in

Pantai Santai, Tempat Terbaik untuk Bersantai di Kota Ambon

Sumber: Instagram @exoticmalukutourism

Siapa nih yang belum pernah ke Ambon? Coba deh, sesekali kamu ke timur Indonesia dan berkunjung ke Kota Ambon, Maluku. Di sana terdapat banyak pantai dengan pemandangan yang menawan dan eksotis. Sebenarnya ini juga bukan rahasia lagi sih, karena provinsi Maluku memang berbentuk kepulauan di tengah-tengah Laut Banda. Nah, dari sekian banyak pantai di Maluku, salah satunya adalah Pantai Santai. Ya, kamu gak salah baca kok, memang seperti itu nama pantainya. Bagaimana, pasti penasaran kan dengan Pantai Santai? Ini dia ulasannya.

Lokasi Pantai Santai

Secara geografis, Pantai Santai terletak di sebelah selatan Pulau Ambon dan di sebelah barat Pantai Felawatu yang terkenal dengan keindahan sunsetnya itu. Sementara secara administrasi, Pantai Santai terletak di Jalan Amanhause, Desa Latulahat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Jaraknya hanya sekitar 17 km dari pusat Kota Ambon, atau kira-kira 30 menit jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Bagi kamu yang berasal dari luar daerah, atau mungkin bagi para backpacker, cara terbaik untuk menuju ke sana adalah dengan menggunakan kendaraan umum atau angkot. Kamu bisa mencari angkot di terminal Mardika, Ambon, kemudian ambil jurusan Desa Latulahat, yang mana angkotnya biasanya berwarna hijau tua dan di bagian atapnya ada tulisan ‘Latulahat’. Apabila masih bingung soal transportasi menuju ke Pantai Santai, kamu bisa bertanya ke penduduk lokal.

Asal Usul Nama Pantai Santai

Sumber: Instagram @exoticmalukutourism

Pasti kamu penasaran kan, kenapa namanya Pantai Santai? Kenapa kok gak pakai nama yang lain saja. Katanya sih, dinamakan demikian karena memang suasana di pantai ini sangat tenang, sehingga cocok sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat. Suasana tenang di Pantai Santai pun tak lepas dari masih minimnya pengunjung, karena memang lokasinya yang cukup tersembunyi.

Keindahan Pantai Santai

Sumber: Instagram @bo.achim

Setelah tahu asal usul namanya, kini saatnya kita mengulas keindahan pantainya. Yang pasti, pantai ini memiliki pasir putih bersih dan air laut yang berwarna biru muda, tak jauh berbeda dengan deretan pantai lainnya di Maluku. Tapi, yang membuat pantai ini unik dan berbeda dengan yang lainnya adalah keberadaan tembok laut yang terlihat instagramable.

Sumber: Instagram @exoticmalukutourism
Sumber: Instagram@exoticmalukutourism

Tembok ini berwarna kecoklatan dan menjorok ke laut. Beberapa perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai juga bisa menjadi pemandangan tersendiri dari Pantai Santai. Belum lagi soal deretan pepohonan kelapa yang berdiri tinggi menjulang dan menambah kesan eksotis dari tempat yang satu ini.

Snorkeling dan Keseruan Lainnya di Pantai Santai

Sumber: Instagram @epin87_official

Pastinya, berkunjung ke pantai tak terasa lengkap jika tidak berenang. Nah, di Pantai Santai ini pun kamu bisa lebih leluasa untuk berenang dan bermain air. Keberadaan tembok laut membuat ombak Laut Banda tak bisa langsung menghantam pesisir, sehingga membuat para pengunjung lebih aman untuk berenang. Laut di pantai ini juga cukup dangkal, bahkan hingga 100 meter ke tengah. Meski begitu, kamu juga harus tetap berhati-hati saat berenang, jangan sampai liburanmu justru menjadi sebuah tragedi.

Nah, bagi kamu para pecinta alam bawah laut, di Pantai Santai juga ada spot untuk snorkeling. Soal peralatan jangan khawatir, karena di sana telah terdapat tempat penyewaannya dengan biaya hanya sebesar 300 ribu rupiah. Bagaimana, murah kan? Pemandangan yang eksotis juga membuat Pantai Santai sering menjadi lokasi foto prawedding. Rugi besar sih, kalau kamu ke sana tidak membawa kamera kualitas HD.

Fasilitas di Pantai Santai

Tapi sedikit disayangkan, fasilitas di Pantai Santai masih kurang memadai. Berdasarkan informasi terbaru, banyak fasilitas di sana yang tak terawat. Toilet dan kamar gantinya pun kotor tak terawat, sehingga terlihat kumuh. Beberapa saung juga ada yang sudah rusak, dan tak terlihat tanda-tanda akan dilakukan perbaikan. Sungguh disayangkan! Untungnya, di sana kamu masih bisa menemukan deretan warung sederhana yang menjual minuman dan makanan ringan. Soal harga jangan takut, masih terbilang wajar kok.

Tiket Masuk Pantai Santai

Untuk bisa menikmati keindahan pantai yang satu ini para pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk kurang dari 10 ribu rupiah.

Yuk, buruan! Tunggu apa lagi, segera siapkan waktu liburmu untuk bersantai ke Pantai Santai, Maluku.