OUR NETWORK

Saatnya Uji Nyali di Arum Jeram Sungai Alas!

Jangan Ngaku Hebat Sebelum Takhlukan Ini!

Kamu suka traveling yang menantang? Yuk main si Sungai Alas! Eits! Jangan salah, sungai ini bukan sekedar Sungai biasa loh guys, Sungai Alas adalah salah satu sungai terpanjang di Asia Tenggara dan ini sudah diakui oleh banyak wisatawan dari mancanegara, bahkan artis Hollywood Leonardo De Caprio pun pernah mengarungi Sungai Alas untuk menikmati arum jeramnya yang super menantang! Mau tau gimana serunya bermain di sungai berarus deras ini? Yuk simak ulasan berikut!

Sumber: Mongabay

Tepatnya, Sungai Alas berlokasi di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Aceh Tenggara, 165 km di sebelah Tenggara kota Takengon.  Sungai Alas menjadi salah satu fasilitas olahraga alam yang disediakan di TNGL. Untuk kunjungan ke Sungai Alas menggunakan tranportasi via udara, sesampainya di Bandara kamu bisa mencari Bus Umum yang disebut oleh Masyarakat Sumatera BTN, dengan arah rutenya menuju Kutacene. Biaya transporatasi BTN anatara Rp 80.000- Rp 100.000/ orangnya.

Setelah tiba di Kutacene, kamu bisa berganti transportasi ke Labi-labi – sejenis transportasi umum yang unik beroda empat- dan sampai ketujuan mu di Sungai Alas. Perjalanan dari Bandara menuju Sungai Alas akan membutuhkan waktu sekitar 9 jam perjalanan. Untuk mode transportasi yang lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan rental  taxi yang sudah standby didekat bandara, untuk ongkosnya berkisar Rp250.000- Rp 300.000 yang bisa memuat 3-4 orang dalam satu mobil.

Sumber: Hardrockfm

Disebut sebagai sungai terpanjang, karena aliran Sungai Alas mengalir melewati 3 kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Gayo Lues, dan Kabupaten Aceh Selatan dimana aliran sungai ini langsung menuju ke Samudra Hindia. Secara geografis panjang aliran Sungai Alas mencapai 165 km. Wah panjang banget kan! Apabila di ukur panjangnya menggunakan mobil, akan memakan waktu sampai dengan 13 jam perjalanan. Wuah!

Wisata Sungai Alas sangat terkenal dengan fasilitas olahraga arum jeramnya yang sangat berliku dan tajam. Maka itu, ini sangat  cocok untuk kalian yang suka  mengadu ardelalin. Selain itu, aliran airnya pun terbilang deras, dan dorongan air yang mengalir akan mengadu kecepatan setiap perahu karet peserta. Tapi ini yang bikin serukan Guys! Hihi, jangan lupa eksis di Sosial Media ya, pakai hastagnya #mylifeismyandventure.

Sumber: Instagram @kutacane.acehtenggara

Di dunia arum jeram, ada tingkatan kesuliatannya Guys. Level satu adalah tingkatan paling mudah sampai dengan tingkatan paling sulit di level 6. Berdasarkan pengalaman dari para petualang yang sudah menaklukan Sungai Alas, mereka memberikan tingkat kesulitan di angka 3 dan 4. Untuk tingkatan ini terbilang standart karena levelnya yang masih dititik median atau nilai tengah. Meski demikian, jangan diragukan keseruannya loh!

Sumber: Instagram @alasleuser_adventure

Disebut sebagai level 3, karena saat mengarungi sungai para pesertanya akan menemukan riam-riam  – aliran air sungai yang tinggi- dan disertai dengan gelombangan air sungai yang tiba-tiba menghempas batu. Di level 4, kamu akan diberi tantangan untuk berjumpa dengan jeram yang terus menerus tanpa henti dengan ketinggian airnya mencapai 2 meter.

Sumber: Instagram @hitskutacane

Selain itu, kamu juga harus melalui variasi tikungan yang super tajam dan berkali-kali loh! Arus yang deras dan jeram-jeram yang menantang akan menguji keseimbangan juga kekompakan kalian. Untuk hal ini, diperlukan para pemain arum jeram yang sudah professional agar mengetahui manufer yang tepat untuk digunakan. Apakah itu Kalian? Hihi, Untuk pemain professional seperti kamu, rutenya bisa dimulai dari Angusan dekat Blangkejeran sampai titik Kota Gelombang yang berdekatan dengan Samudera Hindia.

Sumber: Instagram @wijanarko_pandu

Sedangkan bagi kalian yang masih pemula dan hanya ingin sekedar menghabiskan waktu liburan, rute untuk kalian dimulai dari Muarasitulan di Kota Kutacene hingga tujuan akhir yang sama dengan rute lainnnya, di Kota Gelombang Samudra Hindia. Rute ini tidak kalah asiknya loh, selain para pemula berolahraga arum jeram, kalian juga bisa sambil menikmati flora fauna yang ada disekeliling Sungai Alas. Tak jarang para pengunjungnya akan disapa oleh Orang Utan khas Sumatera yang sedang bergelantungan di atas pohon. Disusul aneka satwa lainnya seperti Gajah, Rusa, dan 325 spesies burung lainnya.

Sungai Alas juga menyediakan fasilitas penginapan ala camping di tepi sungainya. Kamu bisa menyewa tenda yang cukup muat untuk 2 orang. Biaya penginapan ditenda sekitar Rp 70.000 + Rp 50.000 biaya tambahana untuk makan malamnya. Sambil berisitarahat gelar tenda, kamu juga bisa menikmati fasilitas memancing loh, yang nantinya hasil pancingan bisa dijadikan untuk makan malam.

Oia! kamu wajib bangga loh, karena banyak kegiatan Arum Jeram Nasional maupun Internasional yang diselenggarakan di Sungai Alas sebagai Tuan Rumahnya adalah Indonesia. Maka itu, perlu bantuan dari semua pengunjung Sungai Alas untuk tetap menjaga kelestarian alamnya ya. Nah! Jangan penasaran lagi, yuk adu ardenalin-mu sekarang juga!

Comments

Loading...