OUR NETWORK

Ombak Pantai Lakey Surganya Peselancar

Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat memang memiliki segudang objek wisata yang memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan daerah yang lain. Salah satunya adalah Pantai Lakey yang menjadi tempat favorit bagi para peselancar dari berbagai negara di dunia. Keunikan yang dimiliki oleh pantai ini adalah ombaknya, jika kebanyakan pantai lain memiliki arah ombak yang menyapu ke arah kanan, maka pantai ini berbeda. Arah ombak dari pantai ini justru menyapu ke arah kiri, sehingga ombak pantai ini dijuluki dengan Ombak Kidal.

Sumber: Instagram @toexrewax

Ombak Kidal yang didukung dengan angin laut yang tergolong kencang akan mendukung kegiatan surfing yang sangat menantang adrenalin. Selain itu pantai ini memiliki empat jenis ombak yang salah satunya tergolong ombak yang paling menantang dan hebat untuk berselancar karena menyuguhkan tantangan ombak dari arah kiri berbentuk terowongan dan bagian kanan berbentuk gulungan ombak. Empat jenis ombak tersebut yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope.  Karena keunggulannya, pantai ini sering dijadikan untuk mengadakan lomba surfing.

Salah Satu Spot Sunrise dan Sunset Terindah

Sumber: Instagram @hartantorosojati

Untuk para pengunjung yang tidak berminat untuk melakukan surfing, tempat ini masih sangat cocok untuk dikunjungi. Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang sangat indah. Tak jauh dari garis pantai, terdapat sebuah Goa peninggalan Jepang yang letaknya berada diatas bukit. Para pengunjung dapat mendaki bukit ini untuk dapat melihat pemandangan sunrise dan sunset dengan sangat sempurna.

Sumber: Instagram @c_p_andi_w

Pada saat sore menjelang, air pantai akan mulai surut dan biasanya banyak dari penduduk lokal yang sedang mengumpulkan rumput laut di antara batuan karang. Pada saat itu, seolah Pantai Lakey sedang menawarkan semacam kemewahan alam yang dapat dinikmati sembari menyaksikan matahari tenggalam sebelum hari berakhir.

Fasilitas Yang Disediakan Pantai Lakey Tergolong Cukup Lengkap

Sumber: Instagram @harry_timson

Tidak perlu khawatir untuk pemula yang ingin belajar surfing tapi tidak membawa perlengkapan alat surfing. Karena di sekitar pantai sudah disediakan alat surfing beserta alat pendukung lainnya oleh beberapa penduduk setempat, anda bisa menyewanya beserta dengan pelatih surfing jika berminat. Selain itu, keindahan pemandangan bawah laut yang terdiri dari karang-karang dan ikan sangat sayang jika dilewatkan. Oleh karena itu bagi pengunjung yang ingin snorkeling juga bisa menyewa alat yang telah disediakan. Terlebih lagi jika anda ingin lebih jauh melihat laut lebih dalam, anda juga akan mendapatkan fasilitas alat diving yang lengkap beserta dengan para pemandu.

Karena Pantai Lakey sering digunakan untuk lomba surfing maka tidak perlu khawatir tentang penginapan. Di sepanjang pantai anda akan melihat deretan penginapan dengan harga yang beragam dan fasilitas yang berbeda. Untuk masalah makan juga tidak perlu diragukan lagi, banyak sekali warung-warung kecil yang menjual nasi ataupun snack beserta minuman yang sangat beragam dengan harga yang terjangkau karena penjualnya adalah penduduk setempat.

Berbagai Macam Alternatif Untuk Menuju Pantai

Pantai Lakey terletak di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.  Untuk bisa sampai di pantai ini tergolong memakan waktu dan rupiah yang lumayan banyak. Jadi sangat disarankan untuk menyiapkan uang cash yang sekiranya lebih dari cukup. Jika berangkat dari Bandara Muhammad Salahuddin Bima, anda bisa naik bus seharga Rp. 40.000, dengan tujuan Dompu lalu turun di terminal Ginte.

Kemudian dilanjutkan dengan naik bus dengan tujuan ke Kecamatan Hu’u dengan membayar sekitar Rp. 35.000 atau menyewa Bemo akan tetapi lebih mahal yaitu sekitar Rp. 150.000. Waktu yang ditempuh untuk sampai di tempat tujuan dari terminal Ginte sekitar 30-50 menit tergantung dari ramainya jalan. Jika dirasa rumit, ada juga penyedia jasa travel yang akan mejemput anda di bandara sampai dengan tempat tujuan tanpa perlu berhenti di beberapa titik terminal.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…