OUR NETWORK

Pulau Ngav, Surga yang Terpencil di Maluku

Source Image: Channel News Asia

Maluku menyimpan begitu banyak pemandangan alam yang menawan, terutama mengenai pantai dan deretan pulau-pulau eksotis yang mengapung di tengah Laut Banda. Banyak pulau di Maluku yang tak berpenghuni, menghadirkan suasana yang damai dan sepi, sehingga sangat cocok untuk mereka yang memang ingin mencari ketenangan diri. Nah, bagi yang bermukim di Maluku Tenggara, ada Pulau Ngav yang juga masih sepi dan menyimpan pemandangan alam yang masih sangat alami.

Lokasi Pulau Ngav

Sumber: Instagram @ruthpurnamasari

Nama Pulau Ngav memang belum terlalu dikenal dikalangan para wisatawan, bahkan untuk warga Maluku Tenggara itu sendiri. Hal tersebut tidak lepas dari lokasi pulau yang terpencil di Laut Banda, berada di antara Pulau Er dan Pulau Godon. Secara administratif Pulau Ngav berada di Kepulauan Kei, Maluku. Lokasinya yang cukup terpencil membuat wisatawan harus melalui perjalanan panjang sebelum akhirnya sampai di pulau eksotis yang satu ini.

Sumber: Instagram @ruthpurnamasari

Ambil contoh perjalanan dari Ibu Kota Maluku, Ambon, wisatawan harus menggunakan pesawat terbang menuju Kota Langgur di Kei Kecil, Maluku Tenggara. Sesampainya di Langgur, perjalanan masih harus dilanjutkan menuju ke Desa Ohoidertawun menggunakan transportasi darat, dengan menempuh jarak sejauh 15 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Kemudian dari desa tersebut wisatawan harus menuju ke pelabuhan untuk menyewa kapal menuju ke Pulau Ngav.

Pulau Ngav yang Masih Sepi

Sumber: Instagram @ruthpurnamasari

Besarnya biaya transportasi membuat tak banyak wisatawan memilih untuk menghabiskan waktu liburnya di Pulau Ngav. Oleh sebab itu, pulau ini benar-benar sepi, sehingga menciptakan suasana yang tenang dan teramat damai. Cocok bagi mereka yang ingin menenangkan pikiran, melarikan diri sejenak dari penatnya aktifitas sehari-hari.
Akan tetapi, sepinya Pulau Ngav membuat pulau ini masih terlihat sangat alami dan begitu menawan. Di tengah-tengah pulau ditumbuhi pepohonan hijau yang cukup lebat, kemudian pasir pantainya juga masih sangat bersih. Untuk air lautnya pun demikian, sangat bening dengan gradasi warna kebiruan yang terlihat semakin mempesona di pandang mata.

Menjelajahi Sekitar Pulau Ngav

Sumber: bratahungan.blogspot.com

Kondisi laut yang tenang dan air yang jernih akan sangat menggoda para wisatawan untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Bagi para pecinta taman bawah laut, bisa juga menyalurkan hobinya dengan cara snorkeling di sekitar perairan Pulau Ngav, melihat terumbu karang yang tumbuh subur dan menjadi rumah bagi puluhan bahkan ratusan ikan yang berwarna-warni.

Puas berenang atau snorkeling, para wisatawan juga bisa menghabiskan waktu dengan cara mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Ngav. Setidaknya ada tiga rekomendasi pulau yang bisa dikunjungi, yaitu Pulau Er, Pulau Ngodan, dan Pulau Nai, yang di mana masing-masing pulau memiliki panorama yang berbeda-beda, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

Mengabadikan Keindahan Pulau Ngav dengan Kamera

Berkunjung ke Pulau Ngav belum lengkap apabila tidak mengabadikan keindahannya dalam jepretan foto. Banyak landscape menawan di Pulau Ngav yang bisa menjadi latar foto terbaikmu. Dijamin, hasilnya bakal instagramable! Selain itu, mengabadikan keindahan Pulau Ngav juga bisa mengobati kerinduan akan pulau ini, yang bisa datang sewaktu-waktu. Lokasinya yang cukup terpencil dan mahalnya biaya transportasi menuju ke Pulau Ngav mmebuat tak semua wisatawan bisa kembali berkunjung ke pulau tersebut.

Sebelum Kembali, Mampir ke Dullah untuk Menyantap Makanan Khas Maluku

Sumber: makanan-indonesia.weebly.com

Di Pulau Ngav tidak ada penginapan yang bisa digunakan para wisatawan untuk bermalam. Sehingga satu-satunya cara untuk bermalam di pulau tersebut adalah dengan cara mendirikan tenda. Akan tetapi ketiadaan fasilitas membuat para wisatawan mayoritas akan kembali ke Desa Ohoidertawun usai puas berlibur di Pulau Ngav.

Untuk mengobati rasa lapar usai seharian bersenang-senang di Pulau Ngav, tidak ada salahnya mencoba makanan khas Maluku di Dullah, Kota Tual. Di sana para wisatawan bisa mencoba makanan khas Maluku seperti embal, lad, sisir, asar, papeda, dan kue langar. Dijamin, cita rasa yang unik dan khas akan membuatmu ketagihan!

Itulah sekilas ulasan mengena Pulau Ngav, yang berada di Maluku. Sebelum berkunjung, pastikan telah menyusun rencana matang-matang dan mempersiapkan budgetnya. Selamat Berlibur!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…