in

Pantai Daftel, Tempat Terdamparnya Perahu Karang

Sumber: Instagram@ju_maturbongs

Bicara soal Maluku, pasti tak akan lepas dari pantai-pantainya yang eksotis. Puluhan km garis pantai membentang dengan begitu indah di sana, mengagumkan dan manis. Ya, begitulah gambaran singkat soal alam Maluku, karena memang salah satu provinsi di ujung timur Indonesia ini berupa kepulauan di tengah-tengah Laut Banda yang tenang. Dari sekian banyak pantai cantik di Maluku, kali ini kita akan berkenalan dengan Pantai Daftel, pantai unik yang memiliki karang berbentuk kapal terdampar.

Lokasi Pantai Daftel

Secara administrasi, Pantai Daftel berlokasi di Desa Ohoilim, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Dari pusat kota Elat, jaraknya kira-kira hanya 5 km, dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 10 menit perjalanan. Jalan menuju ke sana juga sudah cukup bagus, beraspal mulus, ya meskipun masih ada beberapa jalan yang berlubang sih.

Nah, bagaimana yang berasal dari luar Maluku atau bahkan berasal dari Jakarta? Tenang, kamu masih bisa menggunakan transportasi udara dengan tujuan Bandara Dumatubin. Sesampainya di sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pulai Kei Besar dengan menggunakan kapal feri. Setelah itu kamu bisa menggunakan ojek menuju ke pantai cantik yang satu ini. Memang melelahkan sih, tapi cukup layak lah dengan pemandangan yang dijanjikan oleh Pantai Daftel.

Pesona Pantai Daftel

Sumber: Instagram @rinat_daftel

Setelah melalui perjalanan yang panjang dan melelahkan, kini saatnya kamu bersenang-senang di Pantai Daftel. Sebagai gambaran untukmu, Panta Daftel itu memiliki ombak yang cukup tenang, memiliki bentangan pasir putih yang halus, ditambah dengan airnya yang berwarna biru jernih. Oh ya, di tepi pantai kamu juga bisa melihat deretan pepohonan kelapa yang berdiri kokoh memberikan keteduhan yang menenangkan.

Sumber: Instagram @nureinimasaly

Laut di sekitar Pantai Daftel juga memiliki terumbu karang yang cukup bagus, ditambah berbagai ikan kecil yang warna-warni dan terlihat lucu menggemaskan.

Perahu Karang yang Unik

Sumber: Instagram @ju_maturbongs

Ini nih yang membuat Pantai Daftel terlihat unik. Di sana kamu bisa menjumpai sebongkah batu karang yang bentuknya menyerupai kapal, yang diselimuti oleh tumbuhan hijau. Batu karang itu pun lokasinya tepat berada di bibir pantai, sehingga seolah-olah seperti kapal yang terdampar. Tak heran, kalau batu karang tersebut sering menjadi latar belakang foto para pengunjung.

Aktifitas Seru di Panta Daftel

Sumber: Instagram@nureinimasaly

Berkunjung ke pantai, pastinya tak akan lengkap jika kamu tidak bermain air atau bahkan berenang di tengah birunya air laut. Karakter ombak Pantai Daftel yang cukup tenang juga membuatmu bisa lebih leluasa untuk bermain air di pantai yang satu ini. Tapi ingat, kamu juga harus tetap berhati-hati, apa lagi bagi kamu yang berwisata dengan buah hati tercinta.

Sumber: Instagram @michaelmenason

Setelah merasakan kesegaran airnya, kini saatnya kamu bersantai di bawah pohon kelapa sambil menikmati air kelapa muda dan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Bercengkrama dengan keluarga, rekan, atau bahkan pasangan tercinta sembari menikmati pemandangan laut yang eksotis juga bisa menjadi pilihan yang lainnya.

Fasilitas Lengkap di Pantai Daftel

Sumber: Detik Travel

Soal fasilitas jangan diragukan lagi, karena di tempat ini sudah tersedia fasilitas lengkap yang bisa memanjakan para pengunjung. Di sana terdapat beberapa gazebo atau saung yang bisa kamu gunakan untuk duduk-duduk bersantai sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah. Terdapat pula beberapa warung yang menjual minuman dan makanan ringan. Toilet di sana juga sudah memadai dan cukup bersih. Pokoknya fasilitasnya lengkap deh.

Penginapan di Sekitar Pantai Daftel

Apabila kamu datang dari luar kota, di sekitar pantai juga sudah tersedia penginapan dengan harga yang terjangkau, salah satunya adalah Penginapan Sanohi yang hanya berjarak sekitar 5 km dari Pantai Daftel. Kemudian ada pula Pastori Yamtel yang berjarak sekitar 10 km dari lokasi.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berlibur ke Pantai Daftel. Memang sangat jauh, berada di timur Indonesia, namun pemandangan yang disuguhkan bakal membuatmu takjub. Yuk, segera ambil cuti dan siapkan waktu liburan terbaikmu bersama keluarga dan pasangan tercinta di Pantai Daftel. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam Indonesia yang sangat indah ini. Selamat berlibur, selamat bersenang-senang di Pantai Daftel.