OUR NETWORK

Pantai Muara Kedurang, Indahnya Patai Air Asin dan Air Tawar

 

Indonesia adalah negeri yang kaya. Tidak hanya kaya akan budayanya saja, melainkan juga kaya akan wisata alamnya. Banyak sekali tempat-tempat indah bermunculan satu-persatu, memghadirkan pesona yang sayang untuk anda lewatkan.

Semakin cepat informasi dan akses jalan yang semakin baik, membuat tempat wisata yang awalnya sepi menjadi ramai dikunjungi. Langsung menjadi viral lantaran bantuan media sosial yang seakan saling melengkapi satu sama lain.

Sumber: steemit.com

Seperti halnya, saat anda mengunjungi Bengkulu. Dimana, kawasan ini terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satunya adalah Muara Kedurang yang saat ini cukup hits di kalangan wisatawan.

Mengenal Pantai Muara Kedurang

Bagi anda yang masih belum mendengar nama ini, Pantai Muara Kedurang memiliki sebuah keunikan dimana kawasan ini mempunyai dua air sekaligus. Air tawar dan air laut yang tidak banyak dimiliki oleh kawasan lainnya. Selain pesona pantai anda juga akan disuguhkan dengan air terjun nan cantik jelita yang sumber airnya berasal dari Sungai Sebiris.

Sumber: Blog Junita Susanti

Ada air kolam alami yang terbentuk dari muara sungai. Air nya cukup bersih dengan pepohonan hijau yang menjulang yang membuat pemandangan menjadi sangat asri. Bercampur dengan pasir yang super lembut membuat air sungai ini tidak terlalu keruh. Biasanya wisatawan dewasa memanfaatkannya untuk berenang dan melakukan clift jumping dari atas. Airnya cukup dingin namun menyegarkan. Cocok bagi anda yang berkunjung sekitar pukul 10 keatas. Dimana, sinar matahari belum terlalu terik dan masih ramah dengan kulit anda. Tidak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak pun juga berenang bersenang-senang di tempat ini. Mereka juga bisa menyewa ban yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Keadaan Warga Sekitar

Sumber: Instagram @olyvia_ugi

Tidak hanya sebagai kawasan pariwisata saja, Pantai Muara kendurang juga sebagai tempat mencari nafkah. Mereka selalu mengharapkan banjir bandang terjadi di kawasan ini dimana beberapa dari mereka bermatapencaharian sebagai pengumpul batu kali. Batu ini sangat besar seukuran kepala orang dewasa.

Sumber: Instagram @hildaparistadut

Batu ini akan diangkut untuk pembangunan rumah warga. Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik lain dari objek wisata ini. Menariknya, para warga disini sangat ramah dan bersahaja. Sehingga, anda tidak akan merasa asing dengan mereka. Bahkan bisa dikatakan mereka seperti saudara anda sendiri.

Camping Area

Kawasan ini juga bisa anda manfaatkan untuk menikmati malam yang dingin. Disini, anda akan dimudahkan dengan berbagai macam kayu dan ranting yang berjatuhan. Sehingga, cukup mudah membuat api unggun di kala malam.

Cara Menuju ke Objek wisata

Pantai Muara Kedurang terletak di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Bunga Mas, Dan Desa Lubuk Ladung, Kecamatan Kedurang Ilir. Dengan kata lain, kawasan ini memang sebagai pembatas dua daerah yang berbeda.

Sumber: Instagram @riskydwicahyani_

Bila anda berasal dari luar pulau sumatera, anda bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan pesawat terlebih dahulu dan turun di Bandara Fatmawati Soekarno. Jarak yang ditempuh dari tempat ini kurang lebih 141 km atau estimasi waktunya kurang lebih 3 jam 12 menit. Melalui jalan lintas barat sumatera. Untuk harga tiket masuknya anda hanya akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah saja.

Penginapan Sekitar

Menikmati Pantai Muara Kandang dan Bengkulu memang membutuhkan waktu yang panjang. Bagi anda yang ingin berlama-lama disini, anda wajib menginap di berbagai penginapan yang sudah tersedia disini.

Sumber: Instagram @wulanraahayu

Salah satu rekomendasinya adalah Hotel Marina yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, tanjung Mulia, Ps. Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu. Jarak menuju ke titik lokasi hanya 21 menit dengan jarak yang ditempuh kurang lebih 17,2 kilometer

Tips

Nah, berkunjung ke tempat ini memang tidak boleh sembarangan, anda juga harus melihat faktor cuaca yang kadang tidak bersahabat. Bila sudah mendung, alangkah baiknya menghentikan aktifitas mandi. Karena, kawasan ini tiba-tiba akan terjadi banjir kiriman yang membahayakan. Selain itu, lebih baik bila mempersiapkan semua perbekalan dari rumah, karena disini masih belum ramah untuk warung yang berdiri.

Pesona Bengkulu memang tiada duanya. Tidak kalah dengan pesona yang dihadirkan kota lainnya. Apalagi, Pantai Muara Kedurang ini bisa menjadi sebuah bukti bahwa Bengkulu wajib anda jadikan sebagai daftar kunjungan saat datang liburan atau cuti kerja. Jika mereka sudah, lalu kapan anda akan berkunjung ke tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…