OUR NETWORK

Terkece Di Kota Manna, Bengkulu! Inilah Pesona Menawan Pantai Pasar Bawah

Source Image: intersisinews.com

Negara kita begitu kaya dengan keindahan alamnya. Hampir setiap daerah memiliki wisata unggulannya masing-masing. Tidak melulu soal Bali, Jakarta atau Yogyakarta, pesona wisata alam yang menakjubkan juga dimiliki oleh daerah Bengkulu. Tidak heran pada tahun 2020 mendatang akan diselenggarakan Wonderful of Bengkulu. Kenapa diselenggarakan acara ini? Ya, karena Bengkulu memang menyimpan potensi wisata yang indah dan sangat banyak.

Salah satunya yaitu Pantai Pasar Bawah. Anda pernah mendengar sebelumnya nama pantai ini? Jika tidak nampaknya anda harus mengkonsumsi informasinya dengan segera hihi. Yup, pada kesempatan kali ini wisato.id akan mengajak anda untuk mengenal lebih dekat Pantai Pasar Bawah atau sering disebut dengan Pantai Duayu Sekundang.

Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasan utamanya.

Pesona Pantai Pasar Bawah

Sumber: intersisinews.com

Lokasi Pantai Pasar Bawah berada sekitar 1 KM dari pusat Kota Manna.  Apabila anda berangkat dari Kota Bengkulu, maka akan memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Wah, terbilang cukup lama, ya. Namun itu tidak masalah, sebab semuanya akan terbayarkan dengan pesona yang dimiliki oleh pantai ini.

Panorama yang disajikan oleh Pantai Pasar Bawah sangat menawan dengan pemandangan laut luas. Deburan ombak di pantai ini begitu menggelegar. Bebatuan yang ada di sekitarnya membuat suasana pantai terasa begitu alami.

Di pantai ini tersedia panggung taman bermain yang baru saja dibangun pada tahun 2018 lalu. Nah, bagi anda yang membawa si kecil bisa mengajaknya kesana. Di area tersebut juga sering diselenggarakan hiburan masyarakat. Jika tidak pada saat weekend tertentu, biasanya digelar ketika libur hari raya. Pantai Pasar Bawah memang kerap dipenuhi lautan manusia terutama saat libur panjang.

Di sekitar pantai ada kolam renangnya, loh. Anda bisa berenang sepuasnya di sana. Sementara itu bagi anda yang menyukai olahraga tenis, di pantai ini juga tersedia lapangan khusus untuk olahraga tersebut. Wah seru sekali bukan?

Sumber: mediacenter.bengkuluselatankab.go.id

Beberapa masyarakat di Kota Manna berprofesi sebagai nelayan. Mereka biasanya menangkap ikan di pantai ini. Hasil tangkapan tersebut biasanya dijual kembali saat menggelar pelelangan ikan. Oleh karena itu jangan heran jika yang datang bukan hanya untuk menikmati pantai saja melainkan juga membeli ikan. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah, dibanding membelinya di pasar. Selain itu ikan-ikannya pun lebih segar dan jenisnya beragam.

Sumber: Instagram @ilhamagustaa

Apabila anda tertarik untuk mencicipi ikan tersebut dapat langsung membelinya disana. Bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh dari Pantai Pasar Bawah.

Bicara soal makanan apabila anda lapar di Pantai Pasar Bawah banyak warung yang berjualan. Favorit wisatawan yang berkunjung biasanya adalah jagung bakar. Rasa jagungnya manis, ditambah balutan mentega serta krim rasa yang dapat di-request sesuai keinginan, dijamin akan membuat anda ketagihan.

Anda bisa menyantapnya di pondok-pondok yang sudah disediakan pihak pengelola. Tentu saja mengisi perut lapar sembari melihat panorama pantai akan menjadi moment menyenangkan tersendiri. Terlebih jika bersama orang-orang yang anda sayangi.

Pantai ini memiliki gelombang ombak yang sedang sehingga aman jika anda berkeinginan untuk menceburkan diri dan bermain air disana. Kendati demikian dalam beberapa waktu gelombang ombak yang datang bisa cukup besar, dalam kondisi ini sebaiknya anda jangan mandi di pantai dan lakukan aktivitas seru yang lainnya saja.

Sumber: yangrame.com

Selain menawan di siang hari, suasana sore harinya pun tidak kalah menariknya. Karena itu, sebaiknya anda pulang setelah sang surya kembali ke peraduan. Kala matahari terbenam, pantai ini seolah terbingkai dengan warna jingga yang merona nan cantik. Sunset begitu memerah dan berada tepat di depan anda. Moment inilah yang sangat wajib untuk diabadikan.

Sumber: Youtube @fahmi putra

Setelah moment tersebut berakhir, maka anda pun akan pulang dari pantai ini dengan kesan bahagia yang luar biasa.

Terus Dilakukan Pembenahan

Pantai Pasar Bawah merupakan andalan kota Bengkulu. Lokasinya yang strategis dan berada di pusat kota, menjadikan pantai ini sangat mudah untuk diakses sehingga dengan kata lain sangat berpotensi menyedot banyak orang untuk mengunjunginya. Tentu saja dengan syarat asal kondisi pantainya nyaman dan terurus.

Walaupun belum bisa disebut sebagai pantai yang sempurna, pemerintah daerah setempat terus berusaha melakukan perbaikan di Pantai Pasar Bawah. Pada tahun ini Pantai Pasar Bawah akan dilakukan penataan kembali. Ada dana alokasi khusus 1,7 milyar yang rencananya akan dimanfaatkan untuk 4 program yaitu membangun menara pandang, jalan setapak, boot walk dan areal parkir.

Sumber: fennywahyuni23.blogspot.com

Sementara itu lokasi yang akan ditata kembali adalah area panggung taman bermain  supaya nantinya lebih berdekatan dengan panggung utama agar pengunjungpun dapat menikmati kawasan bermain anak yang bagus.

Pihak pemerintah daerah optimis bahwa Pantai Pasar Bawah akan semakin tertata indah rapi serta menjadi wisata kebanggaan Bengkulu. Diperkirakan kedepannya akan terjadi lonjakan kunjungan ke pantai ini dan tidak hanya ramai pada saat hari libur atau hari raya besar saja.

Dijadikan Tempat Pengobatan

Sumber: Instagram @nuroelmuhammad

Tahukah anda pasar pantai bawah juga sering dijadikan sebagai tempat pengobatan tradisional, loh. Pasir di pantai ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dari yang ringan sampai parah sekalipun.

Pada umumnya warga mengunjungi pantai ketika tengah hari antara pukul 11.00 – 13.00 WIB, sejumlah warga akan mengubur diri mereka dengan pasir pantai yang panas.

Banyak warga yang sudah membuktikan khasiat dari terapi pantai ini sangatlah manjur. Ada warga yang mengaku terserang stroke dan tidak bisa berjalan. lalu setelah dua bulan terakhir melakukan terapi pasir di Pantai Pasar Bawah akhirnya dia bisa sembuh. Mereka yang mengalami obesitas pun mengaku berat badannya berangsung turun hanya dengan terapi di pasir pantai secara rutin. Bahkan katanya obat-obatan kimia saja tidak memberikan efek berarti dan kalah dengan khasiat dari pasir Pantai Pasar Bawah.

Apabila saat melakukan terapi mereka sudah tidak kuat akibat cuaca panas, maka sesekali mereka berteduh dahulu di pondok sekitar pantai. Untuk meminimalisir sengatan matahari tersebut warga biasanya menutup bagian kepala dengan menggunakan topi, payung atau baju.

Apakah anda ingin juga merasakan khasiat dari terapi pasir pantai ini? Nah, lakukan saja di Pantai Pasar Bawah. Oh, ya, sebagai tambahan informasi terapi pasir sebenanya adalah metode pengobatan alternatif yang telah banyak dilakukan tidak hanya di Bengkulu saja melainkan juga Jawa Barat, Aceh dan Bali. Di luar negeri terapi ini sangat terkenal di Jepang.

Mereka yang gagal sembuh dengan obat-obatan kimia dari dokter banyak yang mencoba terapi ini, dan hasilnya bisa sehat kembali. Ya, sehat yang tidak hanya dibadan tapi juga dikantong.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai Pantai Pasar Bawah. Tertarik dengan pantai ini dan segala seluk beluk keindahannya? Yuk, langsung saja jangan lupa untuk mengunjunginya, ya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…