OUR NETWORK

Pulau Gusung Asam, Pulau Kecil Mempesona di Bangka Tengah

Tahukah anda daerah Bangka Tengah memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil indah yang sangat menarik untuk dijelajahi. Salah satunya yaitu Pulau Gusung Asam. Pulau ini begitu elok nan cantik.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengenal lebih dekat pulau tersebut. Mulai dari pesona keindahan yang dimilikinya apa saja, cara mencapai lokasi, serta aktivitas seru dan fakta menarik tentang pulau ini.

Berikut ulasan selengkapnya.

Potret Pulau Gusung Asam

Sumber: Instagram @bangjakee

Pulau Gusung Asam berada di sebelah timur laut Pulau Ketawai. Jaraknya sekitar 1,5 meter dan sangat terlihat dengan jelas dari Pulau Ketawai.

Alasan diberi nama Pulau Gusung Asam adalah karena terdapat banyak gusung di pulau ini. Apakah anda tahu gusung itu apa? Dalam bahasa lokal gusung artinya adalah gugusan pasir yang diperoleh dari hasil sedimentasi. Gugusan tersebut akan terlihat kala air sedang surut dan tenggelam ketika air sedang pasang.

Sumber: Instagram @tedirachman

Dengan kata lain hal ini mengindikasikan bahwa perairan di Pulau Gusung Asam adalah perairan yang dangkal. Nah, saat anda hendak menuju pulau ini, maka akan melewati Pulau Ketawai terlebih dahulu serta menemukan dua buah gusung.

Pulau Gusung Asam tidak seluas Pulau Ketawai. Kurang lebih luasnya hanya setengah dari pulau tersebut atau sekitar 6x lapangan bola. Kendati demikian pulau kecil ini memiliki penduduk yang lebih banyak daripada Pulau Ketawai, loh. Terdapat sekitar 40 KK. Ya, jumlah yang sedikit memang, namun mereka benar-benar penduduk asli pulau ini. Mereka tinggal di dalam rumah yang masih sangat sederhana.

Sumber: Instagram @kataomed

Penduduk Pulau Gusung Asam mayoritas berprofesi sebagai nelayan, lebih tepatnya Nelayan Bubu. Mereka menangkap ikan memakai bubu baik yang dibuat oleh diri sendiri ataupun didatangkan dari daerah lain seperti Tanjung Gunung dan Kurau.

Bubu itu penduduk pasang di daerah terumbu karang. Biasanya ikan yang diperoleh adalah ikan-ikan karang yang bernilai ekonomis seperti ikan ketarap, kerapu, ekor kuning, ikan tanda tanda, ikan kakap, ikan beraga dan masih banyak lagi.

Oh, ya, kondisi terumbu karang di pulau ini termasuk kategori sedang sebab tutupannya cuma sekitar 30% hingga 40% dan banyak tertutup olah mikroalga dan makroalga. Letaknya pun tidak terlalu jauh dari pulau hanya berjarak 200 sampai 300 meter saja.

Selain itu karang tersebut juga bisa ditemui disebelah selatan dan timur Pulau Gusung Asam. Sementara di sebelah barat ada ekosistem Padang Lamun dan banyak ditumbuhi oleh rumput laut. Jenisnya pun juga beragam. Anda yang suka dengan rumput laut bisa mengunjunginya. Bahkan menurut pakar wisata bahari,  nih, Pulau Gusung Asam di masa mendatang nanti sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai daerah budidaya rumput laut.

Sumber: Youtube @Lensa Babel

Di Pulau Gusung Asam anda juga dapat menemukan terumbu karang jenis tricdana yang ukurannya kecil-kecil. Mereka hidup diantara celah-celah batu. Jenis biota laut lainnya tidak terlalu banyak, sebab seperti yang telah disinggung di atas tadi, tutupan karangnya kecil sehingga jenis makhluk laut di pulau ini pun juga tidak terlalu beragam.

Kendati demikian, pulau ini adalah favorit bagi para mancing mania. Saat akhir pekan atau libur panjang mereka sering menghabiskan waktu di pulau ini untuk memancing ikan. Khususnya ikan beraga.

Rasa ikan beraga sangat lezat. Apabila berminat, anda bisa langsung menggelar acara bakar-bakar ikan beraga di pulau ini dari hasil memancing tadi. Tidak bisa memancing? Beli saja dari nelayan disana. Jangan khawatir mereka ramah-ramah dan harga yang ditawarkan pun tetap terjangkau.

Sumber: Instagram @ramasupanji

Selain itu, pulau ini juga adalah spot yang sering dipakai untuk kegiatan snorkeling, loh. Apabila anda suka ber-snorkeling bisa melakukannya di pulau ini.

Akses Lokasi

Nah, untuk mencapai lokasi Pulau Gusung Asam membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit sampai 50 menit. Anda bisa menggunakan perahu wisata dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan) untuk mencapai pulau ini. Perahu tersebut berada di Desa Kurau, Bangka, Tengah. Biasanya para wisatawan yang hendak mengunjungi Pulau Gusung Asam harus sudah stanbay di dermaga TPI mulai pukul 8 pagi WIB.

Selain sudah ada perahu TPI yang difungsikan untuk berwisata pulau, BUMDES Desa Kurau Timur pun juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas lainnya seperti sewa alat snorkeling, paket makan, juga life jacket. Jadi bagi anda yang tidak ingin pusing memikirkan atau repot terkait tiga kebutuhan tersebut, semuanya akan langsung disiapkan oleh pihak BUMDES.

Itulah ulasan menarik tentang Pulau Gusung Asam. Mengesankan bukan? Anda akan berada pada rasa yang berbeda dan memperoleh pengalaman menyenangkan saat mengunjungi pulau ini. So, daripada hanya berada pada khayalan saja, segera agendakan untuk mengunjungi pulau ini, ya.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…