OUR NETWORK

Mengintip Keindahan Pantai Bunga Di Sumatera Utara

Sumber Gambar: mudanews.com

Batubara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Potensi wisatanya terbilang cukup bagus. Banyak tempat menarik yang bisa anda sambangi di daerah ini. Namun, jika tujuan anda adalah mencari wisata pantai maka bisa mengunjungi Pantai Bunga.  Pantai ini merupakan salah satu yang paling banyak peminatnya di antara pantai lainnya di Batubara, loh.

Yuk, langsung saja kita intip seberapa indahnya Pantai Bunga ini

Keindahan Pantai Bunga

Sumber Gambar: Instagram @potretsumut

 

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa pantai ini dinamakan Pantai Bunga. Apakah karena di pantainya banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga? Jika yang terbesit dibenak anda adalah demikian tentu saja jawabannya tidak tepat. Yah, sayangnya sampai ulisan ini ditulis sama sekali tidak ada informasi akurat kenapa nama pantai ini dinamakan Pantai Bunga. Padahal tidak ada satupun bunga di pantai ini.

Walaupun demikian nama tersebut faktanya membawa hoki tersendiri, loh. Tidak henti-hentinya hampir setiap hari banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Bunga baik itu wisatawan lokal maupun berasal dari luar daerah Kabupaten Batubara. Jika hari hari besar yang mengunjunginya justru jauh lebih membludak lagi. Contohnya setelah upacara kemerdekaan 17 Agustus tahun lalu, Pantai Bunga benar-benar tumpah ruah disesaki oleh para penggila pantai.

Sumber Gambar: mudanews.com

Dalam hari-hari besar, beberapa personil polisi juga hadir disekitaran pantai untuk mengawasi para wisatawan yang sedang menikmati indahnya lautan saat air mulai pasang.

Pantai Bunga berdampingan langsung dengan Pantai Bali. Dipinggiran pantai dipenuhi oleh deretan batu. Batu batu tersebut tampak kasar meruncing diakibatkan karena terjangan ombak.

Sumber Gambar: instagram @putrisahara723

Namun,ada pula bebatuan yang bentuknya datar sehingga enak untuk diduduki. Nah, anda bisa memandang jauh ke laut dari bebatuan ini sembari menikmati angin sepoi-sepoi yang menyejukkan.

Didekat pusat wisata Pantai Bunga ada jalan panjang berpasir putih. Anda bebas berjalan-jalan di sana sambil menikmati pemandangan indah pantai ini. Oh, ya,pasir putih di Pantai Bunga jumlahnya tidak sebanyak dulu.. Konon katanya beberapa puluh tahun yang lalu pasir di pantai ini pernah dijual ke Singapura untuk dipakai di sana.

Sumber Gambar: Instagram @dawisiwi

Jika berjalan sekitar 50 meter dari pantai terdapat banyak deretan pondok yang bisa disewakan. Harganya murah, kok. Cuman 25 ribu rupiah saja  Menikmati pantai di pondok akan lebih seru jika sambil makan-makan dengan keluarga, teman, atau pesangan. Jika anda tidak membawa bekal, disekitar pondok terdapat banyak warung yang menawarkan aneka seafood seperti ikan bakar, kerang dan lain-lain.

Sumber Gambar: Instagram @pangestu_yogaaa

Apabila anda tidak ingin menyewa pondok, di Pantai Bunga juga terdapat banyak pohon kelapa dan cemara yang bisa dijadikan tempat untuk berteduh dan beristirahat sambil menyeruput es kelapa muda.

Biasanya wisatawan remaja yang datang juga membawa gitar dan alat musik sederhana lainnya untuk dipakai bernyanyi dibawah pohon sambil menikmati pantai.

Anda juga bisa menyewa kapal kecil (sampan) yang memang khusus untuk membawa pengunjung menikmati lautan. Tarifnya hanya 10 ribu rupiah saja. Anda akan dibawa berkeliling oleh nahkoda kapal sampai tidak terihat batas lautan dari sisi manapun. Sampan ini dijalankan dengan mesin tunggal juga didayuh.

Ada dua paket perjalanan yang bisa anda pilih yaitu dekat dan jauh. Paket perjalanan jauh akan membuat anda sampai ke tengah laut dekat Mercusuar dan bisa melihat pantai lain. Jika dekat hanya berputar disekitar daerah Pantai Bunga saja.

Ombak yang ada dipertengahan laut terbilang cukup besar sehingga mungkin anda akan sedikit merasa takut, bahkan bisa saja sampan kecil yang dinaiki dapat diolengkan dengan mudah oleh ombak. Jangan khawatir, sang nahkoda juga biasanya mengerti kondisi ini, sehingga dia menjalankan kapalnya dengan jauh lebih tenang. Mereka sudah berpengalaman dan sangat paham tentang bagaimana karakteristik lengkap terkait kondisi Pantai Bunga.

Dengan modal 10 ribu tersebut anda akan puas menikmati pesona deru ombak ditengah lautan sampai 30 menit.

Oh, ya, dilokasi ini juga kerap diadakan berbagai acara yang menarik. Seperti misalnya acara musik. Walaupun acaranya masih sebatas taraf lokal namun perhelatan tersebut berhasil menggaet lebih banyak minat para wisatawan untuk berkunjung.

Bagi anda penggemar sunset, moment matahari terbenam di Pantai Bunga juga sangat cantik. Coba intip beberapa potretnya di bawah ini.

Sumber Gambar: Instagram @daranasution1

Pantai Bunga memang indah, namun sayangnya panorama indah tersebut terganggu dengan kebersihan yang kurang terjaga. Banyak sampah yang berserakan di pantai.. Mengingat Pantai Bunga banyak peminatnya, semoga kedepannya pihak pengelola lebih memperhatikan lagi kebersihan pantai ini.

Anda pun sebagai wisatawan tidak boleh membuat kecantikan Pantai Bunga semakin berkurang dengan membuang sampah sembarangan, ya.

Akses Ke Lokasi Pantai Bunga

Sumber Gambar: Instagram @mhd.taufiqkamil

Pantai Bunga berada di Desa Bandar Rahmat, Kecamatan Tanjung Tiram. Akses ke lokasi ini bisa melalui Kota Medan dengan memakai transportasi pribadi maupun umum dengan akses jalan ke PT Inalum. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan jika berangkat dari Kota Tanjung Balai hanya membutuhkan waktu 1 jam saja.

Sepanjang jalan menuju Pantai  Bunga anda akan disuguhi pemandangan pepohonan kelapa sawit. Untuk masuk ke pantai ini cukup membayar 10 ribu rupiah saja dan biaya parkir 5 ribu rupiah untuk sepeda motor, serta 10 ribu rupiah untuk parkir mobil.

Nah, itulah ulasan menarik tentang Pantai Bunga. Jangan lupa untuk berkunjung, ya,

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…