OUR NETWORK

Sipagogo, Sebuah Air Terjun Cantik Yang Tersembunyi Di Sumatera Barat

Indonesia adalah negara yang begitu kaya akan keindahan alamnya. Hampir seluruh pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, semuanya memiliki objek wisata unggulannya masing-masing. Tak terkecuali Sumatera Barat. Provinsi yang satu ini seolah tak henti menghadirkan kekayaan alam baru yang tidak ada habisnya. Pasalnya selalu ada saja objek wisata anyar yang ditemukan, seperti Air Terjun Sipagogo.

Sumber: Instagram @ilyassikoembang

Yup, Air Terjun Sipagogo dulunya tersembunyi. Tidak ada yang mengetahui sebelum ada warga setempat yang mencari rotan dan akhirnya menemukan air terjun tersebut. Walaupun sudah ditemukan sudah lama sekali. Air Terjun Sipagogo tidak lantas langsung populer bahkan menjadi incaran para wisatawan, tempat ini baru hits ketika salah satu pengguna social media mengunggah fotonya dengan background Air Terjun Sipagogo. Semenjak itu air terjun ini pun mulai terkenal.

Masih penasaran bagaimana kerennya dan apa saja yang menarik di air terjun ini? Yuk, langsung saja kita masuk ke ulasan selengkapnya.

Pesona Keindahan Air Terjun Sipagogo

sumber: Instagram @alam_nagari_minangkabau

Nama lengkap air terjun ini adalah Sampuran Situak Lotok Sipagogo, namun akhirnya masyarakat akrab menyebutnya dengan Air Terjun Sipagogo saja Lokasinya ada di Kabupaten Pesisir Selatan, atau tepatnya di Jorong Situak, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.

Apakah anda penasaran kenapa air terjun ini dinamakan Sipagogo? Menurut masyarakat setempat di sana nama tersebut diambil dari seorang tokoh yang konon katanya dia merupakan seseorang yang memiliki kesaktian serta sering bertapa di air terjun tersebut. Tokoh itu bernama Sipagogo. Akhirnya resmilah nama air terjun ini bernama Air Terjun Sipagogo.

Sumber: Instagram @ejhieeee

Air terjun Sipagogo letaknya ada di tengah Hutan Situak Loak. Tidak heran, jika jarang diketahui banyak orang. Jadi berterima kasihlah pada traveler yang senang mempromosikan berbagai tempat wisata menarik bahkan yang belum banyak dikunjungi seperti Air Terjun Sipagogo ini.

Sumber: Instagram @hafizhusnul
Sumber: Instagram @hafizhusnul
Sumber: Instagram @hafizhusnul

Air Terjun Sipagogo memiliki bentuk yang bertingkat-tingkat. Ada 4 tingkatan dimana masing-masing ketinggiannya sekitar 2 sampai 4 meter. Jika anda melihat ke bawah, maka akan mendapati sebuah kolam yang airnya berwana kebiruan dan begitu jernih. Hal tersebut tentu saja menjadi pemandangan yang sungguh luar biasa.

Sumber: Instagram @west.sumatra.tourism

Udara di Air Terjun Sipagogo pun sangatlah sejuk. Suasananya benar-benar akan membawa anda kembali ke alam. Suara burung yang beterbangan juga beberapa satwa yang tinggal di hutan semakin menambah riuh suasana. Di air terjun ini banyak wisatawan yang mengabadikan moment dengan berfoto underwater bersama teman-temannya. Wih, hasilnya ciamik, abis!

So, jika anda ingin melakukan hal yang sama jangan lupa membawa kamera yang anti air ya. Tidak perlu pakai kamera SLR pakai kamera handphone pun jika memang sudah memiliki fungsi waterproof maka tetap bisa dipakai jepret-jepret di dalam air. Dijamin akan menjadi moment yang berkesan bersama teman-teman anda.

Oh, ya, anda juga bisa menaiki tebing di samping derasnya air terjun untuk menghasilkan foto-keren yang lebih banyak lagi. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah anda harus ekstra berhati-hati karena tebingnya lumayan licin.

Lokasi dan Akses ke Air Terjun Sipagogo

sumber: Instagram @ayodolan

Mungkin anda sudah menebak perjalanan seperti apa yang akan didapatkan jika ingin bertemu Air Terjun Sipagogo. Yup, seperti yang sudah disinggung di atas karena lokasinya berada ditengah hutan, jadi rute yang anda lalui pun tentu saja berkaitan dengan hal-hal yang berbau hutan. Dengan kata lain rutenya cukup menantang. Namun, jangan khawatir seperti kalimat yang sering diucapkan para traveller sejati, semakin sulit jalannya semakin indah pula tempat tersebut.

Nah, untuk mencapai lokasi Air Terjun Sipagogo jaraknya sekita 60 KM ke arah utara dari Simpang Empat, Ibu Kota Pasaman Barat. Anda bisa menggunakan motor atau mobil untuk sampai ke lokasi parkir kendaraan. Setelah itu anda harus melanjutkanya denga berjalan kaki sekitar 2 KM untuk sampai ke lokasi Air Terjun Sipagogo. uang masuk nya hanya Rp 5.000/orang

Anda tidak akan menguap selama perjalanan karena boring akibat tidak kunjung sampai, justru anda akan terus melek dan berpikir bagaimana untuk lolos dari satu rintangan ke rintangan yang lain. Anda akan terus melewati lereng dan bukit. So, siapkan mental sebaik mungkin, ya. Selain itu kondisi fisik pun harus prima, bawa bekal untuk disantap di air terjun atau dalam perjalanan, serta persiapkanlah berbagai perlengkapan khusus untuk menunjaNg tracking seperti menggunakan alas kaki khusus untuk melalui medan yang berat juga sendal gunung.

Setelah berjalan jauh sekitar 30 menit anda akan menemukan sebuah tanjakan. Nah, tanjakan tersebut merupakan tantangan terakhir yang harus anda lalui. Jika berhasil melewati tanjakan itu maka gemericik Air Terjun Sipagogo pun akan langsung jelas terdengar dan menyambut anda karena telah berhasil mencapai lokasi.

sumber: Instagram @diahpitaloka24

Nah, itulah keindahan Air Terjun Sipagogo. Walaupun memang menyimpan keindahan yang luar biasa, objek wisata ini tetap perlu mendapatkan dukungan serta perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten Pasaman baik itu dari akses ke lokasi maupun promosi, tentu saja supaya popularitasnya tidak kalah dengan air terjun lainnya.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu pada ulasan wisata yang tidak kalah menarik berikutnya.

Comments

Loading...