OUR NETWORK

Menjadi Saksi Eksotisme Pantai Labuan Serang

Source Imager: Instagram @pistanachos_zuriey

Pernah ke Banten? Banten adalah provinsi paling ujung barat dari Pulau Jawa, berbatasan langsung dengan DKI Jakarta di sebelah timur laut dan Jawa Barat di sebelah timur. Sementara di sebelah utara, selatan, dan barat dikelilingi oleh lautan luas. Keberadaan Laut Jawa di sebelah utara membuat Banten memiliki deretan pantai yang eksotis sekaligus menawan dengan ombak yang tenang, salah satunya adalah Pantai Labuan yang berada di Serang.

Bagaimana, apakah kamu pernah ke sana? Apabila memang belum, berikut adalah ulasan singkat tentang Pantai Labuan, yang akan menghipnotismu dengan pemandangan yang mempesona.

Lokasi Pantai Labuan

Sumber: Instagram @pistanachos_zuriey

Secara administratif, Pantai Labuan berada di Desa Labuan, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten. Dari ibu kota Banten, Serangm jaraknya kira-kira sekitar 35 km dengan waktu tempuh selama 40 menit. Akses menuju ke Pantai Labuan juga cukup memadai, sehingga para wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau pun empat menuju ke lokasi wisata. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk berlibur ke Pantai Labuan, karena transportasi umum cukup sulit ditemukan di sekitar lokasi wisata.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi dan datang dari luar kota, kamu bisa bertanya kepada para penduduk lokal di Kecamatan Mancak, mengenai lokasi wisata Pantai Labuan. Penduduk Banten yang terkenal dengan keramahannya akan dengan senang hati memberimu petunjuk menuju ke Pantai Labuan.

Pesona Pantai Labuan

Sumber: Instagram@ayupradifta23

Pantai Labuan bisa  dibilang sebagai pantai yang baru dieksplorasi, sehingga belum banyak wisatawan yang datang berkunjung. Pantai yang bersih akan kamu temui di sana, ditambah dengan suasana yang tenang dan mendamaikan, jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota yang sangat menjenuhkan. Kalau pun ada sampah, itu hanya sampah alami, seperti ranting pohon, batok kelapa, atau pun pecahan kerang laut.

Sumber: Instagram @mety5821

Pantai Labuan memiliki pasir putih yang lembut, dengan lautan yang berwarna biru bersih. Ombak di Pantai Labuan juga tidak terlalu besar, karena memang pantai yang satu ini berhadapan langsung dengan Laut Jawa yang terkenal dengan lautnya yang tenang. Para wisatawan pun bisa dengan leluasa bermain air atau pun berenang di pantai, namun juga harus tetap waspada dengan kondisi alam yang ada.

Berkemah di Pantai Labuan

Sumber: ihategreenjello.com

Apabila ingin menikmati Pantai Labuan lebih lama, para wisatawan juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah di pantai. Menariknya, pihak pengelola tidak akan menarik biaya tambahan bagi wisatawan yang ingin berkemah di Pantai Labuan. Bermalam di Pantai Labuan pun akan menjadi kenangan yang tak terlupakan, apalagi sambil bercengkrama dengan rekan, keluarga, atau pun pasangan tercinta, sembari bakar-bakar ikan yang beraroma menggugah selera. Angin laut di Pantai Labuan juga tidak terlalu kencang, sehingga ideal sebagai tempat untuk berkemah.

Fasilitas di Pantai Labuan

Sumber: Instagram @nevha_reska06

Pantai Labuan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari area parkir kendaraan yang luas, tempat beribadah, kamar mandi atau toilet, hingga rumah makan. Layaknya wisata pantai pada umumnya, menu makanan favorit di Pantai Labuan adalah sea food. Soal harga tidak perlu terlalu khawatir, walau pun berada di tempat wisata, harga yang ditawarkan oleh rumah makan di Pantai Labuan cukup bersahabat di kantong.

Saran dan Tips ke Pantai Labuan

Ada baiknya kamu berkunjung di Pantai Labuan saat musim kemarau, agar liburanmu tidak terganggu dengan hujan. Apabila berlibur di musim penghujan, tidak ada salahnya kamu memantau cuaca terlebih dahulu sebelum memutuskan pergi berlibur di Pantai Labuan. Bukan tidak mungkin, Pantai Labuan akan dihantam oleh angin yang kencang saat musim penghujan, yang tentunya akan sangat mengganggu liburanmu.

Untuk menghemat biaya, tidak ada salahnya kamu membawa perbekalan dari rumah, terutama air mineral. Cuaca di sekitar Pantai Labuan akan sangat terik, terutama ketika musim kemarau panjang tiba. Oh ya, jangan lupa untuk membawa kamera beresolusi tinggi dengan ruang penyimpanan yang besar, karena setiap sudut Pantai Labuan akan sangat cocok untuk menjadi lendscape dari foto terbaikmu.

Langsung saja siapkan hari liburmu untuk bersenang-senang di Pantai Labuan. Selalu jaga kebersihan dan kelestarian alam Indonesia.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…