in

Berkemah Di Lokasi Yang Dulunya Markas Dari Pangeran Diponegoro

Sumber Gambar: dewitinalah.com

Berkemah merupakan kegiatan yang menyenangkan lagi akan tetapi lebih menyenangkan lagi jika kalian berkemah di lokasi yang tidak hanya indah akan tetapi memiliki nilai sejarah untuk bangsa kita. Dan mungkin salah satunya adalah sebuah camping ground yang berada di Yogyakarta bernama Desa Wisata Tinalah.

Kalau begitu apa yang istimewa dari camping ground yang berada di Desa Wisata Tinalah ini? Desa Wisata Tinalah ini merupakan lokasi yang pernah dijadikan markas salah satu Pahlawan Bangsa Indonesia untuk menghadapi kolonial Belanda yaitu Pangeran Diponegoro. Selain memiliki nilai sejarah Desa Wisata Tinalah ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang akan memanjakan kalian.

Pada ulasan kami kali ini akan akan memberikan kalian informasi apa saja yang perlu kalian ketahui sebelum kalian memutuskan untuk menghabiskan waktu kalian di destinasi wisata yang cukup digemari ini. Buat kalian yang penasaran ada baiknya jika kalian terus mengikuti dan juga menyimak ulasan kami di bawah ini.

Lokasi Dan Alamat Dari Desa Wisata Tinalah

Untuk menuju ke lokasi bekas markas dari Pangeran Diponegoro ini kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi mau itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat yang sudah dapat kalian akses dengan cukup mudah. Kalian dapat langsung menuju ke lokasi yang beralamat di Desa Purwoharjo, Kabupaten Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sumber Gambar: Google Maps @Galuh Alif Fahmi Rizki

Jika kalian tidak mau repot kalian bisa menggunakan jasa driver yang memang sudah terbiasa mengantar pengunjung ke lokasi Desa Wisata Tinalah ini sehingga kalian tidak mungkin tersesat. Jika kalian ingin mencoba sendiri kalian bisa menggunakan bantuan Aplikasi GPS seperti Google Maps dan sejenisnya dan jika kalian masih takut tersesat kalian bisa sesekali bertanya ke warga sekitar untuk memastikan kalian sudah menuju ke lokasi yang benar.

Akses yang cukup mudah ini membuat kalian tidak perlu takut untuk tersesat ketika kalian sudah memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan kalian di Desa Wisata Tinalah ini.

Fasilitas Yang Disediakan

Fasilitas yang sudah ada di Desa Wisata Tinalah ini sudah sangat lengkap sehingga kalian dapat menggunakannya untuk memaksimalkan pengalaman kalian selama kalian menghabiskan waktu liburan kalian di Desa Wisata Tinalah. Dan fasilitas yang dapat kalian gunakan dan rasakan adalah antara lain :

Camping Ground Area

Sumber : Google Maps @ Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah – Wisata Jogja)

Kalian dapat menghabiskan malam di Desa Wisata Tinalah dengan membangun tenda di lokasi camping ground yang sudah disediakan oleh pihak pengelola buat kalian yang memang ingin menghabiskan malam kalian selama berada di sini. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika Desa Wisata Tinalah adalah lokasi yang pernah dijadikan markas oleh Pangeran Diponegoro dan area camping ground ini adalah tempat Pangeran Diponegoro latihan berkuda.

Fasilitas Untuk Kegiatan Outdoor

Sumber : Google Maps @ Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah – Wisata Jogja)

Ketika kalian berada di Desa Wisata Tinalah ada banyak fasilitas yang bisa kalian gunakan untuk melakukan kegiatan outdoor yang memang sering kalian lakukan ketika kalian sedang berada di sebuah perkemahan. Kalian dapat melakukan kegiatan susur sungai dan juga trekking melalui jalur trekking yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola sehingga sudah dapat kalian lakukan dengan nyaman dan tentu saja aman.

Selain itu juga kalian sudah dapat melakukan kegiatan Outbound menggunakan fasilitas outbound yang juga sudah disiapkan oleh pihak pengelola buat kalian yang memang tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut bersama dengan keluarga atau teman – teman kalian. Dengan banyak fasilitas untuk kalian melakukan kegiatan outdoor membuat kalian tidak akan merasa bosan dan tentu saja sangat baik untuk tubuh kalian karena sehat untuk dilakukan.

Fasilitas Pendukung Lainnya

Sumber : Google Maps @ Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah – Wisata Jogja)

Fasilitas pendukung lainnya seperti area parkir yang cukup luas yang dapat kalian gunakan jika kalian menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi Desa Wisata Tinalah yang membuat kalian dapat dengan tenang meninggalkan kendaraan pribadi kalian. Ada juga Mushola yang dapat digunakan bagi teman – teman yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah mereka.

Kalian juga akan melihat banyak pendopo yang dapat kalian gunakan untuk bersantai sambil ngopi – ngopi santai dan menikmati keindahan alam yang ada pada Desa Wisata Tinalah ini. Dan masih banyak lagi fasilitas pendukung yang dapat kalian gunakan dan rasakan di Desa Wisata Tinalah ini.