in

Pantai Lampu Satu, Sinar Senjanya Tak Lekang Oleh Waktu

Sumber Gambar: Google Maps @Sri Harjanti Wilujeng

Alam Papua tak pernah ingkar janji. Cantik, unik, dan mengagumkan, itulah janji yang telah diberikan alam bumi Cendrawasih kepada Bumi Pertiwi. Hutan-hutan masih terjaga dan begitu lebatnya, danau-danau membentang dengan air jernih, dan pantai-pantai pun saling berderet memberikan aroma romantis yang manis. Tak terhitung lagi berapa km deretan pantai cantik yang membentang di Papua, salah satunya adalah Pantai Lampu Satu, sebuah bibir laut yang menawan di kota Merauke.

Di sini nih lokasinya!

Sumber: Instagram@januariabuer

Pernah dengar Pantai Lampu Satu gak? Ngomong-ngomong, Pantai Lampu Satu adalah salah satu destinasi wisata yang secara administratif terletak di Samkai, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua. Jaraknya tak terlalu jauh dari pusat Kota Merauke, ibu kota Kabupaten Merauke, kira-kira hanya berjarak 3 km atau 10 menit perjalanan. Secara geografis, pantai yang satu ini menghadap langsung ke Laut Arafura.

Cara menuju ke lokasi

Cara menuju ke Pantai Lampu Satu gampang banget, jarak yang dekat dari pusat kota membuatmu memiliki banyak pilihan transportasi untuk menuju ke lokasi. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua, mobil, bahkan juga tersedia angkutan umum atau angkot untuk menuju ke lokasi. Dari pusat kota Merauke, biaya angkot menuju ke Pantai Lampu Satu tak lebih dari 10 ribu rupiah. Bagaimana, murah bukan?

Asal usul nama ‘Pantai Lampu Satu’

Sumber Gambar: Google Maps @Syarif Dipa1

Pasti penasaran kan, kenapa namanya ‘Pantai Lampu Satu’? Kok gak pakai nama yang lain saja. Usut punya usut, ternyata nama tersebut diberikan oleh penduduk sekitar karena di salah satu sudut pantai tersebut terdapat mercusuar dengan sebuah lampu terang untuk memberikan navigasi bagi kapal yang hilir mudik. Nah, iya seperti itu asal usul namanya.

Pantai dengan sejuta daya tarik

Sumber Gambar: Google Maps @Hasan Thorand

Di Pantai Lampu Satu, jangan kaget kalau kamu tak akan menemukan ombak yang besar dengan air laut yang biru jernih. Pantai yang satu ini justru ombaknya cukup kecil dengan air pantai yang berwarna kecoklatan, karena memang pasir di Pantai Lampu Satu bercampur dengan sedikit lumpur. Tapi jangan kecewa dulu, yang membuat pantai ini terlihat unik adalah bentangan pantainya yang sangat luas, bahkan ketika air sedang surut, para pengunjung harus berjalan kaki beberapa ratus meter bahkan beberapa km untuk bisa bertemu dengan bibir air laut. Di pantai ini kamu juga bisa menemukan banyak perahu nelayan yang bersandar, pemandangan inilah yang membuatnya terlihat semakin unik. Ketika air laut surut, kamu bisa dengan leluasa masuk ke perahu-perahu nelayan tersebut.

Sumber: Flickr

Oh ya, satu lagi, pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan kelapa dan rerumputan hijau. Berteduh di bawah pohon kelapa di tengah siang terik, sembari menikmati angin sepoi-sepoi dan ditemani air kelapa muda bisa membius serta membuatmu lupa akan waktu.

Keindahan senja yang dinanti

Sumber: Instagram @billeepenawar

Ini nih daya tarik utama dari Pantai Lampu Satu, apa lagi kalau bukan momen sunset atau matahari terbenam. Di pantai yang satu ini kamu bisa melihat secara jelas proses tenggelamnya matahari di ujung barat. Tenggelam secara perlahan, gelap, dan meninggalkan cahaya kuning kemerahan yang sangat romantis dan terkesan begitu manis di ingatan. Jadi tak heran, apabila Pantai Lampu Satu justru semakin ramai dikunjungi para muda mudi di kala sore hari. Menghabiskan waktu bersama orang terkasih, sembari menikmati cahaya alam yang mempesona.

Fasilitas masih minim

Sumber Gambar: Google Maps @bella windya

Meskipun memiliki pesona alam yang mengagumkan, tapi sayangnya fasilitas di Pantai Lampu Satu masih sangat minim. Toilet masih susah ditemui, tempat sampah pun masih jarang ada. Hal ini harus dimaklumi, karena memang Pantai Lampu Satu kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Tak hanya itu, di sana juga masih jarang ditemukan warung yang menjajakan makanan atau pun minuman. Jadi jangan lupa persiapkan bekal sendiri dari rumah, sebelum berkunjung ke pantai ini.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Pantai Lampu Satu? Kalau sedang berkunjung di kota Merauke, sayang sih kalau gak sekalian mampir ke Pantai Lampu Satu. Pantai yang sederhana, tapi cukup untuk membuatmu takjub akan keindahan alam Papua dan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.