OUR NETWORK

Air Terjun Sasnek, Keindahan di Pedalaman Papua yang Ditemukan TNI

Source Image: Instagram @pace_kribo

Keindahan alam Papua tidak pernah bisa dilukiskan dengan kata-kata. Kalau pun bisa, itu tidak akan pernah menggambarkan sepenuhnya tentang keindahan alam Bumi Cendrawasih. Lembah Baliem yang sangat mempesona, Gunung Jayawijaya dengan salju abadi di puncaknya, hingga Danau Sentani, hanyalah sebagian kecil dari keindahan alam Papua. Di pedalaman Bumi Cendrawasih banyak keindahan alam yang belum terjamah, salah satunya adalah Air Terjun Sasnek.

Ditemukan Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Sumber: Instagram @ondenk_sakau

Walau pun sudah bersemayam di Bumi Cendrawasih sejak lama, namun Air Terjun Sasnek baru ditemukan pada 2003 yang lalu. Air terjun ini pun ditemukan secara tidak sengaja oleh para anggota TNI yang sedang melaksanakan ekspedisi di Sorong Selatan, Papua. Namun, sejak ditemukan air terjun ini tidak langsung menjadi tujuan wisata, barulah pada 2014 yang lalu Air Terjun Sasnek dibuka untuk umum sebagai salah satu tujuan wisata di Sorong Selatan.

Lokasi dan Akses Menuju ke Air Terjun Sasnek

Sumber: Okezone

Secara geografis Air Terjun Sasnek berada di tengah hutan hujan tropis Papua, yang masih termasuk ke dalam wilayah Kampung Sasnek, Distrik Sawiat, Kabupaten Sorong Selatan, Papua. Dari pusat Kota Sorong, perjalanan menuju ke Kampung Sasnek membutuhkan 2,5 jam perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan roda empat. Perjalanan menuju ke kampung tersebut juga cukup berat, karena tidak semua jalanan teraspal mulus, ada kalanya harus melewati jalan yang masih berupa tanah merah. Kondisi akan semakin sulit saat musim penghujan, yang mana jalan yang belum teraspal akan berubah menjadi lumpur.

Sesampainya di Kampung Sasnek, para wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan menembus hutan belantara sejauh 2 km dengan waktu trekking kurang lebih selama 30 menit. Selama trekking wisatawan akan melewati perbukitan dan sesekali melewati sungai-sungai kecil.

Pesona Air Terjun Sasnek

Sumber: Instagram @ammarir

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, semuanya akan langsung terbayar ketika sampai di Air Terjun Sasnek. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan lebar kurang lebih 7 meter, dengan aliran air yang tidak terlalu deras, bahkan bisa dibilang alirannya seperti sebuah hujan abadi. Di puncak air terjun terdapat pepohonan hijau, sehingga seolah-olah air keluar dari akar-akar pepohonan tersebut.
Tepat di bawah air terjun terdapat kubangan air mirip seperti kolam yang tak terlalu dalam, dengan dasar yang berwarna kecoklatan. Air yang menyegarkan membuat wisatawan selalu tergoda untuk bermain air tepat di bawah air terjun.

Harga Tiket Masuk

Sumber: Instagram @marniaresi

Untuk bisa menikmati Air Terjun Sasnek, para wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk yang dihitung per kendaraan. Apabila masuk Kampung Sasnek dengan menggunakan kendaraan roda empat, mereka akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 100 ribu rupiah dan hanya 50 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua.

Fasilitas yang Minim

Sumber: Instagram @erik_purnk

Hanya saja lokasinya yang jauh di pedalaman hutan Papua membuat Air Terjun Sasnek tidak tersentuh oleh pembangunan. Fasilitas untuk para pengunjung di air terjun tersebut juga masih sangat minim. Belum tersedia toilet atau kamar bilas yang bisa digunakan oleh para wisatawan.

Sumber: Instagram @menn_ho

Di lokasi tersebut juga belum tersedia warung-warung yang menjual makanan. Oleh sebab itu, wisatawan diharuskan membawa perbekalan sendiri apabila hendak berkunjung ke air terjun tersebut, terutama air putih, karena medan yang cukup sulit akan membuat tubuh bercucuran keringat dan dehidrasi.

Penginapan

Tidak ada penginapan khusus yang diperuntukkan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Sasnek. Sehingga mereka harus memperhitungkan jam kunjungan ke air terjun tersebut, agar tidak kemalaman ketika kembali. Disarankan untuk berkunjung ke Air Terjun Sasnek pada pagi hari, yang mana udara masih terasa sangat sejuk dan segar khas pegunungan, dan mereka juga memiliki banyak waktu untuk bisa menikmati panorama yang disuguhkan.

Itulah sekilas ulasan tentang Air Terjun Sasnek di pedalaman Sorong Selatan. Tidak perlu berlibur jauh ke luar negeri, karena Indonesia sudah diberkati dengan keindahan alam yang menawan, bahkan mungkin tidak akan dimiliki oleh negara lainnya. Jaga selalu kelestarian alam Indonesia, sebagai warisan unuk anak cucu di masa yang akan datang.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…