OUR NETWORK

Taman Wisata Alam Tanjung Keluang, Sensasi Liburan di Kalimantan Tengah

Sumber Gambar: kumparan.com

Kalimantan Tengah, menjadi salah satu Kabupaten yang wajib untuk kamu jelajahi selama di Pulau Kalimantan. Dimana, tempat ini mempunyai keindahan dan pesona yang luar biasa. Salah satunya adalah Taman Wisata Alam Tanjung Keluang yang banyak wisatawan sepakat kawasan ini bagaikan surga yang sayang untuk dilewatkan.

Sumber Gambar: kumparan.com

Ada banyak hal yang bisa kamu temukan disini. Tidak hanya mengenai pasir pantai, air laut yang sangat jernih, flora dan fauna yang tampak mengesankan. Salah satu hal yang memang tidak bisa kamu lupakan adalah hembusan angin yang seakan tidak akan pernah berhenti. Rasakan pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke Taman Wisata Alam Tanjung Keluang.

Mengenal Taman Wisata Alam Tanjung Keluang

Luas kawasan ini kurang lebih 2000 hektar dengan ombak yang tenang dan cukup menarik untuk kamu bermain-main, bersama dengan keluarga. Pohon-pohon cemara yang berjajar menambah kesan yang mengesankan. Apalagi, pesona pasir pantainya yang lembut dan halus membuat kamu nyaman untuk bermalas-malasan disini.

Sumber Gambar: kumparan.com

Tidak ada hanya soal keindahan tempat wisatanya saja. Kamu juga bisa melihat perjalanan yang luar biasa indahnya. Karena, biota lautnya yang bisa kamu lihat dari awal hingga akhir. Apalagi, pesona sunsetnya yang membuat suasana romantis dan membuat kamu lupa kalau kawasan ini adalah Indonesia lho.

Cara Menuju ke Tanjung Keluang

Sumber Gambar: Instagram @r2advanture11

Perjalanan menuju ke Taman Wisata Alam Tanjung Keluang memang menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Ada dua jalur yang bisa kamu pilih mulai dari darat dan laut. Bila melalui jalur laut, kamu harus masuk dahulu melalui Pantai Kubu. Dari sini, kamu bisa menggunakan perahu kelotok kecil.

Harga sewanya kurang lebih 50 ribuan dengan waktu tempuh mulai dari 20 menit sampai 40 menit. Atau bisa menggunakan speed boat dengan waktu tempuh yang lebih singkat yaitu 7 menit sampai 15 menit. Dengan harga sewanya mulai dari 100 ribu rupiah. Dengan nahkoda yang sangat ramah dan bersahaja lho.

Dalam perjalanannya kamu bisa melihat berbagai macam pesona seperti biota laut. Ada pula ikan-ikan koloni yang ada di lautan yang bisa kamu lihat. Saking jernihnya air laut benar-benar mengesankan.

Sumber Gambar: pesonawisatapangkalanbun

Kamu juga bisa melihat ikan julung yang merupakan ciri khas moncong runcing dan menjadi ikan endemik yang ada ditempat ini. ikan ini seperti sebuah jarum yang cukup tajam. Nah, kalau kamu beruntung, kamu juga bisa melihat banyaknya lumba-lumba yang berkoloni.

Pesona Indah Tanjung Keluang

Sumber Gambar:  Instagram @info.kumai

Salah satu hal yang wajib kamu nikmati adalah Penyu yang memang sangat langka. Ada bangunan konservasi yang bisa kamu lihat. Dimana, banyak sekali aquarium yang dihuni dengan tukik-tukik. Biasanya setelah bertelur kurang lebih 2 bulan, dan banyak yang dilepas. Nah, proses pelepasan inilah yang selalu diimpikan oleh seluruh wisatawan yang datang kesini.

Sumber Gambar: Facebook @Ditjen KSDAE

Menariknya, penyu-penyu ini usianya kurang lebih 7 tahun. Salah satunya adalah penyu bersisik yang digolongkan sebagai satwa langka yang dilindungi. Selain melihat pemandangan penyu ini. Kamu bisa melihat area camping yang biasanya setiap datang hari libur tempat ini akan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kamu juga bisa menikmati fasilitas berupa api unggun yang akan disediakan.

Satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah pesona matahari terbit dan matahari tenggelam yang benar-benar mengesankan. Kamu juga bisa melihat golden sunrise dan sunset yang sangat romantis dengan pemandangan siluet-siluet nan elok.

Selain itu, ada banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati seperti mushola, toilet, dan juga ruang informasi. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah Penerangan dan juga listrik yang memang harus diperhatikan. Biasanya fasilitas ini akan ada setiap pukul 6 sore. dimatikan saat waktu menginjak pukul 11 atau 12 malam.

Jadi, disarankan bawa power bank serta menghemat baterai ya. Selain itu, untuk sinyalnya juga sedikit terganggu, tidak setiap kali kamu bisa update. Tetapi, kamu bisa menikmati liburan yang sebenarnya tanpa terganggu hanphone.

Kesimpulan

Taman Wisata Alam Tanjung Keluang menjadi salah satu panorama yang harus kamu nikmati. Apalagi, pemandangan penyu langka yang benar-benar bisa kamu nikmati. Jadi, jangan sampai kamu lewatkan semua pesona yang menjadi salah satu ciptaan Tuhan terbaik untuk negeri ini. Jadi, sudah siap untuk menjelajah Taman Wisata Alam ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…