spot_img

Pantai Drini – Pantai Dengan Keindahan Laut Yang Mempesona

Jika membahas Destinasi yang ada di kawasan Yogyakarta ini tidak akan pernah ada habisnya. Lantaran kota istimewa yang satu ini selalu memiliki objek wisata baru yang siap diserbu oleh para wisatawan, apalagi wisata alamnya yang tidak ada habisnya yang selalu memiliki wisata baru. Destinasi wisata yang satu ini adalah Pantai Drini, Salah satu destinasi wisata air yang  yang saat ini sedang menjadi perbincangan serta menarik minat para wisatawan. Pantai Drini ini terletak di Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sama dengan dengan pantai lain, Pantai Drini ini juga menawarkan keelokan yang tiada tara. Walaupun cukup populer dan tengah menjadi perbincangan.

Sumber Gambar: Google Maps @Ayu Wijayadi

Sayangnya, pantai yang satu ini memang belum dikenal sampai sejauh dan seluas layaknya Pantai Watu Kodok. Juga banyak yang menyebut dan menamai pantai ini dengan dijuluki Virgin Beach. Bisa di lihat dari lokasinya, letak pantai ini cukup unik karena diapit oleh dua bukit di sisi timur dan barat. Karena itu Pantai Drini ini  terlihat lebih asri juga Kontras dengan suhu yang cukup panas khas pantai. Karena belum banyak wisawatan yang datang mengunjungi pantai ini, Anda akan merasakan suasana yang begitu tenang dan damai sehingga ingin berlama-lama di tempat ini.

Sumber Gambar: Google maps @Drini Beach

Yang akan membuat para wisatawan betah juga karena ada hal menarik yang disuguhkan oleh pantai yang satu ini, yakni gugusan pulau kecil yang letaknya berada di sebelah selatan. Uniknya Keberadaan pulau karang ini memberikan kesan seakan-akan membelah lautan menjadi 2 bagian yang sangat bertolak belakang. Bisa dilihat dengan mata perbedaan antara pantai bagian timur dengan barat. Pada pantai bagian timur ini memiliki karakteristik yang cenderung lebih tenang, sedangkan untuk pantai bagian barat lebih kuat bagaikan gemuruh.

Sumber Gambar: Google maps @Na

Untuk bagian Timur pantai, ada tebing-tebing yang berbaris seolah menjaga ombak besar yang datang. Karena itu, tempat ini bisa dijadikan  tempat nyaman untuk mandi hangat air asin, sambil melemaskan otot yang lelah menyusuri pulau karang. Kombinasi air berwarna biru kehijau-hijauan ditambah dengan dinding dan pulau karang yang  mengelilingi, serta beratap langsung dengan langit biru, sampai ditemani pandangan bebas menuju lautan lepas, membuat tempat yang satu ini sangat sempurna untuk tempat healing dan wajib dikunjungi. Para wisatawan juga bisa melihat adanya akuarium alam yang mengoleksi beragam biota laut selalu menemani. Gerombolan Ikan jenis Goby Pasir, Jambrong, dan Sergeant Major tampak ikut menghiasi pantai.

Sumber Gambar: Google maps @K O E N T J O R O

Bagi para wisatawan yang ingin melihat pesona karang di tengah laut, bisa dengan menyebrang. Karena Untuk bisa mencapai karang di tengah lautan tersebut wisawatan mau tak mau harus menyebrang. Tetapi Pada Saat pantai sedang dalam keadaan surut, para wisawatan tidak perlu repot serta bersusah payah untuk untuk menyebrang. Karena Anda hanya perlu berjalan kaki dan melewati tangga sebelum sampai di pulau karang. Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas berupa tangga beton yang dibangun untuk memungkinkan wisatawan mencapai bagian atasnya tanpa harus memanjat.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Dari pulau ini, pemandangan yang dapat langsung dilihat yaitu, seluruh kawasan Pantai Drini. Mulai dari disuguhkan pemandangan gunungang alang-alang atap gazebo hingga deretan perahu nelayan. Semua tampak mungil, seperti miniatur yang disusun secara rapi. Sekarang sudah tidak ada lagi pohon drini, yang menghiasi adalah pandan laut (Pandanus tectorius) yang ikut memenuhi setiap jengkal tanah, berebut hidup dengan rerumputan. Untuk pohon Drini sendiri adalah cerita awal dari penamaan Pantai ini. Karena Konon di pulau tersebut banyak ditumbuhi santigi (Pemphis acidula), atau masyarakat di sini biasa menyebutnya drini. Itulah kenapa pantai dan pulau itulah asal muasal penamaan Pantai Drini.

Sumber Gambar: mytrip123.com

Sama seperti tempat wisata pada umunya, fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola di Pantai Drini ini cukup lengkap dan memadai. Serta menambah kenyamanan para wisatawan yang ingin berlama-lama di tempat ini. Beberapa fasilitas umum yang disediakan adalah,

  1. Area parkir kendaraan yang dekat dengan pantai.
  2. Toilet umum.
  3. Restoran Seafood.
  4. Spot selfie.
  5. Penyewaan Kano.
  6. Payung-payung besar untuk bersantai di tepi pantai.

Untuk biayai masuk ke tempat ini cukup terjangkau dan ramah dikantong, yaitu sebesar Rp. 10.000,-/ orang. Dengan harga tiket yang murah ini, para wisatawan sudah bisa menikmati semua fasilitas serta berkegiatan di Pantai Drini ini. Tetapi tentunya tidak semua fasilitas yang ada gratis, tetapi ada biaya tambahan untuk bisa menikmati fasilitas yang berbayar. Tunggu apalagi ayok segera kunjungi pantai yang satu ini.

 Lokasi : Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.