in

Pantai Krung Juli dan Ujung Blang Dengan Sunrise Mempesona

Pantai Krung Juli dan Ujung Blang
Pantai Krung Juli dan Ujung Blang

Keindahan panorama alam di Pantai Krung Juli dan Ujung Blang memang tidak perlu diragukan lagi. Tidak heran, destinasi ini selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin berlibur sambil menikmati keindahan pesona pantai yang eksotis ini. Apalagi, fasilitas yang tersedia di pantai ini juga cukup lengkap, sehingga membuat wisatawan semakin betah saat berlibur di sana.

Pantai yang sangat cantik ini terletak di Kabupaten Bireuen. Lebih tepatnya di Desa Ujung Blang, Kecamatan Juli. Pesona keindahan yang ditawarkan pun membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal daerah setempat maupun wisatawan dari luar kota.

Ternyata, wisata pantai yang indah ini menyimpan sejumlah fakta menarik di dalamnya. Apa saja? Berikut informasinya.

Inilah 7 Fakta Pantai Krung Juli dan Ujung Blang yang Mempesona

  1. Namanya memiliki arti tersendiri

Dalam Bahasa Aceh, pantai ini disebut dengan nama Pante Ujong Blang. Setiap nama tentu memiliki arti tersendiri di dalamnya. Pante Ujong Blang sendiri dinamakan berdasarkan nama dimana pantai ini berada.

Sementara itu, nama Ujong Blang tediri dari dua kata yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Arti “Ujong” dalam Bahasa Aceh adalah “Ujung” dan arti “Blang” adalah hamparan kebun atau sawah. Nama tersebut diberikan karena pada awalnya wilayah Lhokseumawe ini memang terdiri dari area sawah, tanah kosong, seta rawa.

  1. Meliputi empat wilayah desa

Fakta menarik selanjutnya adalah Pantai Ujung Blang terhampar dari muara Sungai Cunda yang meliputi empat wilayah desa.

Desa tersebut diantaranya adalah Desa Ujong Balon, Hagu Barat Laut, Desa Hagu Tengah, dan Desa Ulee Jalan. Jadi, meskipun namanya adalah Pante Ujong Balon, namun pantai ini tidak hanya melintasi desa itu saja, melainkan terhampar di desa lainnya juga.

  1. Menyuguhkan sunrise yang mempesona

Salah satu pesona yang ditawarkan oleh Pantai Krung Juli dan Ujung Blang adalah keindahan matahari terbit atau sunrise. Saat pagi hari, pemandangan matahari terbit dari pantai ini tampak begitu mempesona.

Tidak heran, banyak orang yang sengaja berkunjung ke pantai ini sebelum matahari terbit karena ingin menyaksikan keindahannya. Dapat melihat matahari terbit dari ujung pantai ini tentunya akan memberikan nuansa tersendiri yang sulit dilupakan.

  1. Menyimpan pesona keindahan pasir pantai

Saat berkunjung ke pantai, salah satu aktivitas yang tidak boleh terlewatkan adalah bermain pasir pantai. Begitu pula saat Anda datang berwisata di Pantai Ujung Blang atau Pantai Krung Juli.

Keindahan pasir pantai yang disuruhkan oleh kedua pantai inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang dan datang lagi ke destinasi wisata ini.

  1. Dikelilingi oleh pohon kelapa

Saat berkunjung ke Pantai Krung Juli dan Pantai Ujung Blang, nuansa pantai akan semakin terasa karena di sekitar pantai ini banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa. Adanya pohon kelapa tentu membuat suasana pantai semakin syahdu. Ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang semakin membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di sana.

  1. Menyuguhkan pemandangan kegiatan nelayan

Fakta yang tidak kalah menarik adalah pantai ini sering menjadi lalu lalang nelayan yang mencari ikan. Jangan heran jika di sana ada banyak perahu milik nelayan. Selain bisa melihat pemandangan kegiatan nelayan yang langka dan tidak bisa dinikmati di perkotaan, wisatawan juga bisa mengabadikan momen seru tersebut dengan selfie berlatar belakang perahu nelayan.

  1. Memiliki fasilitas yang cukup lengkap

Sebagai salah satu destinasi wisata utama yang ada di Kabupaten Bireuen, pantai ini tentu terus mendapatkan perhatian. Terutama dalam hal layanan dan fasilitas yang diberikan bagi wisatawan.

Dengan kata lain, pantai ini dapat dikatakan memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan menunjang kebutuhan wisatawan. Dengan fasilitas yang memadai, maka tidak heran jika semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari Pantai Krung Juli dan Ujung Blang. Ternyata, banyak fakta menarik yang ditawarkan oleh pantai indah tersebut. Jadi, jangan lupa mampir ke destinasi wisata tersebut jika berkunjung ke Aceh, terutama di Kabupaten Bireuen. Yuk, ajak teman atau keluarga liburan bersama di pantai mempesona ini.

Geomedia - JFK 2022