Pantai Tanjung Kemuning Kebanggaan Kabupaten Sambas

Kabupaten Sambas merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Barat dengan luas wilayah sebesar 6.395 kilometer persegi. Karena Kabupaten ini berada di bagian pantai barat paling utara dari wilayah Kalimantan Barat, kabupaten ini memiliki beberapa pantai yang bisa dikunjungi karena memiliki panjang pantai kurang lebih 128,5 kilometer. Kabupaten Sambas ini juga sempat dinobatkan sebagai kabupaten yang memiliki beberapa pantai terindah yang ada di Indonesia. Salah satu Pantai yang menjadi unggulan dari Kabupaten ini yaitu Pantai Tanjung Kemuning.

Pantai Tanjung Kemuning atau Pantai Tanah Hitam berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Pantai ini menjadi salah satu pantai terbaik dan pantai terindah yang dimiliki oleh Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Keindahan pemandangan alam yang disajikan akan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu berlibur di pantai ini. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung, pantai ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan luar negeri.

Akses Menuju Pantai Tanjung Kemuning

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Pantai ini bisa anda kunjungi dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan roda dua. Bagi anda yang menggunakan kendaraan roda dua disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengemudi dikarenakan kondisi beberapa jalan yang kurang memadai. Kondisi jalanan yang berlubang akan sedikit menghambat perjalanan anda. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk mengendarai kendaraan roda empat jika anda ingin berkunjung.

Meskipun berada di salah satu Desa terpencil, anda tidak perlu khawatir tersesat. Karena tempat ini sangat terkenal, anda bisa meminta petunjuk arah kepada masyarakat setempat jika anda merasa kesulitan untuk mencari lokasi pantai. Untuk bisa masuk ke objek wisata anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak atau balita. Seluruh fasilitas yang ada di pantai ini murni dikelola oleh masyarakat setempat tanpa ada campur tangan dari Pemerintah.

Potensi Wisata Yang Sangat Menarik

Sumber Gambar: Google Maps @wkyp [doc]

Sebagai salah satu wisata unggulan yang ada di Kabupaten Sambas, pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa karena terletak berhadapan dengan Laut Natuna. Karena keindahan yang disuguhkan, banyak sekali tempat menarik di pantai ini. Biasanya para wisatawan akan menjelajahi atau berkeliling di pantai untuk mendapatkan spot untuk berfoto. Tak jarang para fotografer sengaja mengunjungi pantai ini untuk mendapatkan hasil foto yang bisa digunakan untuk mengikuti ajang perlombaan.

Sumber Gambar: Google Maps @Siti Paloh

Pantai Tanjung Kemuning ini memiliki potensi wisata yang sangat menarik dan jarang ditemui di pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Salah satu keunggulan pantai ini selain keindahan pemandangannya adalah adanya potensi sebagai tempat penangkaran penyu. Seperti yang kita ketahui bahwa populasi penyu semakin lama semakin berkurang, bahkan penyu sudah tergolong spesies hewan yang terancam punah. Oleh karena itu, para penduduk setempat mendirikan tempat penangkaran karena melihat adanya potensi untuk turut menjaga kelestarian penyu yang sudah terancam punah.

Sumber Gambar: Google Maps @Nama Depan

Hal ini juga yang membuat Pantai Tanjung Kemuning ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Kebanyakan wisatawan berkunjung karena ingin melihat proses penyu bertelur. Tak sedikit juga para peneliti yang berkunjung ke pantai ini untuk turut membantu penduduk setempat memajukan tempat penangkaran agar menjadi lebih baik dan lebih besar.

Jika anda ingin melihat proses bertelurnya penyu anda bisa mengunjungi pantai ini pada malam hari, karena biasanya para penyu akan naik ke pantai untuk bertelur. Biasanya sekitar 8 – 15 penyu akan bertelur setiap malamnya, jadi jangan khawatir karena anda pasti juga akan bisa melihat. Karena adanya penangkaran penyu inilah yang membuat pantai ini menjadi objek wisata kebanggaan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.