OUR NETWORK

Goa Hawang yang Menyimpan Arwah dan Kutukan di Maluku

Source Image: Travellink Indonesia

Maluku dan pantai adalah dua hal yang tidak pernah bisa dipisahkan. Alasannya apa lagi kalau bukan karena saking banyaknya wisata pesisir di sana. Pulau-pulau tak berpenghuni juga banyak yang tercecer di perairan Maluku. Pokoknya cantik-cantik pulaunya!
Tapi, Maluku tidak hanya tentang pesisir, di sana juga ada goa yang cantik sekaligus misterius. Namanya adalah Goa Hawang, yang terletak di Maluku Tenggara.

Goa Penuh Misteri dan Menyimpan Kutukan

Sumber: Instagram @cenjkt

Goa Hawang, sekilas tidak ada yang aneh jika mendengar nama goa tersebut. Akan tetapi bagi kamu yang tinggal di Maluku dan sekitarnya, nama goa yang satu ini pasti terdengar cukup aneh dan bikin ngeri. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, Goa Hawang berarti Goa Arwah, yang mana penamaan itu tidak lepas dari keyakinan masyarakat sekitar bahwa goa adalah tempat yang dihuni oleh arwah para leluhur.

Cerita tentang Goa Hawang juga semakin ngeri dengan adanya mitos mengenai batu yang terkutuk di dalamnya. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, di dalam Goa Hawang terdapat batu yang menyerupai seorang pemburu dengan membawa tombak bersama kedua anjingnya. Dikisahkan bahwa pada zaman dahulu ia adalah seorang pemburu babi hutan. Suatu ketika, ia sedang berburu bersama dengan kedua anjingnya, dan kehilangan jejak buruannya di dalam goa. Setelah kehilangan jejak, ia yang sudah lelah coba meminum air yang berada di dalam goa. Sayangnya air di dalam goa terasa pahit, dan ia pun marah sembari mengucapkan kata sumpah serapah. Para penghuni goa pun tidak terima dengan ucapan sang pemburu tersebut, hingga akhirnya ia bersama kedua anjingnya dikutuk menjadi batu.

Keindahan Goa Hawang dan Kolam Renang Alami

Sumber: Pegi Pegi

Dibalik misterinya, Goa Hawang tetaplah goa yang sangat indah, bahkan bisa dibilang terindah di Indonesia Timur. Goa ini memiliki stalagtit dan stalagmit menawan, yang tercipta melalui proses ribuan tahun. Di dalamnya juga terdapat kolam alami dengan air yang sangat jernih, bahkan saking jernihnya dasar kolam tersebut bisa terlihat walau hanya dengan mata telanjang. Kolam tersebut juga memiliki warna kebiruan, yang semakin menggoda para pengunjung untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Sumber: Pegi Pegi
Sumber: Instagram @hardyzk

Keberadaan kolam itu disebabkan oleh adanya sumber mata air yang berasal dari sungai bawah tanah di dalam Goa Hawang. Di dasar kolam tersebut juga terdapat dua lubang yang saling terhubung satu sama lain. Jadi, jika kamu masuk dan menyelam melalui lubang yang satu, kamu akan muncul di lubang yang lainnya.

Cara Terbaik Menikmati Goa Hawang

Sumber: Instagram @asrialdilaputri
Sumber: Instagram @simplysantos

Keberadaan kolam alami dengan air yang sangat jernih dan menyegarkan membuat berenang adalah aktifitas yang wajib dilakukan di Goa Hawang. Hanya saja bagi wanita yang sedang haid atau mengalami menstruasi dilarang untuk berenang atau bahkan memasuki Goa Hawang. Bagi kamu yang berencana berenang di dalam Goa Hawang, jangan lupa untuk mempersiapkan pakaian ganti.

Lokasi Goa Hawang

Sumber: Instagram @andrikuspurnama

Goa yang satu ini berada di Desa Letvuan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Akses menuju ke sana tidak terlalu sulit, kali ini ambil contoh dari Jakarta. Dari Bandara Soekarno-Hatta, kamu bisa menggunakan pesawat terbang jurusan Bandara Dumatubun, Langgur, Maluku Tenggara. Dari bandara, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan bermotor menuju ke Desa Letvuan dengan jarak 15 km, kira-kira membutuhkan waktu tempuh selama 20 hingga 30 menit.

Menginap di Coaster Cottage

Sumber: Flickr

Setelah puas bersenang-senang di Goa Hawang, para wisatawan bisa menginap di Coaster Cottage, yang terletak di sekitar Pantai Pasir Panjang, lokasi persisinya berada di Ohoililir, Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Ini adalah homestay favorit para wisatawan di Maluku Tenggara, karena memiliki bangunan tradisional yang menghadap langsung ke laut lepas. Selain itu, homestay ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan bisa memanjakan para pengunjung. Untuk melakukan pemesanan atau reservasi para pengunjung bisa menghubungi kontak 0813-4347-2978.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Goa Hawang? Boleh-boleh saja berlibur dan bersenang-senang di goa tersebut, namun sopan santun tetap harus dijaga demi menghormati penghuni yang lainnya.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…