in

Pantai Biaung – Pantai Cantik Kesukaan Para Peselancar!

Sumber Gambar: Instagram @Septee Annakova
Membahas tentang keindahan Pulau Dewata atau Pulau Bali seolah tidak ada habisnya baik itu dari pariwisatanya, keramahan warganya hingga dari sisi adat istiadat dan budayanya yang tak teriris zaman walaupun pulau ini bergesekan langsung dengan modernisasi yang dibawa oleh wisatawan yang memiliki latar belakang bermacam-macam juga. Pulau Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia, sampai saat ini warganya selalu membantu pemerintah setempat turut menjaga eksistensi pulau ini sehingga wisatawan mancanegara pun berlomba-lomba datang kesana.
Kebudayaan Bali serta agama Hindu yang dominan disana memang sangat kental dan tidak bisa dipisahkan begitu saja sehingga selama kamu berkunjung ke Bali nantinya kamu akan melihat banyak wisatawan yang datang berkunjung ke destinasi wisata budaya, wisata sejarah hingga wisata religinya selain daripada mengunjungi kawasan pantai. Pantai di Bali jumlahnya sangat banyak mulai dari pantai yang namanya sudah tersohor hingga pantai yang keberadaannya belum terlalu diketahui banyak orang sehingga bisa disebut sebagai “hidden gem” nya Bali.
Pantai Kuta jelas sudah ada di posisi awal karena semua orang bahkan yang belum pernah menjejakkan kaki di Bali pun tau keberadaan pantai yang satu ini, namun Bali tidak hanya sekedar Pantai Kuta saja. Salah satu kawasan pantai lainnya yaitu Sanur, disana banyak sekali deretan pantai yang bisa kamu pilih untuk kamu lihat keindahan bentuknya. Jika kamu bingung ingin memilih pantai apa saat berada di Bali tepatnya saat kamu berada tak jauh dari kawasan Sanur, maka kamu bisa memilih Pantai Biaung untuk kamu datangi. Yuk simak ulasan lengkap mengenai pantai ini!

Pantai Biaung

Sumber Gambar: Instagram @_sejak1993
Bentang garis pantainya cukup panjang dari barat ke timur, hamparan pasirnya juga luas sehingga kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari  hamparan pasir tepat di depan laut lepas. Area parkiran kendaraan khususnya untuk motor berjarak 80 meter saja dari tepi pantai sehingga kamu perlu berjalan kaki ke tepi pantai setelah setelah memarkirkan kendaraan lalu kamu akan disambut dengan sebuah patung Ganesha berukuran cukup besar ditengah hamparan pasir pantai ini, untuk masuk ke area pantai tidak dipungut biaya tiket masuk hanya saja kamu harus membayar parkir setibanya disana.
Sedikit berbeda dari gambaran pantai pada umumnya yang di sekelilingnya  ditumbuhi banyak pepohonan seperti pohon kelapa atau pohon bakau, di pinggir Pantai Biaung ini tidak terlihat adanya pepohonan sebagi tempat terteduh sehingga bila kamu mau menikmati pemandangan pantai di bawah pepohonan kamu harus berjalan ke ujung pantai yang disana ada tumbuh beberapa jenis pepohonan.
Pantai Biaung juga sempat dijadikan tempat melepas ratusan tukik (anak penyu) kembali ke habitatnya yaitu laut yang dilakukan oleh Kapolsek Denpasar Timur serta bendesa adat setempat. Bila kamu ingin mengunjungi Pantai Biaung, lokasinya ada di Jl. Gumitir, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur tepatnya melewati sebuah gang di seberang Pasar Tradisional Biaung yang berada di Jl. Prof Ida Bagus Mantra, pada sisi bagian timur pantai ini ada Pantai Lembeng sedangkan pada sisi bagian baratnya ada Pantai Tangtu.

Aktivitas Seru di Pantai Biaung

  • Bermain pasir

Sumber Gambar: Instagram @ovolicki
Mengajak si kecil untuk berwisata ke Pantai Biaung adalah pilihan yang tepat! Karena bentang garis pantainya luas serta hamparan pasir hitamnya pun lembut maka si kecil bisa bermain pasir disana, pastinya aman kok.
  • Surfing

Untuk kamu pecinta surfing harus datang ke Pantai Biaung yang terkenal dengan ombaknya yang kencang, menurut para pecinta surfing yang sudah sering bermain disana ombak di Pantai Biaung cocok untuk pemula bahkan yang sudah senior sehingga cocok untuk menguji adrenalin!
  • Bermain layangan

Angin disekitaran Pantai Biaung bisa dibilang sangat kencang sehingga banyak pengunjung yang datang pada sore hari untuk bermain layangan, bahkan di hari tertentu ada lomba layangan dari berbagai desa di kawasan pantai ini.
  • Bermain ayunan

Sumber Gambar: Google Maps @Dayu Widi
Bila mengajak si kecil maka kamu bisa membawanya ke area ayunan tepat dipinggiran pantai, ayunan yang dibuat dari kayu ini sengaja dibuat untuk menambah daya tarik dari Pantai Biaung. Jumlah ayunannya ada lebih dari 3 buah, orang dewasa pun bisa menaikinya sambil memandangi keindahan pantai di depan mata.
  • Melihat matahari terbit

Sumber Gambar: Instagram @riddwan94
Kawasan pulau sekitaran Sanur hingga ke kawasan Pulau Biaung memang menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise, kamu bisa duduk di pinggir pantai untuk menunggu sunrise. Datanglah sekiranya mulai pukul 5 subuh, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru sambil menunggu sunrise pukul setengah 6 pagi hingga tepat pukul 6 pagi.
  • Kuliner tepi pantai

Setelah melakukan aktivitas seru selama di Pantai Biaung, perut kamu mungkin akan keroncongan namun tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba sajian kuliner dari warung-warung makan yang ada di pinggir pantai sambil beristirahat melihat keindahan laut dan hamparan pasir.