OUR NETWORK

Pulau Bongkil, Pulau Tak Bertuan yang Punya Surga Wisata Menawan

Source Image: Instagram @reflypuasa

Indonesia memang memiliki berbagai macam pesona yang luar biasa. Apalagi, soal pulaunya. Kurang lebih ada ribuan yang bisa kamu jelajahi baik yang besar maupun yang kecil. Seperti halnya, yang ada di Sulawesi Utara. Sebuah pulau tanpa penghuni yang indah dan menawan hati. Namanya adalah Pulau Bongkil.

Kawasan ini memang tidak berpenghuni. Tetapi, sering dijadikan alternatif para nelayan untuk bermalam. Maklum saja, produksi ikan yang cukup tinggi membuat kawasan ini seakan tidak pernah sepi. Apalagi, banyak hal yang bisa kamu nikmati saat berkunjung di pulau kecil ini.

Mengenal Pulau Bongkil

Sumber: Instagram @reflypuasa

Panjang pulau ini sendiri kurang lebih 442 meter, dengan lebar 275 meter. Mempunyai titik tertinggi kurang lebih 2 meter. Berkunjung di tempat ini kamu harus membawa perbekalan yang cukup. Karena, fasilitas masih sangat minim dan bahkan tidak ada. Sebenarnya kamu bisa melihat sebuah bangunan yang saat ini sudah terbengkalai.

Salah satu hal positif yang bisa kamu temukan disini adalah tempat yang masih sangat asri. Dimana, kamu bisa menemukan pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Beberapa akar dan batang kayu yang patah dan terbawa angin. Tetapi, bisa dikatakan, tempat ini cukup bersih walau tidak ada satu orang pun yang menghuninya.

Cara Menuju ke Pulau Bongkil


Pulau Bongkil terletak di Kabupaten Boolang Mongondow. Ada banyak cara menuju ke pulau satu ini. Kamu bisa masuk terlebih dahulu ke Armadidi, kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Terminal Paal Dua. Sudah ada banyak bus yang bisa mengantarmu kesana. Untuk tarifnya sendiri mulai dari 30 ribuan saja.

Lalu, kamu bisa naik angkot 21 menuju ke Pasar 45. Beralih lagi menggunakan angkot 01 tujuan Terminal Manglayang. Ongkos yang kamu butuhkan kurang lebih 20 ribu rupiah. Terakhir kamu bisa naik bus jurusan Manado – Gorontalo dan turun di Boroko. Barulah kamu bisa sewa perahu ke Pulau Bongkil.

Sumber: Instagram @tinitalibo

Bila tidak ingin repot kamu bisa menggunakan pesawat menuju ke Bandara Djalaludin Gorontalo. Dengan harga kurang lebih 600 ribuan dan waktu tempuh 3 jam sampai 5 jam lamanya. Selanjutnya kamu bisa naik bus jurusan manado dan turun di Baroko. Dari sinilah kamu bisa menyewa kapal untuk mengantarmu ke Pulau Bongkil.

Untuk harga kamu bisa nego sendiri dengan para nelayan yang menawarkanmu jasa menuju ke Pulau Bongkil. Tetapi, disarankan untuk membawa rombongan biar lebih hemat. Bila ingin menginap, kamu bisa memberikan uang tambahan dan menemanimu selama di pulau. Biasanya biayanya bisa mencapai 800 ribuan atau bahkan lebih.

Pesona Pulau Bongkil

Sumber: Instagram @bolmutpost

Ada banyak potensi yang sebenarnya bisa digali di tempat ini. Dimana, kamu bisa menikmati berbagai macam aktivitas meliputi. Snorkeling, Diving yang sayangnya kamu harus bawa semua peralatannya sendiri dari rumah. Bila tidak ingin repot, sebelum menuju ke Pulau Bongkil, biasanya ada nelayan yang menawarkan jasa sewa peralatan snorkeling dan Diving.

Kamu bisa menggunakannya, hanya saja untuk menyewanya membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Karena, peralatan yang digunakan tidak sembarangan dan sudah memenuhi kriteria keselamatan internasional. Lagipula, pesona karang dan semua penghuninya layak untuk kamu perjuangkan. Bagi kamu yang ingin bermalam, kamu juga bisa membawa peralatan pancing dan memancing.

Sumber: Instagram @bolmutpost

Kalau untuk urusan memancing, lebih disarankan mencari ikan sendiri daripada harus membeli ikan milik nelayan. Karena, akan ada sensasi yang berbeda yang bisa kamu rasakan. Dari hasil tangkapan ini tadi, kamu bisa menikmatinya saat malam hari dengan api unggun.

Sumber: Instagram @bolmutpost

Nah, pemandangan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah matahari terbenam. Dimana, kamu bisa mendapatkan view yang sangat romantis. Pesona senjanya benar-benar membuat kamu lupa.

Kesimpulan

Pulau Bongkil adalah bukti bahwa Sulawesi Utara mempunyai keindahan yang tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu catatan yang tidak boleh kamu lupakan adalah soal kebersihan. Bawa lagi sampah yang sudah kamu bawa kesini. Kalau perlu, semua sampah yang ada disini.

Beberapa wisatawan juga disarankan untuk membawa kantong sampah dan pulang membawanya. Menjaga lingkungan yang indah adalah kewajiban kita bukan? Karena, semakin bersih kawasan ini. Maka, semakin nikmat dan indah pula pemandangan yang akan kita nikmati.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…