in

Menelisik Indahnya Pantai Walengkabola, Pantai Indah yang Ada di Muna

Sumber Gambar: ayokemunaofficial.wordpress.com

Tidak banyak yang tahu, Kabupaten Muna ternyata memiliki banyak sekali potensi wisata alam yang mengasyikkan. Selain Bungin Pinungan, rupanya di Pulau Towea juga terdapat pantai yang keindahannya sangat memesona, apalagi kalau bukan Pantai Walengkabola. Nah, kira-kira seperti apa daya tarik pantai yang memiliki hamparan pasir putih seluas satu kilometer ini? Yuk, kita simak ulasannya di artikel berikut ini.

Berada di Desa Oempu, Pantai Walengkabola rupanya masih termasuk di Kecamatan Tongkuno, Muna. Dibutuhkan perjalanan sekitar 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 72 km dari Kota Raha untuk menuju pantai satu ini. Aksesnya pun cukup mudah. Anda bisa memakai kendaraan berupa angkutan darat untuk kesana.

Daya Tarik Pantai Walengkabola Perlu Diketahui

Sumber Gambar: pantainesia.com

Bagi penduduk Kabupaten Muna, pantai ini memang sudah sangat dikenal. Tidak hanya penduduk disana, wisata ini juga hits diantara kalangan masyarakat Buton Tengah. Hal ini mengingat jarak antara Buton Tengah dan Walengkabola cukup dekat. Kedua desa ini saling berbatasan langsung sehingga pantainya menjadi wisata yang diandalkan masyarakat setempat, mulai dari berlibur hingga mencari nafkah. Lalu, kira-kira apa saja pesonanya?

  1. Harga Tiket Masuk Murah

Wisata yang ada di Jalan Tanjung Desa Oempu ini membanderol tarif masuk setiap pengunjung yang datang. Untuk masuk kesana, Anda akan dikenai tarif masuk sekitar 10 ribu per orangnya. Tentunya, harga masuk ini cukup murah mengingat keindahan pantai yang ada di baliknya. Dijamin deh, Anda akan puas berwisata di Pantai yang membentang di sisi barat selat yang menghubungkan Pulau Buton dan Pulau Muna itu sendiri.

  1. Hamparan Pasir Putih Luas

    Sumber Gamabr: gandukaleng.blogspot.com

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Walengkabola. Salah satunya adalah berjalan di atas hamparan pasir putih. Membentang sejauh satu kilometer, pasir ini bisa Anda gunakan juga untuk bermain-main mulai dari istana pasir, voli, dan lain sebagainya.

  1. Berenang dan Berjemur

    Sumber Gambar: kurio.id

Selain itu, Anda juga bisa bermain dan berenang di jernihnya air pantai yang ada disana. Tidak hanya itu saja, selepas berenang Anda juga bisa bersantai di bawah pohon nyiur yang banyak menjulang disana. Santai dapat, tanning juga dapat.

  1. Pemandangan Hilir Mudik Kapal

    Sumber Gambar: ayokemunaofficial.wordpress.com

Jika Anda ingin melukis pemandangan, Anda bisa banget menikmati pemandangan indah di sepanjang pantai yang banyak dipakai untuk berlayar ini. Abadikan potretnya di atas kanvas dan coba tangkap suasana lalu lalang kapal yang lewat. Hal ini terjadi karena Muna menjadi salah satu pulau yang dilewati ketika Anda bertandang dari Baubau ke Raha dan begitu pula sebaliknya.

  1. Wisata Kuliner yag Lezat

Tidak berhenti sampai disitu saja, Walengkabola juga menawarkan Anda wisata kuliner yang sangat nikmat. Sejak dulu, masyarakat sekitar pantai digambarkan sebagai sosok yang ramah dan selalu menghormati tamunya. Oleh karena itu, gambaran ini disajikan masyarakat sekitar dengan menciptakan suasana nyaman, salah satunya dengan banyaknya kuliner yang dihidangkan. Anda bisa menjumpai banyak makanan laut yang segar nan enak disana.

Wisata Lain di Dekat Pantai Walengkabola

Selain Pantai Walengkabola, ada juga lho wisata lain yang ada di sekitarnya. Anda bisa coba datang ke wisata gua alam. Sekedar informasi saja, gua alam disana rupanya memiliki sumber mata air yang kerap dipakai warga untuk menopang kehidupan. Maka tidak heran ya jika nama kampung di daerah Walengkabola menggunakan akhiran “Oe”, contohnya saja Oempu.

Lepas dari gua alam, Anda bisa datang ke Danau Moko atau perbukitan tinggi yang ada di sekitar pantai. Pesonanya pun berbeda. Jika Danau Moko menawarkan pemandangan danau biru yang bersih, maka perbukitan menawarkan warna hijau dari pepohonan yang ada disana.

Demikian ulasan tentang daya tarik Pantai Walengkabola. Semoga bermanfaat