama berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 20 meter.

  • Pemandangannya Yang Nomor Satu

Letaknya yang berhadapan langsung dengan laut lepas menjadi daya Tarik utama yang membuat wisawatan ingin berkunjung. Di atas bukit, kamu bisa menikmati pemandangan yang tidak akan bisa kamu dapatkan di tempat lainnya.

Pemandangan laut lepas yang seolah tidak ada ujungnya akan memanjakan mata dan membuatmu betah untuk berlama-lama.

  • Memiliki Terowongan Bawah Tanah

Selain digunakan sebagai benteng pertahanan dan tempat untuk menyimpan senjata, benteng ini ternyata juga memiliki terowongan bawah tanah lho! Terowongan ini digunakan untuk misi menyelamatkan dan melarikan diri. Terowongan ini akan saling terhubung dengan benteng lainnya. Namun kini terowongan tersebut sudah banyak yang ditutup dengan berbagai macam alas an.

Untuk bisa menikmati dan merasakan sensasi kerennya bangunan peninggalan jaman Jepang, kamu bisa berkunjung dengan perjalanan sejauh kurang lebih 12 km dari Kota Sabang. Perjalanan menuju Benteng Pertahanan Jepang di Sumur Tiga Aceh tidak akan membosankan.

Terlebih lagi jika kamu berkunjung ramai-ramai Bersama dengan keluarga ataupun teman-teman. Dijamin bakal seru dan akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan deh.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.