Menjajal Arung Jeram di Derasnya Sungai Lae Kombih

Sering terdengar di telinga kita bahwa kesibukan sehari – hari misalnya bekerja, mengurus rumah tangga, mengurus bisnis bahkan menjaga anak bisa menimbulkan penat hingga dapat pula menimbulkan penyakit lho! Padatnya aktivitas yang kita jalani bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan kita baik jasmani dan rohani. Banyak sekali orang yang pada akhirnya menjadi tidak memiliki waktu untuk liburan bahkan sekedar berolahraga padahal bisa dikatakan bahwa dua kegiatan tersebut sangat penting untuk tubuh kita agar memiliki tubuh yang bugar, terhindar dari penyakkt serta jiwa pun ikut sehat.

Wisato.id kali ini akan mengulas salah satu destinasi wisata untuk kamu yang mungkin masih bingung atau sulit mengatur jadwal untuk berolahraga dan liburan. Demi menghemat waktu ada baiknya bila olahraga  dilakukan bersamaan dengan liburan. Apakah bisa? Jawabannya tentu bisa. Kamu tidak perlu bingung bagaimana kedua hal tersebut bisa dilakukan dalam waktu bersamaan. Kamu cukup mencoba olahraga air yaitu arung jeram. Selama berarung jeram kamu bisa sambil liburan juga lho dengan menikmati indahnya alam sekitar. Bermain arung jeram memang harus kamu lakukan di sungai dan kamu juga harus menyiapkan fisik yang fit.
Bagi kamu warga Aceh yang ingin berolahraga sambil liburan bisa mencoba arung jeram di Sungai Lae Kombih yang sudah tersohor namanya.

Arung Jeram di Sungai Lae Kombih

Sumber Gambar: lokadata.id

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Kegiatan rafting atau arung jeram adalah  jenis olahraga air yang bisa memicu adrenalin. Rafting cocok sekali dilakukan bersama keluarga besar atau sahabat karena dalam olahraga ini ada unsur adventure, kekompakan tim, edukasi, dan juga rekreasi. Perlengkapan rafting yang biasa digunakan misalnya perahu karet, dayung, kayak, serta kano.

Di wilayah Kota Subulussalam, Aceh tepatnya Sungai Lae Kombih inilah yang bakalan menjadi tempat kamu mencoba kegiatan arung jeram. Sungai Lae Kombih memang terbukti cocok sebagai tempat arung jeram dan sudah banyak di rekomendasikan untuk pemula bahkan untuk kamu yang senior dalam berarung jeram. Salah satu nilai tambah yang menjadika sungai ini cocok untuk arung jeram karena debit air nya tinggi bisa membuat kamu senam jantung lho! Pada awal perjalanan kamu akan menikmati gelombang air yang tinggi karena ada dorongan dari Air Terjun Kedabuhan yang mengalir sangat kencang dan bermuara pada sungai ini sehingga kamu harus semangat mendayung perahu agar segera keluar dari gelombang air tersebut. Lalu selama perjalanan diatas perahu kamu dapat melihat indahnya hutan di sisi kiri kanan yaitu Taman Hutan Raya (TAHURA) disinilah kamu akan merasakan nikmatnya berolahraga sambil berliburan.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Untuk serangkaian kegiatan arung jeram ini kamu tak perlu khawatir repot-repot membawa perlengkapannya karena kamu dapat memesan trip arung jeram ini selama berada di Sungai Lae Kombih. Trip arung jeram Lae Kombih ini dikelola oleh Federasi Arung Jeram Indonesia cabang Subulussalam dan nantinya kamu akan dipandu oleh pemuda wilayah sekitar yang sudah pro dalam kegiatan olahraga arung jeram. Biaya yang perlu kamu keluarkan sekitar Rp 250.000 per orang sudah termasuk perlengkapan seperti perahu karet, dayung, kayak, pelampung, helm dan juga makan siang bersamaan dengan welcome drink. Sebaiknya kamu datang beramai-ramai karena 1 buah perahu karet yang digunakan untuk menyusuri arus sungai ini bisa menampung hingga 6 orang.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Semua perlengkapan yang telah disediakan nantinya harus kamu gunakan secara benar mengikuti arahan dari pemandu. Setelahnya kamu akan diarahkan dan diberi petunjuk bagaimana cara mendayung. Selama para pemandu memberi instruksi harap diperhatikan agar kamu selamat selama mengarungi Sungai Lae Kombih.
Ketika seluruh perlengkapan sudah menempel ditubuhmu dan semuanya siap maka pemandu akan mengajak kamu dan peserta lain menuju ke perahu karet masing – masing untuk memulai kegiatan.

Selain menantang adrenalin ternyata kegiatan rafting ini juga bisa membuat otak kita bekerja loh karena ketika mendayung kita harus berpikir cerdas untuk mengarahkan ke arus mana yang akan membawa kita selamat sampai ke ujung sungai. Untuk kamu yang baru pertama kali mencoba arung jeram Lae Kombih nantinya kamu akan belajar mengetahui struktur sungai mana yang aman untuk dijadikan tempat rafting dan mana yang tidak, berlatih cara mendayung yang tepat, trik menghindari batu serta meningkatkan kekuatan fisik. Waktu yang diperlukan untuk mengarungi sungai kurang lebih 3 – 4 jam dimulai dari Kampong Jontor dan berakhir di wilayah Kampong Sikelang. Di Kampong Sikelang inilah nanti kegiatan arung jeram selesai dan ditutup dengan makan siang dari pihak penyelenggara trip.

Perjalanan Menuju Arung Jeram Lae Kombih

Letak wisata arung jeram ini sebenarnya lebih dekat bagi para pengunjung yang memulai perjalanannya dari Medan, Sumatera Utara karena letaknya yang berada  di perbatasan. Jika perjalanan dimulai dari Medan maka waktu yang ditempuh hanya sekitar 4 jam namun jika dimulai dari Aceh memakan waktu 12 jam perjalanan darat.
Kamu cukup mengarahkan kendaraan menuju Kampong Jontor untuk bertemu dengan pemandu trip mu selanjutnya kamu bersama sang pemandu harus menuruni ratusan anak tangga yang curam dari pinggir jalan raya untuk bisa menuju ke pinggir Sungai Lae Kombih tempat dimulainya kegiatan arung jeram.

Selamat mencoba!

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.