OUR NETWORK

Petualangan Fantasi di Taman Laut 17 Pulau

Sumber Gambar: nativeindonesia.com

 

Libur merupakan suatu saat yang menyenangkan tidak hanya bagi anak-anak sekolah tetapi juga bagi orang dewasa. Karena pada saat tersebut kita dapat melakukan hal yang kita sukai sambil mengistirahatkan tubuh, pikiran dan jiwa dari segala kesibukan. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menghabiskan masa liburan, mulai dari bersantai di rumah, melakukan hobi, atau sekedar pergi berjalan-jalan santai disekitar tempat tinggal dan ada juga yang menghabiskannya dengan mengunjungi tempat wisata. Banyak pilihan yang dapat dipilih saat menentukan tujuan wisata mulai dari jarak tempat tersebut dari tempat tinggal, berapa banyak waktu yang dihabiskan disana dan tentu saja berapa banyak biaya yang dihabiskan dan masih banyak lainnya. Disini penulis akan mengenalkan sebuah tempat wisata yang sangat indah dan mengagumkan, tempat itu bernama Taman Laut 17 Pulau.

Sumber Gambar: nativeindonesia.com

Taman laut 17 pulau ini berada di pulau riung yang terletak di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Taman laut 17 pulau ini juga merupakan salah satu dari kawasan konservasi di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang. Untuk mencapai tempat ini maka kalian dapat menghabiskan sekitar dua sampai empat jam perjalanan jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor tergantung jenis kendaraan dan kecepatan dari Kota Bajawa yang merupakan ibu kota Kabupaten Ngada, kalian juga dapat mencapai tempat ini dari Ende jika kalian ingin.

Sekedar info walaupun bernama taman laut 17 pulau sebenarnya pulau yang terdapat di taman laut ini ada sekitar 24 pulau dan angka 17 tersebut diambil dari hari kemerdekaan indonesia sebagai simbol nasionalisme. Untuk pulau-pulau yang terdapat disana ada beberapa yang merupakan pulau-pulau utama yaitu Pulau Ontoloe yang merupakan pulau terbesar, Pulau Tiga atau Long Island, Pulau Dua, Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima atau dikenal juga dengan nama Pulau Nani, Tembaga, Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Kolong, Pulau Bampa, Pulua Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire. Untuk menjelajah dari satu pulau ke pulau lain maka kalian dapat menyewa kapal dari warga sekitar.

Sumber Gambar: nttbangkit.com

Jika kalian ingin menginap di sana maka kalian dapat mendirikan tenda di kawasan pantai Pulau Rutong yang merupaka salah satu pulau yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan dimana di pulau tersebut kalian dapat melihat daratan dari pulau-pulau lain yang berada di sekitar Pulau Rutong. Selain camping di pulau rutong kalian dapat melakukan kegiatan snorkeling di beberapa tempat seperti di sekitar Pulau Tiga dan Pulau Meja dimana kondisi perairan wilayah tersebut dapat dikatakan sangat jernih (walaupun jika kita membicarakan kejernihan air maka semua kondisi air yang ada di taman laut ini adalah jernih hanya berbeda warna dan kedalaman) dan didominasi oleh berbagai macam terumbu karang seperti jenis soft coral, karang meja dan kipas laut. Jika kalian lelah setelah melakukan snorkeling kalian juga dapat bersantai di tepi pantai yang ditutupi oleh pasir putih sambil menikmati sejuknya angin dan suara deburan ombak.

Sumber Gambar: kumparan.com

Selain snorkeling atau berenang di laut kalian juga dapat mengunjungi Pulau Ontole yang merupakan pulau terbesar di taman laut 17 pulau. Pulau ini terkenal sebagai habitat dari beberapa spesies hewan yang diantaranya adalah kelelawar yang jumlahnya mencapai ribuan ekor yang dapat kalian temui sedang bertengger di dahan-dahan pohon bakau di pesisir pulau sehingga pulau ini dikenal juga dengan nama pulau kelelawar.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Pulau lain yang dapat kalian kunjungi adalah Pulau Batang Kolong merupakan yang paling populer dikunjungi oleh penyelam untuk mencari mawar laut yang sebenarnya merupakan suatu organisme yang unik menyerupai bentuk dan warna bunga mawar. Mawar laut ini memiliki penampilan merah menyala dan oranye terang yang merupakan kumpulan telur merah kelinci laut raksasa dan tumbuh dengan ukuran 30 senti meter, telur-telur tersebut terikat oleh lendir dan mengambang di arus laut sehingga terlihat seperti bunga mawar yang ditiup oleh angin.

Selain pulau-pulau yang tersebut diatas masih banyak keindahan dan pulau-pulau yang memiliki flora dan fauna mempesona lainnya yang dapat kalian temui di Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung seperti, hutan bakau, berbagai macam ikan hias, ikan sunu, ikan barakuda, burung camar laut dan komodo.

 

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…