OUR NETWORK

Pantai Taipa yang Mulai Bangkit Usai Diterjang Tsunami Palu

Source Image: Instagram @g_2728

Penghujung September 2018 adalah hari yang kelam untuk warga Sulawesi Tengah, terutama di Kota Palu dan sekitarnya. Tepat pada sore hari, Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala, diguncang gempa hebat hingga kekuatan lebih dari 7 Skala Richter, yang kemudian disusul gelombang tsunami dengan ketinggian lebih dari 5 meter yang menghancurkan wilayah pesisir. Deretan pantai eksotis yang ada di Kota Palu pun harus hancur berserakan, tidak terkecuali Pantai Taipa.

Pantai Taipa Sempat Hancur Diterjang Tsunami

Sumber: Instagram @brendybrendot

Gelombang tsunami tersebut menghancurkan 70 persen sarana dan prasarana yang ada di Pantai Taipa. Beberapa gazebo, saung, pondok, dan beberapa fasilitas lainnya hancur lebur tersapu gelombang tsunami. Selama beberapa minggu setelah kejadian tidak ada lagi aktifitas pariwisata di pantai yang dulunya dikenal sangat cantik tersebut. Namun, perlahan tapi pasti aktifitas di Pantai Taipa mulai kembali normal.

Kondisi Pantai Taipa Terkini

Sumber: Media Indonesia

Hampir dua tahun berlalu, Pantai Taipa kini mulai menampakkan keelokannya dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Kota Palu. Tidak ada lagi rongsokan yang teronggok akibat gelombang tsunami, yang ada kini adalah pantai eksotis berpasir putih bersih dan laut yang tenang dengan air yang berwarna kebiruan. Ombak yang bersahabat di Pantai Taipa tidak lepas dari kondisi geografisnya yang berada di sebuah teluk. Sementara itu, di tepi pantai juga terdapat beberapa pohon yang cukup rindang, seakan siap menjadi payung bagi para wisatawan dari teriknya sinar matahari di pesisir. Pesona Pantai Taipa semakin menjadi-jadi, dengen keberadaan Gunung Gawalise di seberang, dengan berselimutkan pepohonan hijau.

Sumber: Instagram @asbaresi

Pesona bawah laut di Pantai Taipa juga cukup menawan, walau pun tidak seindah dahulu, karena telah ada beberapa bagian terumbu karang yang rusak diterjang tsunami. Meskipun demikian, keindahan alam bawah laut Pantai Taipa tetap tak kehilangan pesonanya, sehingga akan sangat sayang untuk dilewatkan oleh para wisatawan. Kamu bisa menikmati terumbu karang yang berhias ikan berwarna-warni dengan cara snorkeling. Tidak terlalu jauh, cukup hanya dengan jarak 50 meter dari bibir Pantai Taipa kamu sudah bisa snorkeling menikmati terumbu karang di Pantai Taipa.

Dermaga yang Ikonik

Sumber: Instagram @ivan_jonadie

Kemudian yang menarik dari Pantai Taipa adalah keberadaan dermaga yang menjorok ke laut. Tidak hanya sebagai akses untuk menuju ke kapal, dermaga tersebut juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pesona Pantai Taipa. Banyak para pengunjung yang memilih duduk-duduk bersantai di ujung dermaga tersebut. Beberapa di antara mereka memilih untuk menjadikan dermaga sebagai latar belakang untuk berfoto.

Kolam Renang

Sumber: Instagram @chaandd

Tidak jauh dari bibir pantai, kamu juga bisa menemukan waterboom dengan konsep yang cukup menarik. Selain menyediakan berbagai macam permainan air, waterboom tersebut juga memiliki kolam renang dengan bentuk love. Di tepi-tepi kolam renang juga ditanami beberapa pohon khas pantai, salah satunya kelapa.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Taipa para pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah, termasuk untuk berenang di kolam renang. Sementara untuk parkir kendaraan roda dua akan dikenakan tarif 5 ribu rupiah dan 10 ribu rupiah untuk roda empat. Soal fasilitas jangan khawatir, karena pihak pengelola telah membangun kembali berbagai fasilitas yang telah rusak diterjang tsunami. Kini telah tersedia beberapa bilik toilet yang bersih, gazebo, tempat sampah dengan jumlah yang memadai, hingga cottage dengan pelayanan yang istimewa dan bernuansa keluarga.

Lokasi Pantai Taipa

Sumber: Instagram @g_2728

Pantai Taipa berada di Kelurahan Taipa, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Dari alun-alun Kota Palu, jarak menuju ke lokasi pantai hanya 16 km dengan waktu tempuh kira-kira selama 20 hingga 30 menit perjalanan. Untuk akses telah memadai, kamu pun bisa menggunakan kendaraan roda dua atau bahkan roda empat untuk menuju ke Pantai Taipa. Dari lokasi parkir kendaraan, kamu hanya perlu berjalan kaki beberapa meter untuk sampai di bibir pantai.

Bagaimana, menarik bukan? Nah, dari pada berlama-lama menentukan destinasi wisata liburan, tidak ada salahnya kamu berkunjung ke Pantai Taipa, sebuah pantai yang mencoba untuk bangkit dari keterpurukan usai dilanda gempa bumi dan tsunami akhir September 2018 yang lalu.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…