OUR NETWORK

Keindahan Jembatan Gantung Pelita

Source Image: Instagram @rowan_aditya

 

Jika kalian sedang berada di Lampung atau sedang merencanakan liburan untuk pergi ke Lampung, maka kalian dapat mampir dan mengunjungi tempat yang akan penulis bahas disini. Tempat ini merupakan tempat wisata yang cocok bagi kalian yang suka sekali berfoto atau gemar mengunjungi suatu tempat wisata yang bersejarah. Tempat tersebut bernama Jembatan Gantung Pelita.

Sumber: Instagram @rowan_aditya

Jembatan gantung ini terletak di Kelurahan Sumber Sari, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro yang menghubungkan dengan Dusun I, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim). Jembatan gantung ini sebenarnya bernama PELITA tetapi orang-orang menyebutnya juga dengan nama Jembatan Gantung saja atau dikenal juga dengan nama Jembatan Pelita, selain itu ada juga yang menyebut jembatan ini dengan nama Jembatan gantung Bantul Metro Kibang. Jembatan yang terletak di daerah Metro Selatan ini juga berbatasan langsung dengan Metro Kibang Lampung Timur. Jika kalian ingin mengunjungi jembatan ini maka untuk mencapai ke jembatan gantung, kalian dapat menuju ke arah utara dari Pusat Kota Metro atau menuju ke arah Metro Selatan Lokasi jembatan gantung ini juga bersebelahan dengan lokasi bumi perkemahan Kota Metro.

Jembatan ini dahulunya merupakan sebuah jembatan paling utama yang menghubungkan Kota Metro dengan Metro Kibang tetapi dengan perkembangan jaman dan pembangunan jembatan ini menjadi tidak lagi digunakan sebagai jalur utama, walau demikian jembatan ini masih sering digunakan sebagai pilihan untuk perlintasan warga sekitar.

Jembatan ini dapat dikatakan juga sebagai salah satu bangunan yang tertua dan bersejarah yang dapat kita temui dan dikenal juga sebagai jembatan yang tertua yang berada di kota Metro. Berdasarkan tulisan yang diukir di dinding samping Jembatan maka jembatan gantung pelita di bangun pada sekitar tanggal 15 September 1968 dan selesai dibangun pada tanggal 5 Mei 1969. Jika dihitung maka pembangunan jembatan ini membutuhkan waktu sekitar 8 bulan dari mulai pembangunan sampai selesai.

Sumber: lampung.tribunnews.com

Walaupun jembatan ini terletak sedikit lebih jauh dari jalan besar tetapi kondisi jalan menuju ke arah jembatan masih dalam kondisi yang cukup terawat dan termasuk mudah untuk dilewati. Untuk jembatan gantungnya itu sendiri memiliki panjang sekitar 100 meter dari ujung yang satu menuju ujung selanjutnya. Untuk lebarnya kira – kira cukup sempit untuk dilalui oleh dua buah sepeda bermotor secara bersamaan, jadi jika ada dua yang ingin menyebrang biasanya akan dilakukan secara bergantian untuk menghindari resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Sumber: fahrudinaji03.blogspot.com

Dulunya jembatan ini menurut warga sekitar sempat membuat kekhawatiran bagi warga sekitar yang melintas karena jembatan tersebut tidak pernah direnovasi. Tetapi kemudian suatu hari jembatan tersebut mulai direnovasi dengan melakukan pengecatan ulang, penggantian papan jalan gantung dengan yang lebih bagus dan lain sebagainya. Setelah dilakukan renovasi tersebut jembatan yang dulunya terlihat tua dan tidak menarik terlahir kembali menjadi salah satu destinasi wisata bagi mereka yang mencintai berfoto.

Sumber: Instagram@mhoeda

Disekitar jembatan gantung ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dengan jembatannya dimana suasana di sekitar masih sangat sejuk apalagi jika dibandingkan dengan suasana perkotaan karena di sekeliling jembatan ini banyak ditumbuhi pepohonan yang sangat asri dan hijau. Dibagian bawah jembatan kalian dapat melihat dengan jelas air sungai yang mengalir dengan disertai suara aliran air yang menemani suasana sekitar yang masih natural. Di sekitar jembatan gantung pelita ini kalian dapat menemui tanaman pertanian yang ditanam oleh warga sekitar sesui dengan musimnya seperti tanaman padi, cabai dan tanaman lainnya. Sedangkan di bagian pinggir kalian akan menemukan lampu jalan atau lampu penerangan yang akan dihidupkan ketika malam tiba yang akan menambah indahnya suasana jembatan apalagi jika kalian datang saat kondisi cuaca yang cerah tidak berawan dimana kalian dapat melihat indahnya cahaya bulan dan bintang dilangit malam diatas jembatan gantung.

Tetapi seperti namanya yaitu jembatan gantung, tempat ini tidak disarankan bagi kalian yang takut dengan ketinggian. Selain itu saat kalian berkunjung dimohon jangan ada yang merusak atau membuang sampah disekitar lokasi yang dapat menyebabkan lingkungan sekitar menjadi kotor mari kita bersama – sama saling menjaga keindahan Indonesia.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…