in

Tanjung Lesung – Pesona Laut Cantik di Banten!

Sumber Gambar: liputan6.com
Bagi kamu warga Jakarta – Bogor -Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) dan wilayah disekitarnya pastinya tiap weekend tiba rasanya ingin sejenak rehat dari rutinitas yang membuat penat sehingga mencari opsi atau pilihan untuk mengunjungi objek wisata. Namun, bila kamu tidak memiliki waktu yang cukup banyak karena keesokan harinya harus melanjutkan pekerjaan pastinya bingung dalam memilih tempat wisata yang bagus namun tetap hemat. Kali ini, Wisato.id akan membawa kamu melancong ke wisata bahari yang rasanya tak jauh dari Jakarta selain itu tempatnya juga cocok untuk kamu yang ingin “self healing” sejenak apalagi tempat wisata ini berupa pantai dengan deburan ombak yang cukup membuatmu terkesan serta suasananya yang asri.
Tempat wisata yang satu ini pastinya tak lagi asing ditelinga sebagian orang bahkan sedari dulu sering dijadikan tujuan wisata keluarga yang tinggal di Jabodetabek karena dirasa tak terlalu jauh dan lagi tak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk bisa kesana, Tanjung Lesung namanya. Ingin tau seperti apa kecantikan pantai yang berada tak jauh dari Jakarta ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pesona Tanjung Lesung Pandeglang Banten

Sumber Gambar: nativeindonesia.com
Tak perlu jauh – jauh lagi terbang ke Pulau Dewata bila ingin menikmati liburan dengan pemandangan pantai atau laut karena kini kamu bisa mengunjungi Tanjung Lesung di Pandeglang Banten yang tidak kalah cantiknya, hal ini tentunya akan disambut dengan respon baik oleh seluruh warga Jabodetabek. Tanjung Lesung merupakan area wisata seluas 1.500 hektare di bagian pesisir Banten yang terkenal karena memiliki keindahan pantai, banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan, deru ombak yang tenang, pasir pantai yang putih serta terumbu karang yang menarik perhatian bagi siapa saja yang datang kesana.
Selain itu, di kawasan Tanjung Lesung juga banyak sekali berdiri penginapan mulai dari yang murah seperti homestay hingga penginapan kelas atas atau mewah dengan harga yang mahal layaknya ressort, villa dan hotel bintang 4 – bintang 5 yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget dan kebutuhanmu jika kamu ingin merasakan bermalam di area Tanjung Lesung.
Sumber Gambar: tribunnewswiki.com
Memilih pergi ke Tanjung Lesung untuk mengisi liburan sangat cocok sekali bila kamu memboyong si kecil sekaligus keluarga besar karena memang tempat wisata ini sangat hangat untuk keluarga dan ramah anak, bentang garis pantainya cukup panjang serta ombaknya juga tak begitu besar namun juga tak kecil mengingat lokasinya yang berada di area Selat Sunda.
Tak sampai situ saja, pantai ini bisa dibilang cukup dangkal walau area berpasir tak begitu luas karena lebih banyak keberadaan karangnya namun tetap nyaman untuk bermain si kecil.
Untuk masuk ke area Tanjung Lesung maka pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk seharga Rp 45.000 per orang, walaupun terlihat cukup mahal tetapi akan sebanding dengan apa yang akan kamu nikmati selama disana dan juga fasilitas umumnya yang bisa dibilang cukup lengkap mulai dari lahan parkir hingga toilet umum.
Selain melihat pantai atau bermain pasir, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas olahraga air yang seru dan juga sempatkan untuk menyantap kuliner pinggir laut dari beberapa warung makan hingga restoran yang menawarkan berbagai macam olahan seafood dan yang lainnya. Daya tarik yang paling mencolok dari wisata ini yaitu kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Krakatau dan Gunung Anak Krakatau tepat dari area Tanjung Lesung.

Aktivitas Seru di Tanjung Lesung

  • Berselfie

Setibanya di area Tanjung Lesung maka selain melihat keindahan pantainya kamu juga bisa mengabadikan moment dengan berselfie, disana juga banyak sekali spot – spot foto yang bagus yang pada dasarnya memang diperuntukkan bagi para pengunjung.
  • Berenang dan bermain pasir

Sumber Gambar: jejakpiknik.com
Ketika kamu datang kesini membawa si kecil maka cocok sekali bila kamu mengajaknya untuk bermain pasir dan juga berenang, namun baiknya kamu tetap waspada dan memantau gerak – gerik si kecil dan jangan datang ke kawasan pantai ini untuk berenang ketika musim hujan dan angin kencang karena ombak bisa lebih besar dari biasanya.
  • Water activity

Sumber Gambar: psfbanten.blogspot.co.id
Sangat disayangkan bila kamu tidak mencoba water activity yang ada Tanjung Lesung, disana biasanya para pengunjung mencoba snorkeling dan diving. Pemandangan bawah laut di area pantai ini sangat indah dan kamu bisa menikmatinya dengan sangat puas karena ai lautnya jernih sehingga terlihat banyak sekali biota laut. Kamu juga bisa mencoba snorkeling di salah satu spot favorite yaitu di dekat dermaga yang ada disana, dari spot ini kamu bisa melihat terumbu karang yang berwarna – warni dikelilingi dengan berbagai macam ikan kecil yang lucu.
Bila kamu berminat mencoba water activity ini kamu bisa menggunakan jasa penyewaan perlengkapan snorkeling dan diving yang ada di sekitar pantai atau kalau kamu ingin lebih simple maka bisa memesan rangkaian tour dari agent tour, biasanya mereka sudah menyiapkan agenda wisata bagi para wisatawan sekaligus dengan snorkeling atau diving termasuk makan siang.
Dengan menggunakan dari jasa agent tour maka kamu tidak perlu repot lagi mengatur kegiatan selama liburan di Tanjung Lesung, untuk harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari jumlah aktivitas yang kamu pilih dan tergantung dari kesediaan kamu ingin menginap atau tidak.
  • Rhino Aqua Splash

Jangan lupa untuk mencoba aktivitas seru yang bernama Rhino Aqua Splash, disini kamu bisa bermain segala macam jenis permainan dari balon yang dipompa dan keunikannya yaitu balon – balon yang berbentuk ini diletakkan mengapung diatas permukaan air laut. Seru banget lho!
Sumber Gambar: Instagram @lalassabeachclub
  • Water sport

Selain mencoba snorkeling dan diving kamu juga harus mencoba berbagai macam water sport seperti banana boat, canoe, jet ski hinggq standup paddleboarding. Jika kamu berminat mencoba salah satu dari water sport ini maka bisa menuju ke sebuah beach club disana yang menyediakan rangkaian water sport tersebut yaitu La Lassa Beach Club.
Sumber Gambar: Instagram @tanjunglesungid
  • Memancing

Buat kamu suka memancing maka bisa membawa alat pancing termasuk dengan umpan sendiri lalu mencoba peruntungan untuk memancing di area Tanjung Lesung ini, baiknya kamu datang sejak pagi hari.
  • Bermalam di penginapan tepi pantai

Jika kamu memiliki budget lebih maka cobalah untuk bermalam di sekitar area pantai, banyak sekali ressort dan hotel mewah dengan segudang fasilitas lengkap dan pemandangan yang langsung mengarah ke laut lepas. Namun, jika tidak memiliki budget lebih tetapi tetap ingin bermalam maka kamu bisa memesan hotel murah atau penginapan tipe homestay saja. Beberapa rekomendasi ressort atau hotel yang mengarah langsung ke laut lepas diantaranya Tanjung Lesung Beach Hotel atau juga Kalicaa Villa Tanjung Lesung sedangkan untuk penginapan berupa homestay kamu bisa mencoba Penginapan Bunar Tunggal dengan harga yang terjangkau.

Lokasi dan Rute ke Tanjung Lesung

Lokasi Tanjung Lesung berada diujung Pulau Jawa sekitar 170 kilometer barat daya Jakarta atau tepatnya di Pandeglang, Banten. Dari Jakarta maka kamu bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4 untuk menuju kesana, perjalanan memakan waktu 3 sampai 4 jam namun bila kamu menggunakan kendaraan roda 2 maka kamu bisa memangkas perjalanan menjadi sekitar 2 jam saja melalu ruas jalan tol baru yaitu ruas Tol Serang – Panimbangan lalu setelah keluar dari tol maka perjalanan kembali dilanjutkan melalui jalan biasa.