OUR NETWORK

Pantai Pasir Putih Ulee Rubek, Pantai yang Sempat Dirusak Gelombang Tsunami

Source Image: Instagram @bambanghandoyo

Aceh adalah salah satu provinsi yang dianugrahi dengan pemandangan alam yang menawan dan menyejukkan mata. Berada di Aceh tak akan lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi gunung, deretan pulau, dan pantai yang sangat indah di provinsi paling ujung barat dari Pulau Sumatera ini. Akan tetapi keindahan pantai Aceh sempat dirusak oleh bencana dahsyat berupa gelombang tsunami setinggi puluhan meter yang terjadi pada Desember 2004 yang lalu. Tak hanya merusak keindahan pantai di Aceh, gelombang tsunami tersebut juga memakan ratusan ribu korban jiwa yang tak berdosa.

Sudah 15 tahun berlalu, kini Aceh sudah mulai kembali menata kehidupannya agar seperti sedia kala, dan tempat wisata yang sempat diporak-porandakan tsunami pun kembali muncul menampakkan keindahannya. Dari sekian banyak pantai yang sempat dirusak oleh gelombang tsunami, salah satunya adalah Pantai Pasir Putih di Ulee Rubek.

Lokasi Pantai Pasir Putih Ulee Rubek

Pantai Pasir Putih Ulee Rubek berada di kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, atau berjarak sekitar 46 km dari Kota Lhokseumawe. Bagi para pengunjung yang datang dari kota Lhokseumawe, mereka bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi pantai dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit dengan kondisi lalu lintas normal. Jika menggunakan angkutan umum untuk menuju ke lokasi pantai, para pengunjung biasanya akan dikenakan tarif sebesar 5 hingga 20 ribu rupiah, tergantung jarak.

Sumber: Instagram @rudy_wijaya10

Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup panjang, namun para pengunjung dijamin tak akan pernah merasa bosan. Karena selama di perjalanan, mereka akan disuguhi pemanadangan areal persawahan hijau yang menyejukkan mata. Kondisi jalanan yang sudah diaspal juga membuatmu semakin nyaman untuk berkendara menuju ke Pantai Pasir Putih Ulee Rubek.

Keindahan Pantai Pasir Putih Ulee Rubek

Sumber: steemit.com

Seperti namanya, kamu akan langsung disambut oleh hamparan pasir putih ketika sampai di lokasi pantai. Pasir putih yang lembut tak jarang mampu menghipnotis para pengunjung untuk segera bermain pasir sembari menikmati suara deburan ombak dan angin yang sepoi-sepoi.

Pantai ini juga tak memiliki ombak yang terlalu besar, mengingat lokasinya yang berada di selat Malaka. Meskipun demikian, para pengunjung juga tetap harus berhati-hati dan mengawasi buah hatinya ketika sedang bermain di bibir pantai.

Sumber: Instagram @bambanghandoyo

Dengan keindahan yang dimilikinya, Pantai Pasir Putih Ulee Rubek cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika hari libur atau akhir pekan. Namun jangan khawatir, pantai yang satu ini tetap terjaga kebersihannya dan yang pasti keindahan alamnya tak akan pudar seiring dengan berjalannya waktu.

Kegiatan di Pantai Pasir Putih Ulee Rubek

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pantai Pasir Putih Ulee Rubek juga tak jauh berbeda dengan di pantai lainnya. Di sana kamu bisa bersantai di bawah pohon yang rindang sembari menikmati hembusan angin dan gemuruh ombak pantai. Karena tak memiliki ombak yang besar dan dangkal, pantai yang satu ini juga aman untuk digunakan berenang. Jika kamu tak ingin basah-basahan, hunting foto di Pantai Pasir Putih Ulee Rubek juga bisa menjadi pilihan yang pas.

Fasilitas di Pantai Pasir Putih Ulee Rubek

Sumber: busy.org

Fasilitas yang cukup lengkap di Pantai Pasir Putih Ulee Rubek juga bisa membuatmu semakin betah berlama-lama di sana. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pantai lebih lama, kamu bisa menyewa cottage yang ada di sekitar pantai. Tak jauh dari lokasi pantai juga banyak terdapat hotel, yang memiliki fasilitas lebih mewah. Namun bagi yang ingin lebih menyatu dengan alam dan berhemat, kamu juga bisa mendirikan tenda di sekitar pantai, tentunya setelah mendapat izin dari penjaga pantai.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Pantai Pasir Putih Ulee Rubek? Dengan keindahan pantai dan ombak yang terlalu besar, Pantai Pasir Putih Ulee Rubek bisa menjadi salah satu destinasi wisata liburan yang pas bersama keluarga. Akan tetapi ada satu hal yang harus kamu ingat, selalu jaga kebersihan dan ekosistem pantai. Agar keindahan pantai yang satu ini bisa dinikmati oleh anak cucu kita di masa yang akan datang.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…