OUR NETWORK

Melarikan Diri Sejenak di Pantai Sembunyi Maluku Tenggara Barat

Source Image: Instagram @willi_ivakdalam.f4vr

Saatnya rehat dan refreshing sejenak, setelah hampir seminggu harus menghadapi pekerjaan yang menumpuk dan tiada henti. Mumpung sedang berada di Maluku Tenggara Barat, tidak ada salahnya kamu coba mengunjungi Pantai Sembunyi, yang terletak di Saumlaki. Namanya memang unik, tapi pesonanya dijamin tidak akan pernah mengecewakanmu. Yuk, langsung saja berlibur ke Pantai Sembunyi!

Asal Usul Nama Pantai Sembunyi

Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti, kenapa pantai ini dinamakan demikian. Pantai Sembunyi adalah nama yang diberikan oleh warga sekitar, merujuk pada lokasi pantai yang tersembunyi di balik dua tebing karang yang berdiri kokoh.

Sumber: Instagram @yourizbatlolona014

Konon, pantai ini ditemukan oleh seorang bandit yang bernama Bung Amus. Menurut penuturan, Bung Amus adalah seorang bandit yang terkenal jahat dan suka mabuk-mabukan, hingga akhirnya dia menjadi target incaran polisi. Ketika sedang dikejar oleh polisi, Bung Amus memilih untuk kabur ke pantai ini. Lokasinya yang cukup terpencil membuat pihak kepolisian gagal menemukan tempat persembunyiannya. Setelah dirasa aman, ia kemudian keluar dari tempat persembunyiannya dan menuju ke Pulau Satu, untuk mencuri ikan dari tambak-tambak milik warga untuk dimasak.

Lokasi Pantai Sembunyi

Secara geografis Pantai Sembunyi terletak di Tanjung Boina, bersemayam dengan damai di balik kokohnya tebing karang Pulau Astubun, Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. Kamu pun hanya bisa mengunjungi pantai yang satu ini melalui jalur laut. Caranya adalah dari pusat Kota Saumlaki, perjalanan harus dimulai dengan menggunakan kendaraan bermotor menuju ke Pantai Kelyar, dan para wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar 8 ribu rupiah untuk memasuki kawasan pantai tersebut.

Sumber: Instagram @willi_ivakdalam.f4vr

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menggunakan long boat atau perahu kayu panjang dengan penggerak mesin motor menuju ke Pantai Sembunyi. Perjalanan membelah laut Maluku akan terasa menyenangkan, karena sepanjang mata memandang yang terlihat adalah laut biru jernih dengan deretan pulau-pulau kecil yang tampak mengambang di tengah laut. Setelah 30 menit membelah laut, kamu akan tiba di Pantai Sembunyi.

Ada Dua Pintu Masuk ke Pantai Sembunyi

Sumber: Instagram @andhikamsptr

Untuk memasuki kawasan Pantai Sembunyi ada dua cara, yakni melalui samping dengan cara memanjat tebing karang atau lewat depan. Akses melalui depan pantai hanya bisa dilakukan ketika air laut pasang dan ombak yang tenang, begitu pun sebaliknya ketika lewat samping dengan memanjat tebing yang hanya bisa dilakukan ketika air laut surut dengan ombak yang besar.

Apabila harus melalui jalur samping dengan memanjat tebing karang, pastikan kamu menggunakan alas kaki yang nyaman dan empuk, untuk melindungi kaki dari goresan tebing karang yang tajam. Kira-kira butuh waktu 15 menit untuk mendaki tebing karang, sebelum akhirnya sampai di Pantai Sembunyi.

Pesona Pantai Sembunyi

Sumber: Instagram @thony_nara

Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan dan bercucuran keringat, kamu akan langsung dimanjakan dengan pesona Pantai Sembunyi ketika tiba. Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih, dengan pepohonan yang cukup lebat di belakangnya. Pokoknya, pantai ini sangat instagramable untuk dijadikan latar belakang foto.

Sumber: Instagram @yohanisputtinela

Banyak cara untuk menghabiskan waktu di Pantai Sembunyi, terutama dengan berenang dan snorkeling. Bagi kamu yang suka dengan pemandangan bawah laut, wajib coba snorkeling di perairan sekitar Pantai Sembunyi. Dijamin bakal betah, melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik.

Menikmati Lukisan Alam dari Puncak Tebing

Apabila tidak ingin basah-basahan, kamu juga bisa memanjat tebing karang untuk menuju ke Monumen RI. Itu adalah titik tertinggi di Saumlaki, sehingga kamu bisa melihat dengan lebih sempurna deretan pantai dan pulau-pulau yang ada di sekitar. Sangat cantik dan mempesona!

Penginapan

Lokasinya yang terpencil membuat pantai ini sama sekali tidak memiliki tempat penginapan yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk bermalam. Oleh sebab itu, mereka biasanya akan kembali ke Pantai Kelyar, untuk kemudian mencari penginapan di sekitar Kota Saumlaki. Di sana ada beberapa homestay atau hotel dengan harga sewa yang cukup terjangkau, seperti Hotel Harapan Indah dengan biaya sewa 400 hingga 750 ribu rupiah, tergantung dari fasilitas yang dipilih. Kemudian ada pula Hotel Incla dengan harga sewa 300 hingga 650 ribu rupiah, dan Hotel Galaxy dengan biaya sewa mulai dari 300 sampai 500 ribu rupiah.

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Sembunyi di Saumlaki. Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…