OUR NETWORK

Pantai Nusi Nabire, Surga yang Dirindukan di Timur Indonesia

Source Image: matamatanews.com

Alam Papua tak pernah berhenti mengundang decak kagum, terutama mengenai pegunungannya. Bahkan di tanah Papua ada salju abadi sekaligus satu-satunya di Indonesia, tepatnya di puncak pegunungan Jayawijaya. Selain gunung, keindahan alam Papua juga terpancar berkat pesona pantainya yang sangat eksotis, salah satunya adalah Pantai Nusi di Nabire. Bagaimana, apakah teman traveler pernah ke sana?

Lokasi Pantai Nusi

Sumber: Instagram @judithhutapea

Lokasi pantai yang satu ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Nabire, kira-kira hanya berjarak 35 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Apabila ditinjau secara administratif, Pantai Nusi masuk dalam wilayah Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Papua. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada hari libur atau akhir pekan.

Daya Tarik Utama Pantai Nusi

Sumber: Instagram @edosaputra1

Jika kebanyakan pantai memiliki pasir putih yang lembut, berbeda halnya dengan yang ada di Pantai Nusi. Di sana para wisatawan justru akan berjumpa dengan pesisir yang berselimutkan pasir berwarna kehitaman, dan hal itulah yang menjadi keunikan tersendiri dari pantai yang satu ini. Di sekitar pantai tumbuh pepohonan khas pesisir, salah satunya adalah pohon kelapa. Memang tidak selebat jenis pohon yang lainnya, namun keberadaan pohon kelapa di pesisir Pantai Nusi bisa menjadi penyejuk di saat matahari sedang bersinar terik.

Sumber: Instagram @edosaputra1

Laut di sekitar Pantai Nusi juga masih sangat jernih dengan warna kebiruan yang menawan hati. Di dalamnya tumbuh berbagai terumbu karang dan biota laut lainnya, seperti ikan dan kuda laut. Pesona Pantai Nusi juga semakin menawan berkat keberadaan Pulau Nusi yang berada di seberangnya.

Tidak Ada Salahnya Mampir ke Pulau Nusi

Sumber: Instagram @pacetokikasar

Para wisatawan di Pantai Nusi juga biasanya akan menjadikan Pulau Nusi sebagai salah satu tujuan kunjungannya. Pulau yang tak berpenghuni ini memiliki suasana yang sangat tenang dan memberikan kesan damai tak berkesudahan. Pepohonan hijau menjadi ornament pulau yang berada di sebelah utara Pantai Nusi tersebut. Untuk menuju ke sana, para wisatawan harus menyewa perahu motor kecil di Pantai Nusi dengan biaya sebesar 200 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi. Walau pun cukup mahal, namun pemandangan yang disajikan selalu membuat para wisatawan penasaran untuk datang mengunjunginya.

Snorkeling di Pantai Nusi

Setelah puas berkunjung dan menjelajah setiap sudut Pulau Nusi, para wisatawan biasanya akan kembali ke Pantai Nusi untuk selanjutnya snorkeling atau hanya sekedar berenang di pantai. Cantiknya alam bawah laut di perairan sekitar Pantai Nusi menjadikan snorkeling adalah aktifitas wajib yang harus dilakukan para wisatawan. Soal peralatan snorkeling tidak perlu khawatir, karena di sekitar pantai telah banyak tempat penyewaan alat-alatnya.

Apabila tidak ingin basah-basahan, duduk bersantai sembari minum air kelapa muda juga bisa menjadi pilihan. Mengambil beberapa gambar landscape pantai yang satu ini juga bisa menjadi aktifitas menarik yang bisa dilakukan.

Harga Tiket Masuk Pantai Nusi

Sumber: Instagram @nabirepapuaid

Pantai Nusi telah dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Nabire, sehingga para wisatawan yang datang berkunjung diwajibkan untuk membayar biaya retribusi. Menurut informasi yang didapatkan, setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 30 ribu hingga 50 ribu rupiah per orang. Harga berubah-ubah sesuai dengan kebijakan pihak pengelola.

Fasilitas

Sumber: idntimes.com

Tingginya harga tiket juga sebanding dengan fasilitas dan pesona yang ditawarkan oleh Pantai Nusi. Di sana telah tersedia toilet dan kamar bilas yang cukup bersih, juga ada beberapa tempat sampah yang terletak di setiap sudut pantai. Ada juga beberapa warung yang menjajakan minuman dan makanan ringan di sekitar Pantai Nusi, jadi para wisatawan tidak perlu lagi khawatir jika rasa lapar datang melanda.

Penginapan

Sayangnya di sekitar Pantai Nusi belum tersedia tempat penginapan. Sehingga satu-satunya cara untuk bisa bermalam di pantai cantik tersebut adalah dengan berkemah. Hanya saja untuk berkemah para wisatawan harus menyewa peralatannya di Kota Nabire, karena di sekitar lokasi masih belum dijumpai tempat penyewaan alat-alat outdoor.

Terlepas dari ketiadaan tempat penginapan, pesona yang disuguhkan oleh Pantai Nusi sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi kamu yang bermukim di sekitar Nabire, sempatkanlah sesekali berkunjung ke pantai yang satu ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…