OUR NETWORK

Pantai Teluk Tamiang, Perpaduan Eksotisme dan Pesona Kotabaru

Source Image: Instagram@uja_49

Masih soal Kalimantan Selatan, provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Kalimantan, yang tak pernah berhenti menebar cerita-cerita yang menarik. Kalimantan Selatan memiliki luas wilayah sekitar 37.530,52 km persegi, yang terdiri dari 11 kabupaten dan 2 kota. Dari sekian kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan, salah satunya adalah Kotabaru, yang disebut sebagai kabupaten terluas di provinsi tersebut. Selain memiliki wilayah yang luas, Kabupaten Kotabaru juga memiliki banyak wisata alam yang sangat mempesona, terutama wisata bahari. Hal itu tak lepas dari kondisi geografis Kotabaru yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara dan Selat Makassar di sebelah timur.

Sumber: Instagram @marisyatiayunda

Oleh sebab itu, banyak pantai eksotis yang tercecer di Kotabaru, salah satunya adalah Pantai Teluk Tamiang. Lokasinya yang berada di sebuah teluk membuat pantai ini memiliki pemandangan yang sempurna, lengkap dengan pasir putih dan lautnya yang biru.

Lokasi Pantai Teluk Tamiang

Sumber: Instagram@im.eher

Secara administratif, pantai yang satu ini berada di Kecamatan Pulau Barat, Kabupaten Kotabaru, sebelah barat daya Pulau Laut, Kalimantan Selatan. Lokasinya kira-kira sekitar 120 km dari pusat Kotabaru, dengan waktu tempuh 4 hingga 5 jam perjalanan darat. Walau pun terletak di ujung Kalimantan Selatan, namun akses menuju ke Pantai Teluk Tamiang sudah cukup baik, sehingga bisa dilewati dengan berbagai kendaraan bermotor.

Memang cukup jauh dari pusat Kotabaru, namun selama di perjalanan kamu akan dimanjakan oleh pesona alam Kalimantan Selatan, yang berupa hutan dan areal persawahan hijau, yang tentunya sangat menyejukkan mata. Tidak hanya akan melalui jalanan beraspal, jelang sampai di lokasi kamu juga akan melalui jalanan beton dengan lebar kurang lebih 4 meter.

Sumber: Instagram @sofiadwip

Apabila kamu datang dari Banjarmasin, bisa melalui jalur udara dari Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru menuju ke Bandara Gusti Sjamsir Alam. Dari sana kamu harus melanjutkan lagi perjalanan sejauh 104 km menuju ke selatan atau sekitar 2 jam 30 menit waktu tempuh, menuju ke Pantai Teluk Tamiang dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Pesona Pantai Teluk Tamiang

Sumber: Instagram @im.eher

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Pantai Teluk Tamiang memiliki pasir putih yang lembut dan lautan biru jernih yang sangat eksotis. Di tepi pantai banyak tumbuh berjejer pepohonan yang membuat suasana menjadi lebih rindang, dan bisa membuat para pengunjung betah berlama-lama di sana. Ombak di Pantai Teluk Tamiang juga sangat bersahabat, karena pantai yang satu ini berhadapan dengan Laut Jawa.

Sumber: Instagram @ceritabanjar_

Sementara itu, tidak hanya menyajikan pesona pantai, Teluk Tamiang juga memiliki terumbu karang atau taman bawah laut yang tak kalah menawan. Kamu pun bisa menikmatinya dengan cara snorkeling, namun tentunya harus menyewa perahu terlebih dahulu untuk bisa mengantarkanmu sedikit ke tengah lautan.

Cara Terbaik Menikmati Pantai Teluk Tamiang

Sumber: Instagram @uja_49

Menikmati pesona Teluk Tamiang dari bibir pantai rasanya memang sudah cukup memuaskan. Namun, apabila ingin menikmati dengan suasana yang berbeda, kamu bisa coba menaiki salah satu bukit savanna yang ada di sana. Nah, dari puncak bukit savanna tersebut pemandangan Pantai Teluk Tamiang akan terlihat lebih utuh, lebih cantik tentunya. Hanya saja memang dibutuhkan usaha lebih untuk bisa mendaki bukit savanna hingga ke puncaknya.

Fasilitas Pantai Teluk Tamiang

Sumber: Instagram @jamal_muhammad5

Pantai Teluk Tamiang adalah salah satu wisata yang cukup popular di Kalimantan Selatan, terutama Kotabaru. Oleh sebab itu, fasilitas di sana juga sudah sangat lengkap, seperti toilet, tempat ibadah, warung yang menjual aneka makanan dan minuman, hingga tempat parkir yang cukup luas.

Dengan pemandangan dan fasilitas yang lengkap, Pantai Teluk Tamiang pun tak pernah sepi pengunjung, terutama ketika hari libur atau masa-masa libur sekolah. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu berkunjung ke pantai yang satu ini saat hari kerja atau week day. Dengan demikian, kamu bisa puas menikmati pemandangan di Pantai Teluk Tamiang, lengkap dengan suasana yang damai dan jauh dari keriuhan kota.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berwisata di Pantai Teluk Tamiang? Jangan mengambil apa pun di tempat wisata alam kecuali gambar, dan jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…