in

Pantai Ronggaiwa, Pasir Coklat untuk Liburan di Papua

Sumber Gambar:l Google Maps @lukas brayon

Ada banyak sekali hal menarik yang bisa kita temukan di Papua. Salah satunya adalah pantai-pantai yang ada di pinggiran pulau. Salah satu pantai paling menarik yang bisa kita temukan di sini adalah Pantai Ronggaiwa.

Keindahan Dan Daya Tarik Pantai Ronggaiwa Papua

Pantai Ronggolawe dewa adalah pantai yang berlokasi di Waropen Papua, pantai ini merupakan salah satu pantai yang sangat populer di mata masyarakat lokal karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di pantai tersebut. Selain banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana, ada beberapa hal lain yang tidak kalah menarik dari Pantai Ronggaiwa biar akan kami bahas di bawah ini.

  • Pasir coklat

Salah satu kelebihan dari Pantai Ronggaiwa Papua adalah warna pasirnya. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang memiliki pasir berwarna coklat. Pasir berwarna coklat yang dimiliki oleh Pantai Ronggaiwa bawah ini memungkinkan masyarakat menanam tanaman mangrove di sekitar pantai.

Sumber Gambar: Google Maps @lukas brayon

Keberadaan tanaman Mangrove di sekitar Pantai Ronggaiwa bukan hanya digunakan untuk menjaga pantai agar tidak tergerus ombak, tapi juga dapat memberikan kesan pantai yang lebih alami dan indah. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa tanaman Mangrove yang menjorok ke laut dan muncul di permukaan laut. Area pantai ini merupakan salah satu karya terbaik dan banyak digunakan untuk mengambil foto.

  • Gelombang kecil

Daya tarik yang lain yang dimiliki oleh pantai dari Waropen ini adalah gelombang ombak yang kecil. Meskipun pantai ini berlokasi di bagian timur Papua dan menghadap ke laut luas, akan tetapi pantai ini memiliki gelombang yang bisa dikatakan kecil. Gelombang ombak kecil yang ada di pantai ini disebabkan karena pantai ini tidak berbatasan langsung dengan samudera. Melainkan ada pulau kecil yang melindunginya.

Sumber Gambar:l Google Maps @lukas brayon

Karena ombak di sekitar pantai memang cukup aman, pantai ini menjadi salah satu pantai yang bisa digunakan untuk melakukan banyak aktivitas. Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan saat berkunjung di Pantai Ronggaiwa ini adalah kegiatan berenang. Bahkan banyak pengunjung yang berenang hingga agak ke tengah laut karena ombak di pantai ini memang sangat mendukung. Selain berenang, ada juga beberapa pengunjung yang datang dan mencoba mengendarai perahu karet saat berwisata ke pantai ini.

  • Pantai modern

    Sumber Gambar:l Google Maps @lukas brayon

Selanjutnya, hal lain yang membuat pantai rongga yang menjadi salah satu pantai yang sangat menarik adalah kondisi pantainya yang cukup modern. Tidak seperti pantai kebanyakan yang memiliki kesan natural serta alami, pantai ini sudah banyak mendapatkan perhatian dari pengelola. Hal ini dibuktikan dengan adanya area bibir pantai yang sempit karena dibangun trotoar untuk memudahkan wisatawan melihat dan menikmati pantai.

  • Area pantai teduh

Selanjutnya kelebihan lain dari Pantai Ronggaiwa adalah area pantainya yang cukup teduh. Pantai dari Papua ini belakangan memang banyak dibicarakan. Akan tetapi popularitas pantai berpasir coklat ini belakangan tidak hanya disebabkan karena keindahannya. Melainkan karena beberapa waktu yang lalu, pantai ini menjadi sasaran kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon mangrove.

Sumber Gambar:l Google Maps @lukas brayon

Penanaman pohon mangrove ini, sedikit banyak telah memberikan keteduhan di salah satu pantai paling menarik di Papua ini. Akan tetapi selain karena banyak tanaman mangrove yang ada di sekitar pantai, pantai ini juga sangat teduh karena banyaknya tempat-tempat peristirahatan yang dibangun di sekitar pantai. Inilah yang membuat Pantai Ronggaiwa menjadi sangat menarik dan nyaman untuk dikunjungi.