in

Pantai Ausiwerini, Gambaran Cantiknya Kota Waropen

Sumber: Instagram@rogijho

Papua tak hanya terkenal dengan keindahan pegunungan dan lembahnya, atau bahkan hutan-hutannya yang masih lebat dan jauh dari jamahan tangan manusia. Daerah paling ujung timur Indonesia itu juga memiliki banyak keindahan alam lainnya, mulai dari danau, air terjun, hingga deretan pantai yang membentang eksotis memanjakan mata. Nah, dari sekian banyak pantai indah di Papua, salah satunya terletak di Kabupaten Waropen. Pasti penasaran kan, kira-kira pantai apa yang dimaksud? Yuk, simak ulasan yang berikut ini.

Pantai Ausiwerini

Sumber Gambar: Instagram @rogijho

Nah ini dia yang dimaksud, Pantai Ausiwerini. Bagaimana, apakah sebelumnya kamu sudah kenal dengan pantai ini? Secara administratif, pantai yang satu ini berlokasi di Kampung Sanggei, Distrik Urei Faisei, Kabupaten Waropen, Provinsi Papua. Dari ibu kota Kabupaten Waropen, Botawa, jarak menuju ke Pantai Ausiwerini hanya sekitar 16 km dan bisa ditempuh menggunakan perjalanan darat sekitar 32 menit melewati Pasar Urei Faisei. Untuk menuju ke sana, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat. Tak ada angkutan umum menuju ke pantai yang satu ini, sehingga mau tak mau kendaraan pribadi adalah satu-satunya pilihan untuk bisa mengantarkanmu ke sana.

Pantai yang Dikelilingi Hutan Bakau

Sumber Gambar: seringjalan.com

Yang menarik dari pantai ini adalah keberadaan hutan bakau yang sangat luas, bahkan Pantai Ausiwerini juga disebut dengan Negeri 1000 Bakau Waropen. Oleh sebab itu, jika kamu berkunjung ke sana, tak ada salahnya menyewa perahu motor untuk sekedar berkeliling melihat keindahan hutan bakau di sekitar Pantai Ausiwerini, sekaligus merasakan kesejukan dan ketenangan alamnya.

Keindahan Pantai Ausiwerini dari Sudut Pandang Lain

Sumber: Instagram@rogijho

Tak hanya soal hutan bakau yang membentang indah, pantai ini juga memiliki banyak daya tarik yang lainnya. Lokasi Pantai Ausiwerini yang menghadap langsung ke selat yang memisahkannya dengan Pulau Japen membuat air lautnya begitu tenang, seakan memberikan kedamaian bagi setiap pengunjung.  Kemudian jika sore hari, Pantai Ausiwerini akan menyuguhkan pemandangan sunset yang sangat cantik sekaligus romantis. Keindahan ini lah, yang membuat Pantai Ausiwerini banyak dikunjungi oleh para pemuda di sore hari menjelang petang. Duduk dan bercengkrama di tepi pantai bersama orang terkasih, sembari melihat langit yang menguning kemerahan ditambah angin sepoi-sepoi akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Ah, pokoknya cantik banget ketika sore hari!

Spot Foto Instagramable di Pantai Ausiwerini

Sumber: Instagram@laki_laki_gunung

Kemudian, berkunjung ke Pantai Ausiwerini juga tak akan terasa lengkap tanpa mengabadikannya dalam sebuah bingkai foto. Banyak spot instagramable di pantai yang satu ini. Selain kamu bisa memanfaatkan keindahan hutan bakau dan pantainya yang menawan, di sana juga terdapat tulisan ikonik ‘I ♡ Ausiwerini’ yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto terbaikmu. Bahkan, tulisan ikonik tersebut terlihat semakin indah di malam hari karena akan menyala disinari oleh lampu.

Fasilitas di Pantai Ausiwerini

Sumber: Instagram@sggnfchrsa

Sayangnya meskipun memiliki daya tarik yang luar biasa, pantai ini tak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Para pengunjung masih sulit menemukan toilet yang layak di sekitar lokasi. Begitu juga dengan keberadaan tempat sampah yang masih sangat minim. Beruntungnya, di tepi pantai masih terdapat banyak gazebo dengan kondisi yang layak dan bahkan bisa dibilang cukup bagus sebagai tempat untuk bersantai. Terdapat pula jembatan-jembatan kayu yang dicat berwarna-warni untuk menghubungkanmu ke masing-masing gazebo, sehingga kamu tidak perlu basah-basahan atau belepotan lumpur untuk bisa sampai ke gazebo.

Yuk Berkunjung ke Pantai Ausiwerini!

Meskipun fasilitasnya belum terlalu memadai, namun tak ada salahnya kamu menjadikan Pantai Ausiwerini sebagai tujuan wisatamu di akhir pekan atau hari libur. Ombak yang tenang juga membuat pantai ini aman dikunjungi oleh segala usia, termasuk anak-anak. Bisa dibilang ini adalah salah satu tempat wisata keluarga terbaik di Kabuppaten Waropen.

Yuk, tunggu apa lagi! Segera siapkan hari liburmu dan bersenang-senanglah di Pantai Ausiwerini yang eksotis di Kabupaten Waropen. Jangan meninggalkan apa pun di tempat wisata alam kecuali jejak, jangan mengambil apa pun di tempat wisata alam kecuali foto, dan jangan membunuh apa pun di tempat wisata alam kecuali waktu. Selamat Berlibur!!!