OUR NETWORK

Pantau Enu Wujud dari Kesempurnaan Lukisan Tuhan

Source Image: Instagram @mcc_palu

Sepertinya tidak akan ada habisnya jika membahas keindahan pantai di Indonesia. Wilayahnya yang terdiri dari ribuan pulau dari Sabang hingga Merauke membuat Bumi Pertiwi memiliki banyak surga tropis yang tercecer di setiap penjuru, tidak terkecuali di Sulawesi Tengah. Tidak jauh dari Palu, ibu kota Sulawesi Tengah, kamu bisa berjumpa dengan Pantai Enu yang memiliki pemandangan sunset yang sangat menawan sekaligus romantis.

Lokasi Pantai Enu

Sumner: Foto by Alan Ansyarif

Sebelum membahas lebih jauh, Pantai Enu adalah sebuah daerah pesisir eksotis yang terletak 40 km dari Kota Palu, lebih tepatnya berada di Desa Enu, Kecamatan Sindeu, Kabupaten Donggala. Dari Kota Palu kira-kira kamu hanya membutuhkan waktu tempuh selama 1 jam perjalanan darat untuk bisa sampai di Pantai Enu. Tak sulit menemukan lokasi pantai yang satu ini, karena letaknya cukup dekat dengan jalan raya.

Di sekitar Pantai Enu juga telah dibangun dinding beton, untuk menghindari kembali terjadinya jalan ambles yang sempat melumpuhkan aktivitas wisatawan di pantai tersebut. Dinding-dinding beton tersebut juga bisa digunakan para pengunjung untuk sekedar duduk-duduk bersantai menikmati keindahan pesisir.

Keunikan Pantai Enu

Sumber: Instagram @livingtarzan

Setelah menempuh perjalanan, sesampainya di lokasi kamu akan langsung disuguhkan panorama yang sangat menawan dari Pantai Enu, perwujudan dari keagungan Tuhan Yang Maha Esa. Pantai ini memiliki air laut yang masih sangat jernih berwarna kebiruan. Ombaknya juga cukup tenang, karena lokasinya yang menghadap langsung ke Selat Makassar. Di sekitar Pantai Enu kamu bisa mendapati pepohonan hijau yang rindang dan beberapa pohon kelapa, sangat cocok untuk menjadi tempat berlindung di kala matahari bersinar terik.

Sumber: Instagram @annisadwiavnt22_

Sementara itu, Pantai Enu juga memiliki pasir putih yang lembut layaknya gula pasir. Di beberapa titik terlihat adanya bebatuan karang yang cukup besar dan terlihat sangat kokoh. Keberadaan bebatuan karang inilah yang membuat pantai tersebut terlihat semakin cantik.

Tempat yang Cocok untuk Snorkeling

Sumber: Tempo

Oh ya, di Pantai Enu kamu juga bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang dan ikan hias berwarna-warni yang berlalu lalang di sekitar. Ombak yang tenang dan air laut yang jernih sangat mendukung kegiatanmu untuk snorkeling di pantai tersebut. Hanya saja untuk melakukan hal itu kamu harus membawa peralatan snorkeling sendiri, karena masih belum dijumpai penyewaannya di sekitar lokasi. Waktu terbaik untuk snorkeling antara pukul 10:00 hingga 15:00 WITA.

Senja yang Romantis di Pantai Enu

Sumber: Instagram @dkaandhika

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Pantai Enu memiliki pemandangan senja yang sangat menawan sekaligus romantis. Sinar matahari secara perlahan menghilang, berganti dengan cahaya kuning kemerahan yang merekah. Biasanya banyak muda-mudi yang memilih untuk menghabiskan waktu sore hari mereka di Pantai Enu. Waktu terbaik untuk menikmati sunset di sana adalah sekitar pukul 17:00 hingga 18:00.

Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai

Walau pun menjanjikan pemandangan yang eksotis, namun para wisatawan tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis untuk bisa menikmati Pantai Enu. Mungkin para pengunjung hanya akan dipungut biaya parkir yang pastinya tidak akan menguras kantong.

Kekurangan dari pantai yang satu ini adalah masih minimnya fasilitas yang ada. Bahkan di sana masih belum terdapat tempat sampah dengan jumlah yang memadai, akan tetapi para pengunjung diharapkan tetap ikut menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Namun di sekitar Pantai Enu telah terdapat warung-warung sederhana yang menjual aneka minuman dan makanan khas Kaili. Terdapat pula toilet yang cukup bersih, penyewaan pelampung dan tikar.

Penginapan di Sekitar Pantai Enu

Sumber: Booking.com

Sayangnya sampai saat ini belum ada tempat penginapan di sekitar Pantai Enu, sehingga satu-satunya cara adalah dengan kembali ke Kota Palu. Di sana telah terdapat banyak tempat penginapan dengan harga yang beragam sesuai fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan. Sebut saja ada Rich Homestay dengan biaya sewa 130 ribu rupiah per malam, R4 Hotel dengan harga 190 ribu rupiah, hingga Swiss-Belhotel Silae dengan biaya sewa 575 ribu rupiah per malam.

Itulah sekilas cerita tentang Pantai Enu di Kabupaten Donggala. Pemandangan yang menjanjikan membuat pantai ini layak untuk menjadi destinasi liburanmu di akhir pekan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…