OUR NETWORK

Mulai Padat Dikunjungi. Yuk, Intip Pesona Pantai Tiram Di Padang Pariaman

Apakah anda sedang mencari tempat wisata pantai di Minangkabau? Jika iya maka menyambangi Pantai Tiram adalah pilihan yang tepat. Pantai ini menawarkan panorama alam yang indah. Udara segar yang berhembus dari Gunung Singgalang membuat Pantai Tiram menjadi tempat yang cocok untuk melepaskan penat dan mengisi energi positif kembali.

Sumber: Instagram @paydepati

Awalnya Pantai Tiram tidak terlalu tersohor. Pantai ini mulai hits sejak grand opening acara Grand Star Tour De Singkrak tahun 2014 silam karena dipromosikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka.

Lantas seperti apa potret Pantai Tiram ini? Yuk, mari kita mengenalnya lebih dekat lagi.

Pesona Indah Pantai Tiram

sumber: Instagram @elpeace26

Secara administratif Pantai Tiram berada di wilayah Kecamatan Ulukan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Apabila anda sedang berada di Bandara Internasional Minangkabau, jarak ke pantai ini hanya 12 kilometer saja.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Tiram anda akan disambut dengan pemandangan pohon pinus yang berjejer rapi di sepanjang area pantai. Pohon pinus tersebut bisa digunakan untuk beristirahat atau sekedar menikmati pemandangan laut sembari menyeruput es kelapa muda dan makanan yang dibekal.

Sumber: Instagram @beyubaystory

Luas Pantai Tiram sendiri yaitu sekitar 10.5 hektar dengan garis pantai yang tidak begitu panjang sehingga menciptakan sebuah kesan intim dan intens. Anda juga akan melihat pemandangan hutan mangrove dan rawa muara tiram disana .

Sumber: Instagram @bfebri73

Rawa muara tersebut memisahkan antara daratan dengan area pantai. Namun sayang, Jembatan yang menghubungkan keduanya sudah tidak layak lagi dilintasi. Kendati demikian kini sudah dibangun jembatan baru yang letaknya ada disebelah ujung muara. Sedangkan jembatan lama masih dalam proses perbaikan. Oh, ya, jembatan tersebut juga sering dijadikan spot foto oleh muda mudi untuk diunggah ke Instagram, loh.

sumber: Instagram @sir_willsant

Disana juga terdapat spot untuk berfoto seolah dengan membelakangi, sebuah chocolate roll besar, loh. Hihi

sumber: Instagram @radialfurqan96

Jika beruntung, ketika langit cerah dan berwana biru tanpa awan maka puncak Gunung Singgalang juga akan terlihat dengan sangat jelas. Anda juga bisa menemukan berbagai satwa liar disana seperti bangau, kera dan burung langka lainnya. Mereka biasanya sering hinggap di atas dahan rawa-rawa juga danau. Wah, tambah menarik, ya. Cocok sekali, nih, moment tersebut untuk diabadikan.

Bagaimana dengan sunset-nya? Apakah Cantik? Ah lihat sendiri deh potretnya pada gambar di bawah ini

sumber: Instagram @mloka_mlaku

Selain itu, sebab keindahannya yang terlalu memikat, serta fasilitasnya yang terus dibenahi secara bertahap oleh Pemerintah Kabupaten Pariaman, Pantai Tiram pun kerap dipakai sebagai lokasi diselenggarakanya berbagai kegiatan baik itu kegiatan masyarakat setempat maupun pemerintah.

Beberapa event keren yang pernah diselenggarakan dipantai ini yaitu Pacu Monyet Memanjat Kelapa, Gerakan Tanam Sejuta Pohon, Penghijauan, dan masih banyak lagi. Nah, supaya anda tidak ketinggalan dengan event-event tersebut maka bisa mengeceknya di berbagai akun instagram official yang berkaitan dengan Sumatera Barat.

Fasilitas Di Pantai Tiram

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa fasilitas di Pantai Tiram terus diperbaiki sehingga yang tadinya masih tidak layak menjadi layak dan yang tadinya tidak ada lalu ditambahkan.

Terdapat area parkir yang luas, mushola, juga WC yang cukup banyak. Kebersihan di pantai ini pun terbilang cukup baik sebab memiliki  petugas khusus untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung.

Jika lapar, maka banyak aneka kuliner yang bisa anda cicipi seperti gulai ikan, dan dendeng batokok. Kedua makanan tersebut yang disuguhkan oleh para pedagang Pantai Tiram disana rasaya begitu lezat, enak, dan gurih. Kelezatannya bahkan sudah tersohor ke seluruh penjuru Sumatera. Nah, bagi anda yang datang kesini jangan sampai tidak mencicipinya, ya.

Tenang, tarif untuk kuliner disana juga terjangkau, kok. Bahkan Dinas Pariwisata Padang Pariaman membuat aturan khusus tersendiri, loh yaitu mereka menetapkan tarif standar dan transparan untuk seluruh harga makanan dan minuman yang dijual di Pantai Tiram.

Sanksinya, jika ada pedagang yang melanggar maka rumah makan tersebut akan dicabut rekomendasinya untuk tidak lagi memperoleh rujukan dari pemerintah maupun pengunjung. Selain itu akan dijadikan pula sebagai tempat yang tidak aman dari kunjungan wisata. Pelaku rumah makan pun nantinya pasti akan diviralkan di social media.

Wih, wih, cukup berat, ya. Namun tentu saja dampak dari peraturan ini sengaja dibuat untuk kenyamanan para pengunjung supaya mereka tetap loyal dan ingin terus mengunjungi Pantai Tiram.

Nah, itulah potret menawan Pantai Tiram. Jadi tidak sabar bukan untuk mengunjungi pantai ini? Yuk, langsung saja agendakan di list kunjungan wisata anda, ya.

Semoga bermanfaat.

Comments

Loading...