OUR NETWORK

Pantai Dungun Laut, Satu Diantara 9 Pantai Terindah Di Sambas

Sumber Gambar: Facebook @Desa Dungun laut .Kec.Jawai

Pantai Dungun Laut merupakan salah satu pantai terindah di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Timur. Pantai ini terletak di Desa Dungun Laut, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. Pantai ini terletak kurang lebih sejauh 35 kilometer dari Ibukota Kabupaten Sambas. Untuk bisa sampai di pantai ini, anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat ataupun kendaraan roda dua.

Untuk akses menuju ke pantai ini masih tergolong cukup mudah, meskipun nantinya anda akan menjumpai beberapa jalan yang berlubang, namun perjalanan anda akan cukup lancar. Dalam perjalanan anda bisa menikmati pemandangan alam yang lain seperti area persawahan dan juga gunung sebagai latar belakangnya. Jika anda mengalami kesulitan dalam perjalanan, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada masyarakat setempat. Karena masyarakat yang ada di daerah Kabupaten Sambas sangat ramah dan akan dengan senang hati membantu anda.

Sumber Gambar: Facebook @Desa Dungun laut .Kec.Jawai

Namun jika anda memutuskan untuk menggunakan jasa travel yang menyediakan paket wisata, anda tidak perlu khawatir. Karena biaya yang akan anda keluarkan akan sepadan dengan apa yang akan anda terima. Anda tidak akan mengalami kesulitan atau tersesat jika anda menggunakan jasa travel wisata karena pihak travel pasti sudah sangat paham dengan medan yang akan menjadi tempat tujuan wisata anda.

Keindahan Pantai Dungun Laut

Sumber Gambar: Facebook @Desa Dungun laut .Kec.Jawai

Sebagai salah satu pantai terindah yang dimiliki oleh Kabupaten Sambas, Pantai Dungun Laut memang memiliki pemandangan yang sangat cantik dan memukau. Di sekitar pantai ini banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa yang menjuntai tinggi seperti pantai-pantai pada umumnya. Namun, pantai ini memiliki batu-batu besar yang tersebar di beberapa bagian pantai. Batu-batu ini membuat pemandangan dari pantai ini semakin eksotis. Selain itu pasir putih yang sangat bersih juga mendukung keindahan yang tercipta di tempat ini.

Para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sangat tertarik dengan bebatuan yang ada di pantai ini. Wisatawan menggunakan batu-batu tersebut sebagai spot foto terfavorit karena dinilai sangat instagramable. Keindahan pantai dengan air laut yang biru, dipadukan dengan pasir putih dan pohon kelapa yang hijau sangat membuat hati merasa tenang dan nyaman. Deburan ombak yang tidak terlalu keras juga membuat tempat ini semakin menjadi salah satu tempat wisata yang sangat diminati di Kabupaten Sambas.

Sumber Gambar: Facebook @Desa Dungun laut .Kec.Jawai

Jika anda berkunjung ke pantai ini, anda bisa berenang di pantai ini tanpa perlu merasa khawatir. Tidak jarang para pengunjung mengajak keluarganya untuk menghabiskan masa liburannya disini. Hal ini dikarenakan ombak yang ada di pantai ini tidak terlalu keras, sehingga para orang tua bisa tenang mengizinkan anak-anaknya berenang di pantai. Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai dari atas bebatuan, karena batu-batu yang ada disekitar pantai memang berukuran sangat besar.

Kebersihan Pantai Yang Sempat Tercemar

Keindahan Pantai Dungun Laut sempat tercemar oleh sampah-sampah plastik yang berasal dari laut maupun dari para wisatawan yang berkunjung. Warga setempat dan komunitas pecinta lingkungan sempat mengadakan suatu acara untuk membersihkan sampah-sampah plastik yang sudah menyebar di pantai ini. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, karena dapat mengganggu ekosistem bawah laut. Ikan-ikan dan terumbu karang akan terancam rusak dan mati. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memunculkan budaya mencintai lingkungan sehingga masyarakat setempat diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut

Sumber: bhayangkari.or.id

Selain acara bersih-bersih sampah plastik, masyarakat setempat juga diberikan beberapa wawasan tentang kebersihan lingkungan. Masyarakat dihimbau untuk membuang sampah pada tempatnya. Dan masyarakat juga diminta untuk mengingatkan kepada para pengunjung pantai yang tidak membuang sampah pada tempatnya. Hal ini bertujuan semata-mata untuk tetap menjaga Pantai Dungun Laut tetap bersih dan indah. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan sehari-hari masyarakat setempat bergantung pada hasil laut.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…