OUR NETWORK

Menikmati Keindahan Sunrise Tanah Belitung di Pantai Tanjung Kelayang

Berbicara mengenai Provinsi Bangka Belitung tidak akan lengkap tanpa membahas mengenai hasil tambang dan pantainya yang eksotis. Karena memang Bangka Belitung adalah penghasil timah terbesar di Indonesia, yang di mana Indonesia juga berstatus sebagai negara eksportir timah terbesar di dunia. Jadi bisa dibayangkan betapa kayanya Bangka Belitung akan hasil tambang berupa timah. Selain itu, lokasi Bangka Belitung yang dikelilingi oleh laut juga membuatnya memiliki banyak pantai yang cantik dan eksotis. Pantai-pantai di Bangka Belitung pun sangat mudah dikenali, karena memiliki keunikan tersendiri dengan keberadaan bongkahan batu granit raksasa yang menghiasi hampir di setiap sudut pantai.

Sumber: Instagram @pariwisata4.0

Dari sekian banyak potensi wisata pantai yang berada di Bangka Belitung, salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini pun disebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit atau sunrise di Pulau Belitung, mengingat lokasinya yang langsung menghadap ke laut. Menikmati keindahan pantai berteman sunrise pun bisa membuatmu dimabuk kepayang.

Lokasi Pantai Tanjung Kelayang

Sumber: Instagram@butik_syari_olshop

Lokasi pantai yang satu ini hanya berjarak sekitar 27 km dari ibu kota Kabupaten Belitung, Kota Tanjung Pandan atau lebih tepatnya berada di Kecamatan Sijuk. Dari Kota Tanjung Pandan para pengunjung harus menempuh waktu perjalanan sekitar 40 menit menuju ke utara untuk sampai di lokasi pantai. Namun untuk yang datang dari ibu kota Provinsi Bangka Belitung, Tanjung Pinang, mereka masih harus menempuh perjalanan yang sangat panjang dan bahkan menyebrang pulau karena lokasi pantai yang satu ini berada di pulau Belitung atau di seberang Pulau Bangka.

Sumber: Instagram @serekap_belitungtour

Para wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua hingga roda empat untuk menuju ke Pantai Tanjung Kelayang, mengingat infrastruktur jalan sudah sangat baik dengan kondisi yang cukup lebar dan teraspal mulus. Kondisi itu pun tak akan membuatmu merasa lelah selama di perjalanan. Hanya saja masih belum ada angkutan umum yang bisa membawamu ke Pantai Tanjung Kelayang, sehingga kendaraan pribadi masih menjadi pilihan untuk para pengunjung.

Pesona Pantai Tanjung Kelayang

Sumber: Instagram.com@arie_369

Setelah sampai, matamu akan langsung dihadapkan pada pemandangan pantai yang sangat eksotis. Panorama di Pantai Tanjung Kelayang semakin menawan di saat matahari terbit, di mana cahaya matahari yang kemerahan akan membuat hasil fotomu lebih menawan. Nama ‘Tanjung Kelayang’ sendiri diberikan karena memang di tempat ini banyak terdapat burung kelayang yang beterbangan menghiasi langit dan memberikan pemandangan yang lebih indah di pagi hari. Di saat matahari mulai meninggi kamu bisa menikmati keindahan lain dari sisi Pantai Tanjung Kelayang, di mana terdapat bongkahan batu granit raksasa yang terdapat di bibir pantai. Saat melempar pandangan lebih jauh kamu akan menemukan puluhan kapal nelayan setempat yang sedang melaut dan dari sana juga terlihat jelas pemandangan dari Pulau Babi yang berada di sebelah kiri pantai.

Aktivitas di Pantai Tanjung Kelayang

Sumber: Instagram.com@rizky_313

Melihat pantainya yang masih sangat bersih dengan ombak yang tenang, bermain air atau bahkan berenang di Pantai Tanjung Kelayang bisa menjadi pilihan yang pas. Namun jika ingin menikmati sensasi yang berbeda, para pengunjung juga bisa berkeliling ke pulau-pulau di sekitar seperti Pulau Babi dan Pulau Lengkuas dengan menyewa perahu nelayan setempat. Untuk biayanya sendiri pengunjung harus membayar sekitar 300 hingga 400 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi. Meskipun cukup mahal, namun cantiknya pemandangan di pulau-pulau tersebut tak akan membuatmu menyesal berkunjung ke sana.

Fasilitas di Pantai Tanjung Kelayang

Sumber: http://bangkabelitung.travel

Cantiknya panorama di Pantai Tanjung Kelayang sepadan dengan fasilitas yang diberikan. Tidak hanya toilet dan air bersih, kamu juga bisa menemukan penginapan di sekitar Pantai Tanjung Kelayang dengan harga yang cukup murah, yakni sekitar 300 hingga 350 ribu rupiah per malam.

Tunggu apa lagi? Langsung luangkan waktu dan segeralah berlibur di Pantai Tanjung Kelayang, yang di mana keindahannya bisa membuatmu dimabuk kepayang. Oh ya, untuk kamu yang akan pergi ke sana jangan pernah membuang sampah sembarangan demi keberlangsungan ekosistem sekaligus untuk menjaga keindahan dari Pantai Tanjungt Kelayang.

Comments

Loading...