spot_img

Pantai Bengkenang, Pilihan Wisata Bahari di Bengkulu Selatan

Indonesia terkenal sebagai salah satu surga dunia yang menawan dalam kategori pariwisatanya. Terbukti dari banyaknya tempat wisata yang indah dari Sabang sampai Merauke. Tempat-tempat wisata tersebut bisa berupa pantai, hutan, pegunungan, danau, dan lain sebagainya. Tidak sedikit tempat wisata di Indonesia yang telah terkenal hingga mancanegara.
Salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan surga dunia adalah Provinsi Bengkulu. Mungkin sebagian orang mengenal Bengkulu sebagai rumah dari sekuntum bunga langka, yakni Rafflesia Arnoldi. Bengkulu merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan Lampung di selatan. Di sebelah utaranya berbatasan dengan Sumatera Barat, sedangkan di sisi barat berbatasan dengan Samudera Hindia. Bengkulu memiliki banyak tempat wisata terkenal seperti Pendakian Bukit Kaba, Danau Dendam Tak Sudah, Pantai Indah Mukomuko, Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno, Makam Sentot Alibasyah, dll. Wisata tersebut bisa menjadi pilihan bagi wisatawan ketika berada disana.
Kali ini, Wisato.id akan mengulas kecantikan sebuah pantai yakni Pantai Bengkenang yang berada di Bengkulu Selatan. Ingin tahu seperti apa penampakan pantai ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Pantai Bengkenang

 Wisata bahari yang satu ini berada Tj. Besar, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu. Kabupaten Bengkulu Selatan memang memiliki cukup banyak wisata bahari berupa pantai selain dari Pantai Bengkenang. Hal ini dikarenakan posisi Bengkulu Selatan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Beberapa contoh pantai disana misalnya saja Pantai Pasar Bawah, Pantai Sekunyit, Pantai Muara Kedurang, dsb.

Sumber Gambar: andalastourism.com

Pantai Bengkenang ini bisa tergolong ramai didatangi wisatawan. Disana banyak sekali terdapat spot-spot foto yang bisa digunakan wisatawan untuk mengabadikan moment. Sehingga cocok bagi wisatawan yang datang bersama keluarga, kerabat ataupun pasangan.

Sumber Gambar: Google Maps @Andie So’a

Setibanya di pantai, wisatawan akan disapa dengan keindahan laut lepas dan ombak yang cukup besar. Ditambah lagi dengan bentang pantainya yang panjang dan lebar serta semilir angin sepoi-sepoi. Wisatawan pun bisa leluasa melakukan segala aktivitas seru di sepanjang garis pantai.

Sumber Gambar: Google Maps @Etin Mei Sari

Hamparan pasir hitam keabuan yang lembut akan terlihat jelas ketika wisatawan tiba. Namun, setengah hamparan pasirnya ada juga yang banyak terdapat bebatuan. Sehingga wisatawan harus tetap berhati-hati ketika menginjakkan kaki. Kebersihan di pantai ini juga cukup bersih sehingga enak dipandang.

Sumber Gambar: Google Maps @Nur Azizah

Pantai Bengkenang bisa dikatakan berada diantara area persawahan dan perkebunan warga. Di sepanjang bibir pantai banyak tumbuh pohon kelapa yang berderet dan rindang. Wisatawan juga bisa melihat keseharian warga setempat yang bekerja mencari pasir dan batu di pantai ini.
Untuk mengakses Pantai Bengkenang wisatawan hanya dikenakan Rp 7.000 per orang. Harganya tergolong sangat murah dan bisa menjadi pilihan untuk liburan akhir pekan.

Aktivitas Seru di Pantai Bengkenang

  • Piknik di tepi pantai

Sumber Gambar: Google Maps @Abu Zaim

Wisatawan bisa berpiknik di tepi pantai tepatnya diatas hamparan pasir hitam yang eksotis. Sebaiknya wisatawan membawa alas berupa tikar dan perbekalan yang cukup dari rumah. Bentang garis pantai yang lebar dan panjang membuat kenyamanan bagi yang berpiknik semakin bertambah. Wisatawan bisa sambil duduk bersila, bersantai bahkan tiduran sambil mendengar suara ombak. Jika wisatawan membawa kendaraan maka tak perlu khawatir karena lokasi parkiran menuju ke tepi pantai sangat dekat sehingga mempermudah akses wisatawan saat menurunkan perlengkapan dari kendaraan. Sedikit tips, bila datang di siang hari dan bertujuan untuk piknik maka jangan lupa memakai sunscreen dan mengenakan topi serta pakaian yang nyaman.
  • Bermain air

Sumber Gambar: Google Maps @Andie So’a

Pantai Bengkenang memiliki ombak yang cukup kencang walaupun di waktu tertentu ombaknya menjadi stabil. Wisatawan sebenarnya diperbolehkan berenang namun harus selalu waspada dan mawas diri. Sebaiknya jika membawa anak kecil wisatawan selalu siaga melihat gerak-gerik mereka. Jika ragu untuk berenang maka wisatawan bisa sekedar bermain air dan membuat istana pasir.
  • Berswafoto

Sumber Gambar: Google Maps @Memen Achbar

Di pantai ini banyak spot-spot foto yang bisa wisatawan gunakan untuk mengabadikan moment. Mulai dari spot selfie kayu yang berbentuk “love”, ayunan kayu, patung angsa, area taman rumput hingga tempat duduk kayu. Semua spot tersebut sangat mendukung untuk berfoto dengan latar belakang indahnya Pantai Bengkenang.
close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.