in

Menyelam di Pantai Mendaku, Pantai yang Menjadi Pusat Terumbu Karang Sangihe

Pantai Mendaku
Sumber Gambar: wisatasangihe.blogspot.com

Sangihe mungkin masih terdengar begitu asing di kalangan masyarakat awam, namun bagi pecinta traveling, daerah ini ibarat sebuah surga. Pasalnya, disana Anda bisa memilih banyak destinasi wisata yang tidak hanya menarik, namun juga lain daripada yang lain. Salah satu wisata yang patut untuk dikunjungi di akhir pekan selepas pandemi adalah Pantai Mendaku. Kira-kira seperti apa ya daya tarik wisata di pantai ini? Yuk, kita simak ulasannya.

Pantai ini terletak di Pulau yang sama dengan namanya, yakni Pulau Mendaku. Masuk dalam gugusan Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Pulau Mendaku berada di wilayah Kecamatan Manganitu Selatan. Dari Kota Tahuna, Pulau ini bisa Anda tempuh sekitar 3 jam saja. Transportasi yang bisa digunakan pun ada banyak, mulai dari ojek, rental kendaraan, hingga angkutan pedesaan. Namun kendaraan ini harus berhenti lajunya di Kampung Lapango. Dari sana, Anda akan menempuh sisa perjalanannya dengan speed boat atau taxi laut.

Jika dilihat dalam peta, letak Pulau Mendaku ini berada persis di dekat Pulau Dakupang. Dalam bahasa Indonesia, Mendaku berarti berangkulan. Maka tidak heran jika dilihat dari namanya, pulau ini dianalogikan demikian lantaran letaknya yang berdekatan dengan banyak pulau lainnya hingga terlihat saling berangkulan.

Daya Tarik Pantai Mendaku Perlu Kalian Ketahui

Sumber Gambar: abadikini.com

Pantai Mendaku memiliki banyak pesona wisata. Tidak hanya penduduknya yang hanya terdiri dari beberapa Kepala Keluarga saja sehingga suasananya sangat tenang dan damai, namun juga keindahan alamnya yang luar biasa. Disana, Anda bisa melihat pantai pasir putih dan terumbu karang. Nah, kira-kira seperti apa ya ulasan mendalam tentang daya tarik dari pantai ini?

  1. Snorkeling

    Sumber Gambar: wisatasangihe.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin menyelam, Mendaku adalah lokasi yang tepat. Pasalnya, disana memang sebagai spot penyelaman. Anda yang skala pemula pun bisa menyelam di spot yang memiliki visibility antara 20 – 25 meter ini. Hal ini sangat aman mengingat kedalaman objek hanya 10 -15 meter saja dengan arus yang lemah dan cenderung agak kuat.

  1. Kompleks Pemukiman Ikan

    Sumber Gambar: wisatasangihe.blogspot.com

Jangan terkejut apabila Anda kesana dan melakukan snorkeling lalu melihat ada gerombolan ikan yang sangat banyak berenang kesana kemari. Hal ini terjadi karena lokasi dari Pantai Mendaku kebetulan memang menjadi spot menyelam. Di dalam lautan, Anda akan bisa melihat jejeran terumbu karang diantara padang lamun dan juga ikan-ikan yang hidup disana layaknya sebuah kompleks perumahan.

  1. Pantai Pasir Putih

    Sumber Gambar: wisatasangihe.blogspot.com

Selain spot menyelam, pantai ini juga memiliki pasir putih yang mana datarannya sangat aman dan rata dari adanya terpaan gelombang laut. Inilah mengapa disana terdapat pemukiman meski sangat dekat dengan bibir pantainya. Lantaran ombaknya yang tidak besar, maka Anda bisa berenang disana dan mengabadikan momen pula bersama pasangan tanpa takut terseret arus.

  1. Vegetasi Pantai Sebagian Besar Adalah Nyiur

Di sisi pantai ini, Anda akan melihat banyak sekali pohon kelapa yang sering menjadi lokasi bersantai pengunjung. Selain Nyiur, disana juga ada vegetasi tanaman jenis kayu-kayuan. Bisa dibilang, kedua vegetasi ini adalah vegetasi yang paling mampu tumbuh di pulau yang terkenal dengan tekstur bebatuan karangnya.

Wisata Lain di Dekat Pantai Mendaku

Seperti yang sudah disebutkan, pantai ini memang menjadi spot penyelaman. Nah, rupanya di Sangihe tidak hanya Pulau Mendaku saja, namun juga terdapat spot-spot di Pulau lainnya. Sebut saja spot snorkeling di Pulau Dakupang, Pulau Bebalang, dan Pulau Batukalai yang mana ketiganya juga dikenal sebagai pusat terumbu karang yang ada di Kepulauan Sangihe.

Demikian ulasan mengenai daya tarik wisata di Pantai Mendaku. Semoga bermanfaat.