Pantai Ngerenehan – Pantai Cantik Nan Eksotis Dibalik Bukit

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi keindahan alam yang sangat besar. Kawasan Selatan yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia membuat pantai pantai di Yogyakarta sangat mempesona. Salah satu Kabupaten yang terkenal dengan keindahan pantainya di Yogyakarta adalah Kabupaten Gunung Kidul. Kabupaten Gunung Kidul layak dinobatkan sebagai daerah yang memiliki pantai eksotis terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai dari Pantai Nglambor, Pantai Pok Tunggal, Pantai Wediombo, Pantai Jogan dan ada lebih dari 50 pantai lainnya berada di Kabupaten Gunung Kidul.

Salah satu pantai indah yang berada di Kabupaten Gunung Kidul adalah Pantai Ngrenehan. Pantai ini berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kira – kira sekitar 30 KM jaraknya dari Wonosari. Pantai Ngrenehan memiliki kaitan dengan sebuah kisah yang dipercaya oleh warga sekitar secara turun temurun. Konon nama Pantai Ngrenehan ini diberikan oleh Raden Patah yang merupakan seorang raja pertama dari Kerajaan Demak. Diceritakan, Raden Patah pernah mencari ayahnya yang lari dari istana ke pantai ini. Kemudian munculan istilah pangrena (Bahasa Jawa) yang dalam bahasa Indonesia berarti ajakan. Dari situ kemudian munculah nama dari kawasan ini menjadi Ngrenehan yang artinya “marilah ke sini”.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Google Maps @christa satria parama yudha

Untuk dapat masuk ke Pantai Ngrenehan para wisatawan hanya dikenakan tarif yang tergolong murah, yaitu Rp 5.000 per orang. Tarif tersebut belum termasuk tiket parkir yaitu Rp 3.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, bus sedang Rp 15.000 dan bus besar Rp 20.000.
Pantai Ngrenehan memiliki panjang garis pantai sekitar 100 meter, meskipun kecil namun pemandangan yang dimiliki tidak kalah menakjubkan dari pantai lainnya. Hamparan pasir putih dan latar belakang bukit kapur menghiasi pemandangan pantai ini. Tak jarang Pantai Ngrenehan sering dijadikan sebagai lokasi foto pra-wedding.

Sumber Gambar: Google Maps @Reza Rahman

Pantai Ngrenehan merupakan sebuah teluk yang dikelilingi oleh perbukitan. Bentuk teluk ini semakin terlihat jika wisatawan melihatnya dari atas bukit yang mengelilingi Pantai Ngrenehan. Di sepanjang tebing bukit dipenuhi oleh fosil kerang. Banyak wisatawan yang mengabadikan panorama yang indah ini melalui kamera ataupun drone. Para penduduk sekitar Pantai Ngrenehan banyak yang berprofesi sebagai nelayan, tak heran di sekitar pantai banyak nelayan yang menjual hasil tangkapan lautnya. Harga yang ditawarkan pun dibawah pasaran dan ikan yang dijual beragam jenisnya serta masih segar karena baru ditangkap oleh nelayan.

Sumber Gambar: Google Maps @Firgita Febriyani

Selain itu, para wisatawan juga dapat memesan ikan goreng dan bakar yang sudah siap disajikan. Jenis ikan dan hasil laut lainnya yang tersedia disana beragam mulai dari ikan kakap, ikan kue, udang, cumi, lobster dan kepiting. Jika datang di bulan purnama atau Hari Raya Nyepi, para wisatawan dapat menyaksikan upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat penganut agama Hindu di sekitar Pantai Ngrenehan. Beberapa tempat di Yogyakarta memang masih melestarikan budaya dari nenek moyang termasuk di Pantai Ngrenehan.

Sumber Gambar: inibaru.id

Budaya di pantai ini disebut dengan labuhan laut atau sedekah laut yang bermula pada tahun 1980-an ketika banyaknya nelayan di Pantai Baron yang memutuskan beralih pindah ke Pantai Ngrenehan. Setelah dari situ tradisi ini berkembang dan menjadi tradisi tahunan yang tetap dilestarikan oleh warga sekitar Pantai Ngrenehan. Tradisi ini dilakukan dengan cara membawa tandu berbentuk ayam jago. Kemudian masyarakat mengisinya dengan aneka sesajian. Sebelum prosesi dilakukan, sang juru kunci akan menaiki batu karang dan duduk bersila kemudian memanjatkan doa.

Tradisi labuhan laut dimulai dengan melakukan prosesi kirab yang dilakukan oleh para perangkat desa, nelayan dan masyarakat umum. Kemudian tandu tersebut dibawa ke tepi pantai untuk selanjutnya diletakan di atas perahu. Selanjutnya sebagian masyarakat ikut naik perahu yang dibatasi sesuai dengan kapasitas perahu tersebut. Pantai Ngrenehan merupakan tempat wisata yang memiliki panorama alam yang indah. Hamparan pasir putih dikombinasikan dengan bukit bukit yang mengelilingi pantai membuat tempat wisata ini menjadi salah satu pantai yang tidak boleh terlewat apabila para wisatawan. Selain itu Pantai Ngrenehan memiliki budaya tradisi yang unik sebagai bentuk menyampaikan rasa terima kasih kepada Tuhan.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.