OUR NETWORK

Pantai Luari, Indahnya Pantai Pasir Putih di Tobelo

Sumber Gambar: kumparan.com

Di masa Pandemi pasti banyak dari kamu yang melihat-lihat kawasan wisata. Dimana, setelah semua ini berakhir, kamu tinggal memulai perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut. Nah, salah satu tempat yang harus kamu coba kunjungi adalah Pantai Luari yang ada di Tobelo.

Kawasan ini memang sangat unik. Karena, kebanyak tempat di Tobelo memiliki pasir hitam. Sedangkan, kawasan ini memiliki pasir putih yang panjang membentang. Keindahannya memang berbeda yang membuat kamu harus berkunjung. Tidak hanya itu saja, panorama lainnya juga tidak kalah mengesankan lho.

Mengenal Pantai Luari

Sumber Gambar: kumparan.com

Pantai Luari sendiri menghadap langsung ke Samudera Pasifik yang membuat suasananya semakin menyenangkan. Panorama yang tidak biasa dengan air lautnya yang berwarna biru menjadi salah satu sajian utamanya.

Nama Luari sendiri berasal dari sejarah yang dipercaya oleh warga sekitar dan diceritakan turun-temurun. Dimana, ada sebuah cerita menarik yang tersembunyi didalamnya. Jadi, dahulu ada sebuah pertikaian dan konflik yang sempat terjadi di dua kawasan. Kemudian, tokoh masyarakat di kedua desa tersebut memutuskan untuk berdamai dan ingin mencari jalan tengah.

Sumber Gambar: Facebook @Pantai Luari

Pantai Luari inilah yang digunakan sebagai salah satu tempat untuk mencari jalan tengah. Hingga, akhirnya mereka pun berdamai dan hidup berdampingan. Oleh karena itu, kawasan ini dinamakan sebagai Pantai Luari yang artinya adalah melihat dari luar.

Cara Menuju ke Pantai Luari

Pantai Luari sendiri terletak di Desa Luari yang lebih tepatnya berada di perbatasan antara Kecamatan Tobelo dan Kecamatan Galela. Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Menuju ke objek wisata ini pun sebenarnya tidak terlalu sulit lho. Kamu bisa naik pesawat menuju ke Halmahera.

Perjalanan menuju ke Halmahera membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam. karena, harus transit terlebih dahulu. Dari Halmahera, kamu bisa melakukan perjalanan menggunakan bus menuju ke Kecamatan Tobelo. Dari Tobelo, kamu bisa beralih naik bus kembali menuju ke Kecamatan Galela. Tinggal minta turun di Pantai Luari, kamu tidak perlu berjalan jauh, hanya 5 menit saja setelah turun. Mudah sekali bukan?

Untuk harga tiket masuk, kamu tidak akan dikenakan sama sekali. Kecuali, bila kamu menggunakan kendaraan pribadi. Untuk motor akan dikenakan harga 10 ribu rupiah. Untuk Mobil kamu akan dikenakan dengan harga 20 ribu rupiah di saat libur panjang sekolah dan week end. Bila di hari biasa gratis lho. Harga yang cukup murah bukan?

Keindahan Pantai Luari

Sumber Gambar: Instagram @riizwan_ramli

Pesona dari kawasan ini memang sangat maksimal, diman kamu bisa berenang karena, ombaknya tidak terlalu deras lho. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa perahu nelayan yang siap mengantarkanmu ke berkeliling  ke seluruh area. Bahkan, perahu nelayan ini juga bisa mengantarmu ke bagian utara menuju ke bunga-bunga karang yang benar-benar mengesankan.

Sungguh, kemegahan yang tidak akan pernah bisa kamu bayangkan sebelumnya. Salah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah snorkeling dan juga diving. Dimana, didunia bawah lautnya begitu mengesankan dan benar-benar menawan. Terumbu karangnya sangat terawat dan tejaga dengan baik.

Sayangnya untuk area snorkeling tempat ini memang kurang begitu bagus. Banyak nelayan yang dulunya menggunakan bom untuk mencari ikan. sehingga, terlihat rusak. Tetapi, saat ini para nelayan sudah cukup mengerti dan ke jalan yang benar.

Sumber: Gambar: Google Maps @ihwan buaja

Pesona lainnya yang harus kamu nikmati adalah pemandangan sunset dan sunrise sekaligus. Untuk bisa melihat keduanya, kamu bisa camping di area pantainya lho. Nuansanya memang benar-benar menyenangakan. Apalagi, kedua pesona ini, menghadirkan langit orange yang membuat mata kamu enggan terpejam.

Bagi kamu yang camping, tidak usah takut kelaparan. Karena, ada banyak warung yang siap menawarkan berbagai macam menu kuliner yang enak dan menggoda mulai dari jagung manis, kelapa muda, dan berbagai macam olahan ikan yang membuat liburan kamu semakin menarik.

Kesimpulan

Pantai Luari menjadi salah satu bagian dari Kecamatan Tobelo yang wajib kamu kunjungi. Keindahannya maksimal dari sudut hingga ke sudut lagi. Bagi yang menyukai keindahan alam, tempatini menjadi wajib untuk dikunjungi. Jadi, sudah siap melihat keindahan dari pantai Luari?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…