spot_img

Mirip Gold Coast Australia, Inilah Bukti Keindahan Pantai Panjang di Bengkulu

Sebagai warga Indonesia anda patut bangga karena negara kita ini banyak sekali memiliki pesona wisata yang begitu menawan dan menakjubkan.

Bengkulu pun seolah tidak mau kalah dengan daerah lainnya, provinsi yang satu ini juga ikut unjuk gigi dengan tereksposnya berbagai wisata baru disana.  Jika Bengkulu umumnya lebih banyak dikenal dengan spot wisata sejarahnya yang mampu memberikan kesan mendalam tentang arti perjuangan Indonesia di masa lampau, daerah ini pun ternyata punya koleksi wisata alam yang luar biasa cantik. Salah satunya yaitu Pantai Panjang.Panorama yang dimiliki oleh pantai yang satu ini sangatlah menakjubkan. Bahkan sering dikaitkan dengan Gold Coast Australia. Lantas seindah apa sih, Pantai Panjang di Bengkulu? Apa saja keunikannya? Temukan jawabannya dalam pembahasan spesial Pantai Panjang di Bawah Ini.

Pantai Panjang yang Sangat Panjang

Sumber: bengkulurentalmobil.com

Konsisten dengan namanya, Pantai Panjang memang benar-benar panjang! Pantai yag berada di jantung Kota Bengkulu ini memiliki garis pantai sejauh 7 kilometer dengan lebar sekitar 500 meter. Hal ini terjadi karena di sekitar Pantai Panjang tidak ada karang, sehingga ketika air laut pasang hamparannya bahkan bisa menjangkau sangat jauh ke dalam pantai. Tentu saja hal ini kian membuat Pantai Panjang semakin menarik dan ketika surut hamparan pasirnya pun terlihat lebih luas lagi.

Kerennya lagi nih, walaupun panjang, garis pantai tersebut terlihat halus, loh! So, anda bisa menjajal pantai sepuasnya tanpa perlu khawatir lagi akan bertemu dengan batas pantai, seperti yang sering ditemui pada pantai-pantai lainnya.

Sumber: Pegipegi

Pasir di pantai ini berwarna putih. Bulir pasirnya terasa sangat halus sehingga jika anda berjalan sambil bertelanjang kaki sekalipun, pasirnya sama sekali tidak akan mengotori kaki anda.

Di pantai ini anda tidak hanya akan dimanjakan oleh warna biru dari laut, melainkan juga pepohonan yang rindang. Jika pada pantai-pantai pada umumnya banyak ditumbuhi pohon kelapa, di Pantai Panjang lebih banyak pohon cemara dan pinus yang justru jarang dimiliki oleh pantai lainnya. Unik, bukan? Nah, anda bisa memilih salah satu dari kedua pohon tersebut untuk berteduh atau bersantai sambil menikmati keindahan laut.

Sumber: Pegipegi

Oh, ya, tidak lengkap jika anda berkunjung ke pantai ini tanpa berfoto di landmark yang bertuliskan nama Pantai Panjang. Landmark tersebut terlihat sangat menarik sebab setiap hurufnya berwarna warni. Spot ini adalah spot pertama yang selalu diburu oleh wisatawan sebelum mereka masuk ke pantai. Oleh karena itu jangan berharap bisa berfoto dengan suasana lenggang ya, apalagi pada saat moment liburan tiba, puluhan pelanggan pasti langsung mengerubungi lokasi landmark ini.

Apabila anda hobi berselancar, tempat ini adalah lokasi surfing terbaik sebab memiliki ombak laut yang cukup besar dan patut untuk anda taklukan.  Nah, kemiripan panjang pantai juga karakteristik ombaknya inilah yang nyaris memiliki kemiripan dengan Gold Coast Australia, termasuk kegiatan wisatawan yang ada di dalamnya.loh. Hanya seja bedanya di Gold Coast Australia sudah banyak sekali bangunan yang menjulang tinggi di pinggir jalan rayanya.

Fasilitas Super Lengkap

Tidak hanya menyajikan panorama pantai yang dijamin akan membuat anda betah berlama-lama, namun pantai ini pun juga sudah ditunjang dengan fasilitas yang super lengkap. Salah satunya adalah hadirnya spot centre termasuk jogging trekking.

Spot centre ini adalah fasilitas khusus untuk wisatawan yang ingin merasakan sensasi seru berolahraga di pantai seperti voly pantai, jalan-jalan, berselancar, memancing ikan, jogging dan masih banyak lagi.

Sumber: Instagram @dinijasita01

Nah, untuk jogging biasanya banyak dilakukan di pagi dan sore hari. Pagi sambil menunggu sunrise, dan sore sambil menunggu sunset. Dua fenomena tersebut sangat cantik di pantai ini.

Sumber: flickr.com

Ngomong-ngomong soal sunset, setiap sore hari tiba banyak wisatawan yang memadati kawasan pantai ini. Dengan lanskap yang terlihat lebih luas dan panjang, anda bisa dengan sepuasnya menikmati pemandangan langit sore yang perlahan berubah menjadi jingga, kala matahari mulai pulang ke peraduan di ufuk barat. Cocok untuk anda menikmatinya bersama keluarga atau pun pasangan.

Selain spot centre ada pula area bermain anak. Spot ini berada di dekat pintu masuk pantai. Permainannya seru-seru, loh ada kolam buatan, bianglala mini, naik perhau, naik ayunan yang diputar menggunakan mesin dan masih banyak lagi.

Jika lapar tersedia pula warung dan café yang menyajikan aneka kuliner khas Bengkulu. harganya bervariasi. Namun rasanya dijamin enak-enak semua. Di pantai ini banyak pedagang yang menjual aneka makanan dan souvenir khas Bengkulu, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

Sumber: travel.detik.com

Oh, ya, apabila anda mau menelusuri pantai namun tidak ingin berjalan kaki, maka bisa menyewa delman dengan cukup membayar sebesar 30 ribu rupiah saja. Delman tersebut siap mengantar anda untuk menyusuri pantai selama kurang lebih 15 menit. Dari atas delman, anda bisa menikmati sensasi yang berbeda dalam memandang indahnya panorama laut Samudera Pasifik yang terbentang luas.

Jika anda ingin menginap, di sepanjang pantai, tersedia berbagai macam penginapan dari mulai yang standar, mewah bahkan murah-meriah sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Harga yang ditetapkan oleh pihak pengelola untuk penginapan satu malam berkisar 75 ribu sampai 500 ribu per kamarnya.

Apabila anda tidak ingin bermalam di penginapan maka bisa mendirikan tenda di sekitar pantai. Anda bebas mau mendirikanya di dekat pintu masuk, ujung garis pantai atau dimana pun terserah anda, karena tidak ada larangan khusus.

Acara kemah bahkan selalu menjadi agenda rutinan wisatawan ketika mereka menyambut malam tahun baru. Tentu saja euphoria pergantian tahun akan terasa lebih semarak dan sangat berkesan jika dipadupadankan dengan panorama alam yang indah milik Pantai Panjang.

Rute Perjalanan

Lokasi pantai ini terletak di Jalan Pariwisata, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu Pantai ini berada sejajar dengan Pantai Zakat dan Pantai Tapak Paderi.

Jangan khawatir akan kesulitan mengakses pantai ini sebab banyak transportasi yang siap mengantarkan anda ke Pantai Panjang. Pantai ini dapat ditempuh sejauh 3 KM dari pusat kota. Rutenya anda mulai berangkat dari Jalan Fatmawati, kemudian ke Jalan Ratu Agung, lalu ke Jalan Samudra, dan Jalan Parawisata. Di jalan terakhir itulah anda akan dengan mudah menemukan Pantai Panjang.

Cerita Mistis 

Anda tentu tahu bahwa beberapa pantai di Indonesia memiliki cerita mistis yang khas. Salah satu yang paling akrab ditelinga adalah kisah misteri ratu penguasa laut selatan yang ada di Pantai Pangandaran. Nah, Pantai Panjang ini pun memiliki cerita mistisnya tersendiri.

Menurut cerita warga sekitar bahwa terdapat roh gaib yang sudah lama mendiami Pantai Panjang. Di pantai ini pernah terjadi sebuah insiden seseorang yang pernah ingin bunuh diri. Untungnya tindakan tersebut berhasil dicegah oleh petugas keamanan disana. Masyarakat pun beranggapan bahwa orang itu adalah korban dari makhluk gaib di Pantai Panjang.

Sumber: tripadvisor.ie

Terlepas, benar atau tidaknya, di dalam agama apapun juga sudah dijelaskan bahwa memang ada kehidupan lain yang berdampingan dengan kehidupan manusia. Selagi anda tidak menganggu dan dibarengi dengan iman yang kuat, ditempat manapun anda berada, akan tetap baik-baik saja. So, jangan takut, ya.

Tips sederhananya, jagalah tutur kata dan jaga sikap, sebab tak jarang ketika dua hal ini dilanggar dibeberapa tempat banyak sekali terjadi peristiwa aneh dan diluar nalar.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai Pantai Panjang di Bengkulu So, jika anda ke Bengkulu, jangan sampai tidak mengunjungi pantai ini, ya. Pasti nyesel, deh. Kapan lagi bisa bertemu dengan pantai sekece ini.

 

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.