OUR NETWORK

Pasti Terkagum-kagum, Ini Dia Potret Pantai Lontar di Serang – Banten

Saat liburan tiba, maka biasanya banyak orang yang berdiskusi serius bagaimana membuat liburan tersebut bermanfaat, seru dan menyenangkan.

Umumnya, pasti mereka akan merencanakan untuk berwisata ke tempat-tempat yang keren. Mengunjungi pantai pun adalah hampir selalu menjadi andalan setiap momentum besar untuk melepas penat itu tiba, baik penat karena urusan sekolah, pekerjaan dan lain sebagainya,

Nah, tahukah anda di Serang, Banten ada sebuah pantai yang dijamin akan membuat anda terkagum-kagum. Namanya yaitu Pantai Lontar. Pantai ini berlokasi di desa dengan nama yang sama atau tepatnya berada di Kecamatan Tirtayasa.

Sumber: ihategreenjello.com

Hmm … kira-kira seindah apa, sih Pantai Lontar itu? Apa saja hal seru yang bisa dilakukan jika mengunjungi pantai ini? Daripada penasaran, berikut ulasan special tentang Pantai Lontar.

Akses Lokasi

Sumber: Instagram @pudinbenlay

Bagi anda yang takut tersesat ketika akan pergi ke Pantai Lontar maka bisa memanfaatkan bantuan Google Maps di smartphone. Lebih nyaman lagi jika datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, supaya bisa lebih leluasa.

Jika anda datang dari daerah yang jauh bahkan luar provinsi, namun ada budget lebih, maka bisa menyewa mobil atau motor dari rental penyewaan kendaraan yang ada di Kota Serang. Tentunya dalam hal ini anda pun harus sangat selektif, bukan hanya melakukan analisis dari tarif sewa yang ditawarkan saja, melainkan juga bagaimana kredibilitas dari tempat penyewaan masing-masing.

Jadi, sebelum berlibur ke Pantai Lontar, ada baiknya dari jauh-jauh hari anda sudah booking secara online serta sudah melakukan analisis terlebih dahulu.

Bagaimana dengan naik transportasi umum? Tetap bisa. Anda tinggal berhenti di terminal bus kota Kecamatan Tirtayasa, kemudian bisa mencari ojek dan minta diantar ke Desa Lontar hingga sampai di Pantai Lontar.

Estimasi waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam. Jangan khawatir akan bosan sebab suguhan pemandangan alam selama perjalanan akan membuat anda betah menikmatinya. Hamparan sawah hijau yang membentang luas dan suasana yang sejuk, siap memanjakan mata anda.

Pesona Pantai Lontar

Sumber: Instagram @aganzerik

Pantai Lontar sangatlah indah. Pesonanya bisa membuat siapapun betah berlama-lama menghabiskan waktu disana. Banyak hal seru yang bisa anda lakukan di pantai ini seperti menaiki perahu.

Terbayang, kan, asyiknya gimana naik perahu sambil keliling pantai? Harga sewanya juga murah, kok. Hanya sekitar 5000 rupiah saja untuk anak-anak dan 10 ribu rupiah untuk orang dewasa. Jam sewa perahu dimulai pukul 2 siang.

Sumber: Instagram @explore_serang

Disekitar Pantai Lontar banyak ditumbuhi oleh pepohonan yang sering digunakan sebagai bahan olahan obat. Seperti obat kulit, gatal-gatal serta obat supaya kulit menjadi cerah alami. Nah, anda bisa menikmati panorama Pantai Lontar dari bawah pepohonan tersebut.

Sumber: Instagram @davidia_intan

Oh, ya, pantai ini juga acap kali dijadikan lokasi untuk keperluan pemotretan, karena memang view-nya sangat bagus terutama untuk foto prewedding. Selain itu pantai ini juga merupakan kawasan tambak ikan, jadi anda bisa membeli langsung hasil tangkapan nelayan dengan harga miring dan tidak semahal seperti saat anda membelinya di pasar.

Sayangnya, nih, di pantai ini anda tidak boleh berenang, Kenapa? Karena memang gelombang lautnya terbilang besar sehingga cukup berbahaya.

Melihat Budidaya Rumput Laut

Sumber: Instagram @hidayatryn

Hal menarik lainnya di Pantai Lontar adalah anda dapat melihat aktivitas budidaya berbagai jenis rumput laut. Dari mulai prosesnya sampai akhirnya dijual, semuanya bisa anda lihat disini. Nah, olahan rumput laut tersebut bisa anda langsung makan di pantai atau pun dijadikan oleh-oleh.

Olahan tersebut diantaranya adalah kerupuk, stik, ceker, manisan sampai dodol rumput laut. Aduh enak-enak banget,deh, pokoknya! Nyesel jika tidak beli.

Fasilitas di Pantai Lontar

Sumber: Instagram @buayapenjelajah

Fasilitas di pantai ini terbilang cukup memadai. Ada area khusus untuk parkir kendaraan. Jadi anda yang datang dengan kendaraan pribadi tidak perlu lagi repot mencari tempat parkir atau sembarang parkir.

Untuk kebutuhan dalam menunaikan ibadah shalat lima waktu, disini juga sudah tersedia mushola, lengkap pula dengan kamar mandi bagi anda yang ingin membilas badan. Jika datang ke Pantai Lontar namun tidak membawa bekal, juga tidak perlu khawatir, sebab perut anda tetap bisa kenyang dengan mencicipi aneka kuliner khas Serang yang dijajakan di warung makan sekitar pantai.

Menyusuri Jembatan Pelangi

Sumber: Instagram @jeryubin

Apabila anda termasuk yang sering mem-follow akun-akun di social media yang sering mengupas tempat wisata, pasti tidak akan asing dengan jembatan yang akrab disapa jembatan pelangi ini, sebab memang tengah viral.

Posisi jembatan pelangi tidak terlalu jauh dari Pantai Lontar. Jembatannya bak labirin karena membentang luas diantara celah-celah hutan bakau yang rimbun. Dinamakan jembatan pelangi sebab jembatan ini diberi cat warna-warni sehingga begitu menggoda untuk diajak berfoto, hihi.

Menurut pengelolanya, sebelum dibuat jembatan pelangi dulunya tempat tersebut hanyalah sebuah daratan yang terus terkikis oleh abrasi. Namun berkat tekad dari masyarakat sekitar yang sangat peduli terhadap lingkungan, maka akhirnya mereka menanaminya dengan pohon bakau. Setelah itu mendirikan jembatan pelangi yang pada akhirnya akan membuat siapapun yang menyebranginya ikut melakukan kegiatan tracking hutan mangrove. Sampai sekarang areal tersebut tetap dilakukan pembibitan dan penanaman supaya tetap lestari.

Sst… karena saking viralnya, nih, setiap akhir pekan jumlah pengunjung sangatlah membludak. Bahkan jika ditotal bisa mencapai seribu orang per hari, loh. Wow!!

Demikanlah ulasan menarik tentang Pantai Lontar. Recommended, banget, deh, untuk dikunjungi saat musim liburan tiba. Jangan lupa langsung agendakan ke dalam list kunjungan wisata anda, ya.

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…