OUR NETWORK

Pesona Menawan Pantai Rancong – Aceh Utara

Setiap provinsi memiliki pesona keindahan pantainya masing masing. Seperti yang akan dibahas pada artikel ini merupakan salah satu pantai populer di Aceh Utara, namanya adalah Pantai Rancong.

Sumber: Instagram @iwangfitrahperdan

Pantai Rancong berada di daerah Lhokseumawe. Sebutan lain untuk pantai ini yaitu Pantai Seumadu. Kenapa bisa demikian? Menurut masyarakat sekitar penamaan tersebut awal mulanya karena dulu ada suami istri yang membangun sebuah warung di sekitar Pantai Rancong. Nama warungnya bernama Seumadu. Nah, dari saat itulah orang-orang pun mulai memanggail pantai ini dengan nama Seumadu.

Lantas apa saja, sih, yang menarik di Pantai Rancong?Yuk, intip ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pesona Pantai Rancong

Saat anda pertama kali tiba di kawasan Pantai Rancong, maka akan langsung tersihir oleh hamparan pasir dan air lautnya yang jernih mempesona. Ombaknya yang Nampak tergulung indah, seakan menyambut kedatangan anda.

Instagram @Nikkinovabella

Area wisata ini pun sangat rimbun dengan cemara sehingga menghadirkan nuansa sejuk. Cemara tersebut berjejeran di sepanjang pinggir pantai supaya pengunjung bisa leluasa duduk dibawahnya. Nah, karena keindahannya yang saling berpadu inilah, membuat Pantai Rancong mengalami jarang sepi dari pengunjung.

Sumber: Instagram @Muhammadrizqy20

Pantai ini selalu menjadi favorit andalan masyarakat Lhokseumawe untuk menghabiskan waktu liburan atau melepas lelah setelah aktivitas yang begitu padat dan menguras tenaga.

Sumber: Instagram @Riyansyahbp

Keindahan Pantai Rancong semakin sulit dibendung, tatkala senja mulai menyapa. Anda akan melihat sunset yang begitu indah, ditemani burung-burung beterbangan kesana kemari. Biasanya banyak orang mengabadikan moment bersama sang surya yang akan tenggelam tersebut. Moment ini paling ditunggu kedatangannya, serta menjadi paling indah dan menarik sebelum beristirahat atau pulang setelah seharian bermain di pantai.

Fasilitas Di Pantai Rancong

Mari beralih ke fasilitasnya.

Fasilitas disekitar Pantai Rancong terbilang cukup lengkap. Jika anda lapar, di sana terdapat banyak warung yang menyajikan aneka makanan dan minuman lezat khas Aceh. Salah satu yang kerap menjadi buruan yaitu Mie Aceh. Rugi banget, pokoknya kalau ke Pantai Ini tapi tidak menyantap Mie Aceh.

Sumber: Instagram @aneka_resep88

Rasa mienya lain dari yang lain. Memiliki aroma yang begitu menggoda, rasa rempah-rempahnya sangat kuat. Selain itu harganya juga terjangkau berkisar Rp. 8000 sampai Rp. 15.000 saja.

Oh, ya, bagi anda yang ingin berjemur di bawah terik matahari, di sana juga terdapat kursi-kursi panjang yang diletakkan di sekitar bibir pantai. Ada juga tempat  duduk yang dibuat seperti bale, baik yang ukurannya kecil atau besar.

Fasilitas tempat duduk bagi yang hobi memancing pun juga ada. Biasanya ikan tongkol sangat mudah untuk didapatkan ketika anda memancing di pantai ini. Tidak hanya wisatawan saja, setiap senin sampai jumat para nelayan di Lhokseumawe pun ikut memanfaatkannya untuk mencari ikan.

Bagi yang doyan ber-sing a song ria, di sana ada tempat karaoke. Anda bisa membawa kaset sendiri atau memakai kaset yang sudah disediakan di tempat tersebut. Fasilitas umum lainnya yakni toilet yang cukup banyak dan tempat-tempat ibadah.

Sumber: Instagram @susantisabella

Terakhir, bagi anda yang membawa si kecil, bisa juga menyewa dua sampan bentuk bebek untuk anak anak bermain di pantai. Hematnya lagi, nih, fasilitas tersebut sudah dihitung ke dalam harga parkir,loh. Jadi tidak perlu bayar tambahan lagi.

Rute Ke Pantai Rancong

Sumber: Instagram @Jejaksiferdi

Lokasi Pantai Rancong tidak terlalu jauh dari komplek PT Arun.  Anda tahu, kan, PT Arun? Yup, PT Arun ialah perusahaan minyak terbesar yang ada di provinsi Aceh. Komplek tesebut merupakan perumahan khusus bagi karyawan yang bekerja di PT Arun. Jaraknya dari pusat kota sekItar 12 KM.

Untuk menunju Pantai Rancong, anda hanya perlu mengambil rute Jalan Banda Aceh – Medan. Setelah itu akan menemui gerbang pabrik PT Arun,  lalu belok ke kiri sekitar 100 meter. Dari sana akan ada tulisan ‘Selamat Datang di Pulau Seumadu’. Tenang akses jalannya bagus, kok. Jadi bisa dipakai baik menggunakan kendaraan prbadi atau umum.

Nah, untuk memasuki Pulau Seumadu, anda harus melalui jembatan penghubung yang dibangun oleh masyarakat sekitar. Biasanya wisatawan yang datang akan dikenai tarif Rp. 1000 atau Rp. 2000 per orang. Biaya tersebut nantinya akan dipakai untuk perbaikan atau perawatan jembatan supaya tetap bagus. Sementara bagi yang membawa kendaraan pribadi juga ada biaya parkirnya sebesar Rp.5000 untuk sepeda motor, dan Rp. 10.000 untuk mobil

Nah, itulah keindahan dan keseruan yang bisa anda peroleh jika berkunjung ke Pantai Rancong. Apabila anda mencari referensi wisata lain yang ada di Provinsi Aceh, bisa mengakses di website ini pada ketegori wisata air.

Semoga ulasan ini bermanfaat dan sampai bertemu pada pembahasan wisata lain yang lebih menarik berikutnya.

Comments

Loading...