OUR NETWORK

Pantai Pukan, Pantai Super Landai di Kabupaten Bangka

Sumber: bangka.tribunnews.com

Pantai Pukan memang belum setenar pantai lainnya di Bangka, namun popularitas dari pantai ini semakin naik tatkala banyak wisatawan yang mengenalkannya melalui unggahan di sosial media.

Pantai Pukan berada di Dusun Mudel, Desa Air Anyir, Jalan Lintas Timur Kabupaten Bangka. Pantai ini berhadapan langsung dengan Selat Karimata. Uniknya, nih, walaupun sudah lama ada, namun Pantai Pukan baru diketahui oleh warga setempat ketika pembukaan lahan untuk membuat jalan lintas.

Berikut pembahasan selengkapnya terkait Pantai Pukan.

Suguhan Pesona Menawan Pantai Pukan

Sumber: bangka.tribunnews.com

Apakah anda penasaran kenapa pantai ini dinamakan Pantai Pukan? Pukan dalam bahasa Bangka artinya adalah mukat, atau mencari ikan dengan memakai jaring yang ditebarkan ke laut. Yup, dulunya daerah Pantai Pukan ini terkenal karena banyak sekali ikannya. Saat ini Pantai Pukan dikelola oleh Pokdarwis alias kelompok sadar wisata sejak resmi dibuka pada tahun 2015 lalu.

Saat anda pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Pukan, maka akan disuguhi panorama pantai super landai, deretan pohon cemara rindang, juga hembusan angin yang sangat segar.

Pantai ini seperti menampilkan pesona berbeda. Hamparan pasirnya yang putih sangatlah luas. Saat air sedang surut Pantai Pukan nyaris seperti padang pasir yang seolah terlihat hanya menyisakan kubangan air ditengahnya.

Sumber: Instagram @ryanbudisantoso

Sebab konturnya yang landai inilah, para penikmat susur pantai sangat puas menjelajahi  pantai ini. Jika anda tidak ingin berjalan kaki, maka bisa juga mengelilingi Pantai Pukan dengan memakai ATV.

Pantai Pukan juga tidak memiliki bebatuan granit, koral dan karang, sehingga menjadi keunikan tersendiri. Gelombang ombak yang datang pun terbilang relatif kecil, sehingga sangat aman jika anda ingin berenang di pinggir pantai. Jadi bagi anda yang membawa sikecil bisa lebih tenang dan tidak perlu terlalu was-was. Anak-anak yang datang kesini sering bermain bola bahkan mengejarnya sampai ke laut, loh. hihi.

Sumber: bangka.tribunnews.com

Selain itu, pada saat malam minggu banyak masyarakat yang  mengunjungi pantai ini untuk kumpul-kumpul sembari memanggang cumi atau ikan. Membuat quality time di pantai ini memang juara banget, deh, bisa membuat bahagia.

Dari sisi kebersihannya, di pantai Pukan, telah disediakan pula gudang sampah plastik. Nantinya petugas akan mengumpulkan sampah setelah pengunjung meninggalkan pantai. Sampah tersebut tidak semuanya dibakar melainkan disortir terlebih dahulu. Jika bekas makanan langsung dibakar, namun bekas botol minuman kaleng dan plastik dijual lagi untuk pendapatan pengelola.

Bersantai di Pondok

Sumber: Instagram @indrax

Setiap sisi Pantai Pukan dihiasi oleh pondok-pondok tepi pantai yang berlantaikan papan. Pondok ini memang sengaja dibangun oleh pihak pengelola supaya pengunjung yang datang bisa semakin nyaman dan betah berlama-lama di pantai ini.

Di pondok tersebutlah anda bisa berteduh sambil menikmati panorama pantai, atau pun menyantap makanan sembari bersenda gurau dengan keluarga atau teman-teman.

Sumber: travel.detik.com

Oh, ya, jika anda ingin lebih menikmati panorama pantai bisa menggantungkan fly sheet dipepohonan atau menggelar tikar. Sementara bagi anda yang suka berjemur, di pantai ini sangatlah cocok untuk memanjakan diri dengan cara tersebut. Nuansa alamnya yang masih sangat alami, suasananya yang tidak ramai akan membuat anda lebih bisa menenangkan pikiran untuk mengusir stress dengan menikmati keindahan Pantai Pukan.

Apabila melemparkan pandangan pada kejauhan, maka anda akan melihat kapal kecil maupun besar, juga perahu nelayan yang berlayar menuju Pelabuhan Pangkal Balam Kota Pangkalpinang. Uh, semakin menyenangkan saja, ya, berada di Pantai ini.

Fasilitas dan Tarif di Pantai Pukan

Sumber: Instagram @utamanova

Fasilitas di pantai ini terbilang cukup memadai. Ada kamar mandi dan dua buah sumur untuk anda yang ingin membilas badan atau pun buang air kecil.

Jika anda datang namun tidak membawa bekal, atau bekal habis namun anda masih lapar, jangan khawatir sebab untuk urusan kuliner banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan lezat di pantai ini, dan tentunya harga yang dibanderol pun sangat terjangkau. Untuk kedepannya direncanakan Pantai Pukan akan terus meningkatkan insfratruktur sehingga bisa lebih banyak menarik minat banyak pengunjung/

Sumber: regional.kompas.com

Apabila anda datang pada hari senin sampai sabtu, maka tidak akan dikenai tarif masuk. Namun, jika datang hari minggu harus membayar sejumlah uang untuk masuk ke pantai ini. Tidak ada tarif pasti yang ditetapkan oleh pihak pengelola, jadi anda bebas mau kasih berapa saja. Tapi, untuk penyewaan pondok harganya jika pada hari biasa adalah 25 ribu, sedangkan pada hari minggu 50 ribu.

Akses Lokasi

Untuk menuju lokasi Pantai Pukan anda bisa datang baik menggunakan kendaraan pribadi atau pun transportasi umum. Apabila anda datang dari Kota Pangkalpinang estimasi waktu tempuhnya sekitar 15 menit untuk 5 KM perjalanan. Sementara jika datang dari Kota Sungailiat jaraknya sekitar 20 KM dan menghabiskan waktu tempuh 30 menit. Tidak hanya menggunakan motor dan mobil, anda juga bisa datang sambil mengendarai sepeda sembari berolahraga menyusuri jalan lintas timur.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait Pantai Pukan. Bagaimana? Apakah anda jadi tertarik untuk mengunjungi pantai ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…