OUR NETWORK

Keindahan Hutan Pinus Kenali

Sumber Gambar: antarafoto.com

Jalan – jalan ke Jambi bingung ingin kemana? Tidak usah bingung penulis akan mengenalkan kalian pada suatu tempat yang sangat indah sehingga memori smartphone atau kamera kalian penuh karenanya. Nama tempat itu adalah Taman Hutan Kenali atau lebih dikenal dengan nama hutan Pinus Kenali.

Sumber Gambar: wikimapia.org

Hutan pinus ini terletak di jalan Jambi-Palembang KM 11 Kenali Asam bawah atau berada di gerbang perbatasan antara Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Bungo. Peringatan sebelum pergi kesana jika kalian ingin menanyakan letaknya kepada warga sekitar jangan menanyakan letak taman hutan kenali karena akan kemungkinan besar akan menghasilkan 2 orang yang sama – sama bingung. Soalnya penduduk disana lebih mengenal taman hutan kenali sebagai hutan pinus kenali jadi kalau ingin bertanya lebih baik menanyakan dimana letak hutan pinus kenali kalau tidak ingin saling menatap dengan penuh kebingungan satu sama lainnya.

Sebagian dari kalian mungkin akan bertanya, huh? Hutan pinus? Di Jambi? Bukannya pohon pinus hidup di dataran tinggi ya? Daaan ya! Pinus memang umumnya hidup di dataran tinggi tetapi tidak menutup kemungkinan untuk pinus hidup di dataran rendah, hanya saja memang jarang. Bisa dikatakan tempat ini merupakan tempat yang istimewa karenanya.

jambi.tribunnews.com

Walaupun disini dikenal dengan nama hutan pinus bukan berarti tidak ada tumbuhan lainnya, karena sebenarnya tempat ini merupakan tempat konservasi yang kemudian dialih fungsikan sebagai tempat wisata taman hutan oleh dinas kehutanan provinsi jambi. Karena itulah disini juga terdapat pohon – pohon lain seperti Gaharu, Sungkai, Mahoni dan Bulian yang merupakan tanaman khas jambi. Lalu kenapa tempat ini dikenal dengan nama hutan pinus? kau mungkin bertanya, jawabannya karena pohon pinus memang mendominasi dibandingkan pohon – pohon lainnya, sehingga saat berkunjung kesana pohon pertama yang terlihat adalah pohon pinus. Karena itulah akhirnya tempat ini lebih dikenal dengan nama hutan pinus.

Sumber Gambar: tribunjambiwiki.tribunnews.com

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer, sehingga saat masa liburan akan banyak wisatawan yang datang berkunjung. Mengingat keindahan dan ketenangan yang didapat saat disini tidak salah kalau tempat ini menjadi tempat yang populer untuk mengajak keluarga, teman, atau orang terkasih lainnya. Apalagi jika kalian merupakan mereka yang selalu disibukkan oleh urusan pekerjaan atau kesibukan lainnya yang menguras waktu, fisik dan mental. Dengan datang kemari dijamin anda akan langsung terbuai dengan ketenangan yang ditawarkan oleh tempat ini. Sehingga pada saat anda kembali beraktivitas tenaga anda sudah terisi penuh kembali.

Ditambah lagi harga tiket masuknya sangat murah meriah, cuman dengan uang Rp. 3.500 kalian sudah dapat menikmati hutan pinus dengan segala fasilitasnya yang sudah disediakan baik oleh pengelola maupun oleh alam. Untuk fasilitas sendiri tempat ini cukup lengkap tersedia misalnya bangku-bangku taman, ayunan, tong api unggun dan fasilitas lainnya yang menunjang kenyamanan kalian pada saat berkunjung kesini.

jambi.tribunnews.com

Bagi kalian yang memiliki hobi berkemah atau ingin merasakan berkemah di hutan pinus, kalian juga dapat melakukannya karena tempat ini juga menyediakan tempat – tempat untuk berkemah. Jika kalian berkemah maka kalian akan menikmati pemandangan hutan pinus dimalam hari dengan bonus pemandangan bima sakti saat cuaca cerah. Bagi pecinta bintang ini merupakan kesempatan dimana kalian dapat melihat bintang tanpa terganggu dengan cahaya lampu perkotaan yang membuat bintang menjadi tidak terlihat.

Bagi yang hanya ingin jalan – jalan santai juga bisa, karena disini disediakan jalan setapak bagi mereka yang ingin berjalan sambil menikmati pemandangan tanpa takut tersesat. Dan sambil berjalan kalian bisa berhenti untuk mengabadikan keindahannya dengan sepus hati dan sesuai keinginan kalian. Susana teduh dan tenang dengan musik dari alam yang terdengar bersamaan dengan hembusan angin, sinar mentari yang menyinari jalan setapak dan dahan pohon yang bergerak mengikuti hembusan angin merupakan pemandangan yang dapat kalian temui seperti dalam cerita dongeng.

Kalau penulis terus bercerita sepertinya tidak akan ada habisnya nih, jadi penulis akan akhiri disini dan mengundang kalian untuk datang langsung ke hutan pinus kenali, untuk menikmati keindahan dan pesona tempat ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…