Menyebrang ke Taman Laut Pulau Menjangan, Habitat Bagi Para Rusa

Memanjakan mata sesaat tiba waktunya liburan seolah – olah menjadi suatu hal yang sangat berarti bagi kita di zaman ini. Sibuknya berkegiatan hari ke hari membuat kita sampai lupa untuk menarik diri dari kesibukan sekedar untuk refreshing saat weekend. Keindahan Indonesia yang seolah tak ada habisnya seharusnya kamu nikmati saat memiliki waktu senggang karena bila tidak pastinya kamu akan merasa rugi. Kali ini Wisato.id akan mengajak kamu pergi ke salah satu wilayah yang merupakan salah satu ikon pariwisata terkenal di Indonesia.

Banyak sekali wisatawan lokal bahkan wisatawan asing yang sengaja memijakkan kaki ke wilayah ini tak sekali dua kali namun bisa berkali – kali. Salah satu ikon pariwisata yang terkenal di Indonesia ini adalah Pulau Bali. Pulau yang sering dijuluki sebagai Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura ini seolah tak pernah ada habisnya memberikan referensi wisata yang layak dan wajib di datangi. Sejak dahulu memang Bali sudah dikenal dengan panorama indahnya terutama lautnya yang membuat mata seakan tak mau terpejam.

Pulau Bali memiliki banyak resort – resort terbaik mulai dari yang standard hingga mewah setara bintang 5 sehingga dapat dijangkau oleh semua orang dari kalangan manapun dan cukup menyesuaikan dengan budget saja. Berbagai penghargaan sudah disabet oleh Pulau Bali terutama dari bidang pariwisata misalnya saja majalah Travel and Leisure yang memilih Bali sebagai World’s Best Island pada tahun 2009 lalu Lonely Planet’s yang memilih Bali menjadi peringkat ke 2 dalam nominasi Best of Travel tahun 2010.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Terkenal dengan wisata bahari nya misalnya keindahan pantainya, kecantikan air lautnya, air terjun hingga menyentuh pada wisata alam, wisata religi serta wisata kulinernya. Bali tak hanya sekedar Pantai Kuta tetapi lebih dari itu masih banyak potensi wisata lainnya misalnya Pulau Menjangan.

Taman Laut Pulau Menjangan

Sumber Gambar: Google Maps @Yosep Sugiarto

Bila kamu menyempatkan diri berkunjung ke Bali maka kamu harus pula datang ke Taman Laut Pulau Menjangan atau biasa dikenal dengan sebutan Pulau Menjangan saja. Pulau kecil ini terletak di 5 mil arah barat laut dari Pulau Bali dan masih 1 area dengan Taman Nasional Bali Barat namun harus menyebrang bila mau menuju kesana. Pulau Menjangan dikenal sebagi surganya para pecinta diving atau dianggap sebagai wall diving terbaik di Bali karena air laut nya yang amat jernih sehingga bisa melihat dengan jelas kehidupan biota laut di dalamnya.

Sumber Gambar: Google Maps @Giovanni

Pulau Menjangan adalah kawasan wisata yang dilindungi karena terdapat habitat rusa – rusa liar di dalamnya dan disana belum ada kehidupan manusia sejauh ini karena keberadaan air tawar yang susah didapatkan. Namun pulau ini kini sudah banyak dikunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun asing karena mereka seolah ingin mengeksplor sisi lain dari Pulau Bali.

Pesona Pulau Menjangan

  • Surganya ikan laut berwarna – warni

Sumber Gambar: Google Maps @Raka Ikrar

Di lautnya terdapar banyak ikan cantik yang akan membuat kamu cengang seolah tak percaya dengan adanya ikan – ikan yang warnanya indah seperti angel fish, bat fish, clown fish, sea fans, anemone, hingga sponge coral.

  • Berpasir putih

Sumber Gambar: Google Maps @Patrick Kerkhoff

Hamparan pasir putih akan kamu temui setibanya di Pulau Menjangan. Seolah tak mau kalah dengan pulau tersohor lainnya, pulau ini pun memiliki pasir putih akibat dari pecahan – pecahan karang yang lapuk.

  • Banyak tebing

Sumber Gambar: Google Maps @ardi achmad

Pulau ini di dominasi oleh tebing – tebing yang tinggi sehingga menambah kesan eksotis ketika mata menatapnya.

  • Terdapat 7 bangunan pura

Sumber Gambar: Google Maps @Terry Septa

Di dalam pulau terdapat 7 pura yang digunakan bagi masyarakat sekitar yang beragama Hindu untuk beribadah. Beberapa pura tersebut yakni Pura Taman, Pura Pesraman Agung Brahma Ireng, Pura Sang Hyang Siwa Pasupati, Pelinggih Ida Bhatara Lingsir Watu Renggong, Pesraman Agung Brahma Ireng, Pagoda Agung Dewi Kwam Im dan yang terakhir adalah Pelinggih Sang Hyang Ganesha.

  • Terdapat keindahan hutan mangrove

Sumber Gambar: Google Maps @lien soekarno

Di pulau ini terdapat ekosistem mangrove serta banyaknya terumbu karang yang indah. Jangan lupa, kamu harus mengabadikan keindahan terumbu karangnya dengan jepretan ya!

  • Banyak spot untuk diving

Sumber Gambar: Google Maps @lien soekarno

Buat pecinta diving maka harus mencoba beberapa spot di Pulau Menjangan ini misalnya Bat Cave Point, Coral Garden, Temple Point, Secret Bay bagi pecinta macro diving dan Anchor Wreck bagi para profesional.

  • Adanya gradasi warna air laut¬†

Sumber Gambar: Google Maps @Tri Cahya Nugroho

Di pulau ini terdapat tebing bawah laut sehingga menghasilkan warna gradasi pada air lautnya yakni warna hijau cerah pada perairan dangkal serta warna biru tua pada perairan yang lebih dalam.

Akomodasi ke Pulau Menjangan

Bila kamu sudah berniat mengunjungi pulau ini maka perjalanan bisa kamu mulai dengan menyebrang ke Pulau Menjangan. Kamu bisa menggunakan kapal yang disediakan oleh Taman Nasional Bali Barat (TNBB) dari sebuah pelabuhan kecil yaitu Labuhan Lalang di Teluk Terima sekitar 30 – 45 menit dengan biaya sewa kapal Rp 500.000 – Rp 600.000 per kapal untuk durasi sewa 1 hari. Selain biaya sewa kapal kamu juga harus menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang dan jasa tour guide kurang lebih Rp 100.000 – Rp 250.000 untuk 1 kelompok. Bila kamu mau diving atau snorkeling maka kamu bisa menyewa peralatannya di Labuhan Lalang mulai harga Rp 40.000.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.