OUR NETWORK

Pantai Mahligai Indah, Tempat yang Wajib Dikunjungi di Riau

Membahas tentang keindahan alam Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Karena memang Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak keindahan alam yang menawan, layaknya kepingan surga yang tertinggal di bumi. Dari sekian banyak wilayah indah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Riau. Jika kamu menganggap bahwasanya Riau adalah sumber kabut asap hasil dari kebakaran lahan, tentu saja salah besar. Karena provinsi yang beribu kota di Pekanbaru ini juga memiliki banyak wisata alam yang menawan, tidak terkecuali pantai. Karena memang provinsi Riau berbatasan langsung dengan Selat Malaka di sebelah utara.

Nah, salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Riau adalah Pantai Mahligai Indah, atau yang kini biasanya disebut dengan objek wisata alam Tepian Mahligai. Fasilitas yang lengkap dan banyaknya wahana yang tersedia membuat pantai ini pun mulai ramai dikunjungi para wisatawan. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke sana? Jika memang belum, mari berkenalan dahulu dengan Pantai Mahligai Indah atau kemudian disebut dengan Tepian Mahligai

Lokasi Tepian Mahligai

Tepian Mahligai sendiri adalah sebuah kawasan wisata alam yang letaknya berada di Desa Pulau Gadang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Lokasinya yang cukup strategis membuat para pengunjung bisa dengan mudah menemukan destinasi wisata yang satu ini. Akses jalan yang sudah memadai pun membuatmu bisa menggunakan kendaraan roda empat untuk pergi berlibur ke Tepian Mahligai.

Sumber: Instagram @patroli_foto

Jika kamu datang dari ibu kota Kabupaten Kampar, Bangkinang, maka kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 31 km dengan waktu tempuh selama satu jam. Akan tetapi jika datang dari Pekanbaru, maka kamu masih harus menempuh perjalanan selama 2 jam 20 menit dengan jarak sejauh 90 km. Meskipun cukup jauh dari Pekanbaru, akses jalan yang sudah memadai membuat perjalananmu tidak akan terasa melelahkan.

Pesona Tepian Mahligai

Sumber: Instagram@frahayu_

Dari jalan utama, kamu hanya perlu berjalan sekitar 300 meter untuk bisa sampai di Tepian Mahligai. Begitu sampai di Tepian Mahligai, kamu akan langsung dihadapkan dengan pemandangan alam yang cukup apik berpadu dengan suasana yang asri karena banyaknya pepohonan yang tumbuh rindang. Tepian Mahligai sendiri adalah objek wisata yang membentang seluas 3,5 hektar, yang mencakup daratan dan tiga buah pulau yang ada di sekitarnya. Secara keseluruhan Tepian Mahligai masih termasuk ke dalam kawasan Waduk PLTA Koto Panjang.

Sumber: Instagram @yan_ayka

Di sana kamu bisa dengan mudah menemukan gazebo untuk tempat duduk bersantai sembari menikmati hamparan Waduk PLTA Koto Panjang. Kuris-kursi ditata sedemikian rupa di bawah tenda agar terlihat lebih menarik dan menciptakan suasana yang romantis. Untuk kamu yang hobi berswafoto jangan khawatir, karena di sana terdapat banyak spot foto yang Instagramable, salah satunuya adalah gerbang yang dihiasi dengan bunga berwarna-warni dan terlihat sangat cantik. Selain itu ada juga jembatan terapung dengan panjang sekitar 100 meter.

Aktivitas di Tepian Mahligai

Sumber: Instagram@sriindriani_adek

Selain bisa berswafoto, di Tepian Mahligai kamu bisa mencoba berbagai wahana air seperti bebek dayung, bola air, dan susur danau menggunakan speed boat. Biayanya pun tidak terlalu mahal, karena pengelola hanya mematok harga antara 15 hingga 20 ribu rupiah untuk setiap wahana. Untuk para pengunjung yang membawa si buah hati, di sana pun banyak terdapat wahana yang ramah anak. Jika bosan, kamu juga bisa mengajak si buah hati untuk berenang di waduk, karena pengelola sudah menyiapkan tempat khusus semacam kolam renang di dalam waduk.

Sumber: Instagram @idhaamkhalid

Jika masih belum puas menikmati setiap jengkal keindahan di Tepian Mahligai, para pengunjung bisa menginap dengan mendirikan tenda. Harga sewa tenda dan peralatan penunjang lainnya juga cukup terjangkau.

Fasilitas Penunjang di Tepian Mahligai

Sumber: Instagram@raf2909

Sejak awal tahun 2019 yang lalu Tepian Mahligai mendapat pehatian lebih dari pemerintah. PT PLN (Persero) melalui program corporate social responsibility (CSR) pun turut ikut berperan penting dalam pengembangan Tepian Mahligai sebagai tempat wisata umum. Sehingga fasilitas penunjang di Tepian Mahligai pun sangat lengkap. Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan toilet, tempat ibadah, atau pun kamar ganti. Jadi tunggu apa lagi, segera luangkan waktumu untuk berlibur ke Tepian Mahligai bersama dengan keluarga atau pun pasangan hidup, jika memang ada.

 

Sumber Featured Image: Instagram @sarah.hasbie

Comments

Loading...