in

Pantai Seunagan, Pantai di Pesisir Selatan Aceh yang Menawan

Source Image: Instagram @cutrizkiananda16

Berbicara soal Aceh memang tidak lengkap jika kita tidak membahas keindahan alam yang dimilikinya, terutama pantai. Karena memang di bumi Serambi Mekkah itu banyak berjejer pantai dengan pemandangan yang sangat menyilaukan mata, dengan air laut bersih berwarna biru dan pantai pasir putih yang halus. Meskipun sempat dirusak oleh gelombang tsunami pada Desember 2004 yang lalu, pantai-panti di pesisir Aceh kini mulai pulih dan kembali menunjukkan keindahannya.

Dari sekian banyak pantai eksotis yang terdapat di Aceh, salah satu pantai yang patut dikunjungi adalah Pantai Seunagan. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan ombak yang bersahabat bagi para wisatawan.

Lokasi Pantai Seunagan

Sumber: acehekspres.com

Secara administratif Pantai Seunagan terletak di desa Kubang Gajah, kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Ac, Aceh. bagi wisatawan yang datang dari ibu kota Aceh, Banda Aceh, maka mereka harus menempuh perjalanan sejauh 256 km dengan waktu tempuh sekitar 4,5 jam. Apabila datang dari ibu kota Nagan Raya, Suka Makmue, maka wisatawan hanya perlu menempuh perjalan selama 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Tak sulit untuk menemukan pantai yang satu ini, karena sudah banyak petunjuk arah yang mengarahkan wisatawan untuk menuju ke lokasi pantai. Selain itu, Pantai Seunagan juga sudah terdaftar di Google Maps, sehingga para wisatawan yang datang dari luar Aceh pun dipastikan tak akan kesulitan menemukannya. Kondisi jalan yang cukup baik membuat wisatawan bisa menjangkau Pantai Seunagan dengan kendaraan roda empat.

Daya Tarik Pantai Seunagan

Sumber: Instagram @cutrizkiananda16

Sesampainya di lokasi, para pengunjung akan langsung disambut dengan hamparan pasir yang cukup luas dan garis pantai yang sangat panjang. Akan tetapi pasir yang berada di Pantai Seunagan berbeda dengan pantai di pesisir selatan Aceh pada umumnya, karena di sana kamu tidak akan menjumpai pasir putih melainkan pasir yang berwarna abu-abu kehitaman.

Meskipun berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, namun ombak di Pantai Seunagan cukup bersahabat bagi para pengunjung. Tak ada ombak ganas yang menghantam Pantai Seunagan, terkecuali gelombang tsunami yang menerjang pada tahun 2004 yang lalu.

Di sekitar pantai tumbuh berderet pepohonan hijau yang seakan siap melindungi para wisatawan dari panasnya terik matahari. Berteduh di bawah rindangnya pepohonan sembari menikmati semilir angin laut dan suara deburan ombak bisa menjadi obat yang mujarab untuk melepaskan penat.

Fasilitas Pantai Seunagan

Sumber: pesonaaceh.com

Namun sangat disayangkan, pantai seindah ini tak memiliki fasilitas yang memadai. Tak banyak toilet yang bisa ditemukan oleh wisatawan di Pantai Seunagan, padahal fasilitas tersebut sangat penting sebagai penunjang tempat wisata.

Sumber: Instagram @malikialex

Akan tetapi di sekitar pantai terdapat banyak pondok yang bisa dijadikan para wisatawan untuk berkumpul bersama keluarga sembari menyantap makanan yang telah disiapkan dari rumah. Terdapat pulau beberapa warung yang menjajakan minuman dan makanan ringan.
Soal tempat parkir, para wisatawan tak perlu khawatir, karena di sana telah disediakan lahan parkir yang cukup luas dan dapat menampung puluhan kendaraan roda empat.

Aktivitas di Pantai Seunagan

Sumber: Instagram @cutrizkiananda16

Layaknya pantai pada umumnya, di sini kamu bisa berenang di tepi laut dan bermain pasir di pantai. Jangan khawatir tenggelam, karena kontur Pantai Seunagan cukup landai dan ombaknya pun tak terlalu besar. Meskipun demikian, kamu juga harus tetap berhati-hati, jangan sampai berenang terlalu ketengah.

Kalau tak ingin basah-basahan, kamu juga bisa duduk bersantai di bawah pondok yang telah disediakan sambil makan makanan yang telah disiapkan dari rumah. Makan bersama keluarga tercinta sambil ditemani suara deburan ombak dan semilir angin laut dijamin akan menjadi kenangan yang mengesankan. Hunting foto di Pantai Seunagan juga tidak ada salahnya, meskipun tak banyak landscape yang menarik di sana. Namun jika kamu pandai dalam mengambil gambar, dijamin kamu akan menemukan banyak spot foto yang menawan di Pantai Seunagan.

Tiket Masuk Pantai Seunagan

Jangan takut mahal, karena untuk masuk ke kawasan Pantai Seunagan kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang. Bagaimana, cukup murah bukan? Liburan tak perlu mahal, kamu bisa ke Pantai Seunagan.